Apa Fungsi Dashboard Penjualan? Pilih yang Terbaik, iSeller Saja! - iSeller Blog

Apa Fungsi Dashboard Penjualan? Pilih yang Terbaik, iSeller Saja!

dashboard penjualan

Dashboard penjualan menjadi salah satu alat pendukung untuk menunjang operasional bisnis. Secara umum, dashboard penjualan merupakan sebuah piranti yang berbentuk digital, di mana di dalamnya terdapat varian angka yang terstruktur untuk memantau proses pertumbuhan penjualan bisnis kamu.

Dashboard penjualan akan membantu tim sales untuk mengecek perkembangan kinerja, mengambil keputusan dan perencanaan, memberikan kompensasi, serta menganalisis masalah supaya tidak terlihat menjadi besar.  

Dashboard penjualan merupakan salah satu tools yang dinilai sangat efektif dalam mengukur keberhasilan tim selama dibuat dan dikelola dengan konsisten. Yuk, cari tahu lebih banyak seputar fungsi dan manfaat dashboard penjualan melalui ulasan di bawah ini.

Fungsi dan Manfaat Dashboard Penjualan

dashboard penjualan
Sumber: iSeller

Sederet fungsi dan manfaat dashboard penjualan bagi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Dashboard penjualan akan menampilkan beberapa data sekaligus hanya dalam satu platform. Jadi, kamu bisa menganalisis berbagai data tanpa perlu berpindah platform. Cara seperti akan lebih efisien dalam memantau kinerja bisnis, kamu bisa melacak beberapa Key Performance Indicator (KPI) sekaligus dalam satu waktu.
  • Dashboard penjualan juga akan menyajikan tampilan data yang penting dan mudah dipahami. Dengan adanya data yang akurat, maka kamu akan lebih mudah dalam mengambil keputusan bisnis.
  • Informasi yang disajikan dalam dashboard juga bisa membantumu dalam menentukan prioritas, sehingga tujuan bisnismu akan lebih mudah dicapai.
  • Manfaat penggunaan dashboard penjualan dalam bisnis lainnya adalah bisa membantumu dalam memantau kinerja atau operasional usaha secara real-time. Itu artinya, kamu bisa melihat mana operasional bisnis yang berhasil dan mana yang kurang maksimal. Sehingga kemungkinan adanya masalah dapat diminimalisir.
  • Mengingat setiap data yang dibutuhkan oleh bisnis akan ditampilkan secara terpusat melalui satu platform, maka pada akhirnya hal itu juga akan menghemat waktu dan biaya.
  • Tidak hanya menghemat waktu dan biaya saja, tapi kamu pun dapat meningkatkan produktivitas bisnis dengan menggunakan dashboard. Dan pada akhirnya, pendapatan bisnis bisa lebih tinggi.
  • Kemudian, manfaat adanya dashboard penjualan untuk keberlangsungan bisnis yang berikutnya adalah bisa meningkatkan pelayanan pelanggan. Dashboard memungkinkan kamu dapat mengetahui berbagai data yang terkait dengan pelanggan, seperti perilaku pelanggan, percakapan sesama pelanggan, testimoni pelanggan, produk yang disukai pelanggan, dan lain sebagainya. Melalui wawasan pelanggan yang lebih baik seperti ini, maka kamu bisa memberikan pelayanan terbaik pada mereka. Dengan begitu, para pelanggan akan mendapat pengalaman yang positif dan bisa merasa lebih puas dengan layanan bisnismu.

Baca juga: 5 Cara Membuat Invoice dengan Tepat dan Tanpa Ribet

Dashboard Penjualan Terbaik, Pilih iSeller!

dashboard penjualan
Sumber: iSeller

Ada beberapa jenis dashboard penjualan yang berguna untuk bisnis, salah satunya adalah dashboard operasional. Dashboard operasional dapat memberikan pelaporan data secara real-time sehingga ketepatan waktu data di dalamnya relatif tinggi.

Jenis dashboard yang satu ini digunakan untuk memantau kemajuan perencanaan bisnis dari waktu ke waktu, jadi kamu bisa memastikan setiap rencana yang diharapkan sesuai dengan kinerja aktual yang dicapai. Melalui data yang ditampilkan dalam dashboard operasional, kamu bisa menyelesaikan setiap perencanaan bisnis secara tepat waktu. Misalnya ada sesuatu yang salah dalam proses operasional, maka kamu bisa mengidentifikasinya secara lebih cepat. Jadi, masalah yang besar bisa dihindari dan setiap proses dapat dikerjakan secara bertahap hingga berhasil mencapai tujuan.

Nah, sekarang adalah saat yang tepat untuk menumbuhkan bisnismu tanpa batas dengan berjualan online dan offline di mana dan kapan saja dengan memanfaatkan dashboard penjualan. Apapun tipe bisnismu, kamu bisa mengelolanya lebih mudah dan efisien dengan portal admin online iSeller.

Dengan iSeller, kamu bisa mengakses statistik dan tren penjualan secara real-time. Analisa statistik penjualan tentunya akan sangat membantumu dalam membuat keputusan yang tepat bagi kemajuan bisnis. Apa saja yang akan kamu dapatkan dari portal admin online iSeller?

  • Ulasan Penjualan: Dashboard yang berisikan penjualan, pemesanan, dan trend penjualan yang akan membantumu dalam membuat keputusan yang tepat bagi bisnis. Kamu bisa menganalisa grafik statistik bisnismu dan penjualan yang terjadi secara langsung untuk lebih mengerti performa bisnis.
  • Grafik Penjualan: Trend penjualan yang dirancang dengan desain grafik menarik memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi yang paling relevan bagi bisnis. Kamu bisa menganalisa total penjualan untuk waktu tertentu dan keuntungan yang kamu dapat di channel penjualan tertentu dengan cepat.
  • Notifikasi: Kamu bisa mengulas notifikasi dan pembaruan dari dashboard dan ambil keputusan dengan beberapa ketukan saja. Semuanya sangat mudah dengan iSeller!

Baca juga: Mau Pelanggan Bisa Bayar Online? Gunakan iSeller Pay Link!

Kalau kamu baru menggunakan iSeller, mulailah berjualan dengan mengikuti setiap tahap yang ada di dalam panduan yang telah disediakan. Ketika kamu telah menyelesaikan panduannya, maka halaman dashboard akan berubah menjadi grafik penjualan dan tren penjualan.

Dapatkan informasi selengkapnya, langsung saja klik di sini untuk registrasi dan COBA GRATIS!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading