Ada Banyak Tugas Kasir, Saatnya Pilih Sistem yang Unggul! - iSeller Blog

Ada Banyak Tugas Kasir, Saatnya Pilih Sistem yang Unggul!

tugas kasir adalah

Tugas utama kasir adalah menghitung pesanan, menerima uang atas pembelian konsumen kemudian menyerahkan kelebihan uangnya. Kasir bisa ditemui dengan mudah di toko-toko, minimarket, supermarket, mall, restoran, rumah sakit, hotel, dan masih banyak lagi lainnya. Setelah menerima uang pembayaran, maka konsumen akan diberikan struk atau bukti transaksi atas pembeliannya, di mana isi struk biasanya akan menggambarkan detail harga pesanan, diskon, ditambah pajak atau hal lain yang perlu dibayarkan.

Kemudian, kasir akan memberikan catatan transaksi kepada akuntan untuk bahan pembuatan laporan keuangan. Bisa dikatakan, pekerjaan menjadi kasir sangat beresiko karena berhubungan langsung dengan uang. Jadi, kasir harus dipilih dari orang-orang yang disiplin, jujur, dan tertib sehingga dapat menjalankan tugas pekerjaannya dengan baik.

Tugas Kasir Adalah Sebagai Berikut

tugas kasir adalah
Sumber: iSeller

Menjadi seseorang yang berprofesi sebagai kasir sebetulnya tidak semudah yang terlihat. Ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh seorang kasir. Supaya lebih jelas, berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab kasir yang perlu diketahui:

  • Mencatat data penjualan, di mana pencatatan tersebut harus dilakukan dengan teliti dan detail karena pencatatan ini berguna sebagai laporan.
  • Input data sales dalam rentang waktu tertentu, misalnya per hari, per minggu, hingga per tahun. Hal ini sangat penting dilakukan untuk data keuangan perusahaan.
  • Melakukan proses transaksi penjualan, di mana kasir akan memasukkan kode barang yang dibeli oleh konsumen ke dalam sebuah sistem. Setelah itu, kasir akan menghitung jumlah biaya belanjaan yang harus dibayarkan oleh konsumen, hingga memberikan uang kembalian jika konsumen membayar dengan menggunakan uang yang tidak pas.
  • Jika proses transaksi sudah selesai, maka seluruh barang bisa diserahkan kepada konsumen. Sebelumnya, setiap barang itu harus dimasukkan dalam kantong belanja secara rapi. Seorang kasir harus lebih cermat dalam hal ini, misalnya harus memisahkan kantong belanjaan yang berisi deterjen dengan makanan atau dengan barang lainnya. Selain itu, seorang kasir juga harus waspada pada berbagai barang yang mudah pecah.
  • Seorang kasir juga harus melakukan pengecekan barang secara teliti, dan jumlah uang kembalian juga harus diperhatikan dengan baik.
  • Tugas kasir yang selanjutnya adalah membuat laporan rutin. Laporan rutin pada dasarnya berisi laporan omset, yang nantinya kasir akan memberikan laporan ini kepada atasan maupun tim akuntan. Laporan ini dibuat supaya kasir tidak mengalami kerugian dan kesalahan yang fatal.
  • Merekap laporan transaksi penjualan, yang bisanya akan dilakukan ketika seorang kasir selesai melakukan kerja shift. Semua penjualan dan penerimaan akan direkap menjadi satu.

Baca juga: Capai Keuntungan Maksimal dengan 5 Strategi Bisnis Ini!

Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Seorang Kasir?

tugas kasir adalah
Sumber: iSeller

Menjadi seorang kasir juga harus memiliki skill atau kemampuan khusus. Berikut ini adalah skill yang harus dimiliki seorang kasir supaya bisa menjalankan tugas pekerjaannya dengan baik.

  • Seorang kasir harus memiliki sikap yang tegas, sehingga tidak membiarkan oknum sales melakukan kecurangan. Jika uang setoran tidak sesuai dengan data tagihan, maka kasir akan dirugikan karena harus mengganti kekurangan tersebut.
  • Memiliki kecekatan yang tinggi.
  • Memiliki kepribadian dan kemampuan komunikasi yang baik.
  • Kasir harus cermat dan teliti, karena salah satu tugasnya adalah menghitung stok barang dan menghitung uang. 
  • Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer, dan memahami bagaimana menggunakan aplikasi atau software khusus kasir untuk melakukan transaksi. 
  • Kasir harus memiliki sikap yang ramah, karena pelayanan yang baik kepada pelanggan akan berpengaruh terhadap reputasi dari sebuah toko atau perusahaan.
  • Seorang kasir akan lebih baik jika memiliki sikap berani dalam mengambil risiko, karena biasanya bisa terjadi permasalahan selisih atau data transaksi tidak sesuai dengan uang yang ada. 

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Bisnis Kamu Harus Pakai POS Sistem, Sudah Tahu?

Permudah Tugas Kasir dengan Sistem Kasir Terbaik

Mengingat begitu banyak tugas dan tanggung jawab kasir, pastikan Anda memilih dan menggunakan sistem kasir yang terbaik, sehingga berbagai risiko dapat diminimalisir. Kamu bisa menggunakan iSeller, satu pintu untuk semua pembayaran.

iSeller Pay adalah solusi pembayaran terlengkap yang sangat cocok untuk segala jenis usaha. Kamu bisa menikmati keunggulan iSeller Pay dengan semua kemudahan dan fasilitasnya. Konfigurasinya juga sangat sederhana, sehingga kamu tidak perlu mengurus satu per satu metode pembayaran yang diinginkan. Cukup aktifkan iSeller Pay, kamu sudah bisa menggunakan berbagai pembayaran digital!

Menariknya lagi, iSeller Pay ini mendukung berbagai pembayaran digital, mulai dari kartu debit, kredit, e-wallet termasuk GoPay, OVO, DANA dan masih banyak lagi. Dengan iSeller Pay, semua settlement sudah terkonsolidasi sehingga kamu akan menerima semua pembayaran dalam satu sistem terpadu. Karena iSeller memiliki sistem pembayaran terpadu, jadi semua transaksi bisa dilakukan dengan on-screen payment yang aktivitas pembayaran. Sangat praktis!

Toko offline maupun online, nikmati kemudahan bertransaksi dengan iSeller Pay! iSeller Pay sudah terintegrasi secara penuh dengan sistem kasir Point of Sale dan Online Store. Kamu bisa mengatur pilihan pembayaran yang kamu inginkan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Yuk, registrasi sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading