5 Alasan Kenapa Bisnis Kamu Harus Pakai POS Sistem, Sudah Tahu? - iSeller Blog

5 Alasan Kenapa Bisnis Kamu Harus Pakai POS Sistem, Sudah Tahu?

pos system

Bisnis modern membutuhkan sistem yang modern pula untuk melayaninya. Tanpa adanya adaptasi teknologi, bisnis yang kamu jalankan akan sulit untuk memenuhi kebutuhan pasar. Itu kenapa, POS System menjadi salah satu hal yang wajib diterapkan sekarang ini, untuk menunjang transaksi dan pengelolaan bisnis yang kamu punya.

POS System, atau kependekan dari point of sales system, merupakan perangkat lunak yang dapat membantu pemilik usaha atau bisnis seperti kamu untuk memproses transaksi jual-beli secara lebih cepat dan aman. Dalam konteks kekinian, sistem yang digunakan sudah berbasis Android atau iOS sehingga jauh lebih canggih.

Baca juga: 6 Strategi Product Marketing Ini Bisa Bikin Omset Kamu Naik

Harus Tahu, Ini 5 Manfaatnya untuk Bisnis

pos system

Tidak sedikit manfaat yang ditawarkan oleh sistem ini untuk bisnis yang kamu punya. Dahulu sistem seperti ini hanya identik dengan ‘mesin kasir’ modern saja. Tapi sekarang dengan optimasi internet dan jaringan, maka perangkat dan sistem point of sales juga dapat membantu merekam semua transaksi dengan rinci, dan membawa beberapa fungsi lain.

1. Kemudahan dalam Memesan

Kasir dapat dengan mudah meng-input pesanan pelanggan, sehingga flow bisnis kamu bisa jauh lebih efektif. Perangkat yang digunakan kasir ini, berupa tablet atau smartphone, akan terhubung ke sistem dan menunjukkan pesanan secara langsung. Proses pesanan dilakukan dengan cepat, akurat, dan efisien, sehingga transaksi bisa selesai dalam waktu singkat. Pelanggan merasa nyaman, dan bisnis juga akan semakin berkualitas.

2. Urusan Pembayaran yang Fleksibel

Dengan banyaknya pelanggan yang kamu punya, kamu tentu tak bisa berharap mereka hanya menggunakan satu metode pembayaran saja bukan? POS System juga akan memberikan kemudahan untuk pelanggan dalam urusan pembayaran.

Mulai dari QRis, kemudian digital wallet, hingga m-banking, semua akan tersedia dalam sistem bisnis ini. Kamu bisa menyediakan setiap jenis pembayaran yang ada, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam urusan akhir transaksi ini.

3. Transaksi yang Rapi untuk Analisis Bisnis

Setiap proses transaksi yang terjadi di dalam bisnis akan tercatat dengan baik. Mulai dari pembukuan, penyusunan laporan, manajemen inventaris, sampai ke pemantauan stok barang, semua bisa dilakukan pada satu dashboard perangkat yang kamu gunakan.

Jelas hal ini bisa mendukung urusan analisis bisnis dari waktu ke waktu. Kamu tidak perlu membuka terlalu banyak tab dari perangkat yang kamu punya, karena data yang disajikan sudah cukup lengkap. Analisis lanjutan bisa dilakukan dengan membuka masing-masing bagian yang ingin dibedah lebih jauh, jadi proses ini bisa berjalan lebih efektif.

4. Urusan Struk Transaksi? Mudah!

Perangkat yang digunakan untuk menjalankan POS System juga mudah disambungkan dengan berbagai perangkat lain. Seperti scanner, kemudian printer, sampai mesin EDC. Jadi urusan pencetakan struk transaksi akan berjalan begitu saja tanpa hambatan.

Pada sistem point of sales yang canggih, kamu juga bisa menikmati fitur e-Receipt, yang artinya struk belanja yang dihasilkan tidak perlu kertas untuk dicetak. Sistem bisa langsung mengirimkan bukti belanja ini ke akun WhatsApp pelanggan, atau bahkan e-mail. Praktis ‘kan?

5. Atur Shift Kerja Karyawan

Sebagai fitur pelengkap kamu juga bisa menikmati kemudahan mengatur shift kerja karyawan dengan menggunakan sistem yang satu ini. Hal ini penting untuk efisiensi kerja dan waktu, ketika kamu punya cukup banyak karyawan, yang ada di beberapa cabang outlet yang kamu punya.

Fiturnya juga tidak berhenti sampai di pengaturan shift kerja saja, tapi berlanjut sampai ke pengaturan komisi, presensi, sampai ke perhitungan jumlah penjualan pada setiap shift kerja ini.

Cara Kerjanya Sederhana, Tapi Efektif

pos system

Untuk alur kerja dari POS System ini sendiri sebenarnya cukup sederhana, tapi justru menjadi efektif saat dipadukan dengan jaringan pengelolaan data yang solid.

  • Pelanggan akan datang ke kasir untuk membayar. Kasir akan memasukkan belanjaan secara manual atau dengan pemindaian untuk mengetahui jumlah total yang harus dibayarkan. Di toko online, pelanggan akan memasukkan daftar belanjaannya ke ‘keranjang’ untuk proses ini.
  • Sistem POS akan menghitung jumlah total yang harus dibayarkan. Perhitungan ini juga termasuk pajak jika ada.
  • Dari entri yang dimasukkan ke sistem ini, akan terjadi perubahan invetori di dalam bisnis. Pengurangan inventori dari pembelian yang terjadi tercatat dengan baik untuk proses bisnis lain terkait persediaan.
  • Kasir juga bisa menambahkan perhitungan program loyalitas yang kamu sediakan secara langsung pada proses ini.
  • Pembayaran dilakukan dengan metode yang sudah disediakan oleh sistem.
  • Transaksi selesai, inventori sudah dicatat perubahannya, penjualan terdokumentasi, dan semua ini berlangsung hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Semua kemudahan, manfaat, dan proses cepat ini bisa kamu dapatkan saat kamu memilih produk POS yang tepat, seperti yang disediakan iSeller.

Baca juga: Kenalan dengan Trade Marketing dan 7 Tips Menyusunnya 

POS System yang disediakan oleh iSeller sendiri menjadi unggulan di kelasnya. Dengan fitur yang lengkap dan kemudahan integrasi, sistemnya dapat digunakan dengan cepat di setiap store yang kamu punya, baik online ataupun offline. Dengan begini, optimasi sistem transaksi dapat segera dilakukan, dan pelanggan akan merasa semakin nyaman. COBA GRATIS sekarang produk iSeller ini, dan rasakan manfaatnya buat bisnis kamu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading