7 Tips Membangun Brand Image Supaya Bisnis Semakin Dikenal - iSeller Blog

7 Tips Membangun Brand Image Supaya Bisnis Semakin Dikenal

brand image

Mempunyai brand image yang baik menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam pemasaran. Memangnya, apa sebenarnya yang dimaksud dengan brand image, apa fungsinya, dan bagaimana cara membangunnya?

Brand image atau citra merek adalah persepsi mengenai suatu merek, sebagaimana tercermin oleh asosiasi merek yang ada dalam ingatan konsumen. Sederhananya, brand image adalah citra merek dari suatu produk tertentu. 

Saat ini, ada banyak contoh brand image produk atau bisnis terkenal baik skala nasional maupun internasional. Ada beberapa contoh brand image yang mungkin kamu ketahui, seperti Burger King yang memiliki image berupa restoran yang menyajikan burger enak dengan ukuran besar. Kemudian ada Indomie, yang memiliki image berupa mie instan asli Indonesia yang enak dan memiliki banyak varian rasa. Selain itu juga masih banyak contoh brand image lainnya yang bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan dari berbagai macam jenis produk.

Apa Fungsi Brand Image Bagi Bisnis?

brand image
Sumber: Freepik

Lalu, apa fungsi brand image untuk sebuah bisnis? Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

  • Citra merek yang baik dan positif bisa menjadi ciri khas suatu produk, di mana ciri khas ini akan menjadi pembeda produk kamu dengan produk pesaing. Para konsumen akan mengingat dan mencari produk kamu karena memiliki ciri khas tersebut. 
  • Dengan memiliki citra merek yang baik, maka perusahaan akan memiliki segmen pasar dan kelas tersendiri. Brand image yang kuat dan positif akan menjadi keunikan dan nilai jual yang kuat mengapa konsumen harus membeli produk yang kamu jual.
  • Konsumen yang puas pada produk kamu akan menceritakan ke saudara atau temannya sehingga kamu berpotensi untuk mendapatkan konsumen baru. 
  • Selain itu, fungsi atau manfaat lain dari brand image yang baik adalah kamu bisa menaikkan harga produk dengan kualitas yang sesuai. Konsumen biasanya tidak akan mempermasalahkan produk yang menaikan harganya, jika produk itu sudah memiliki image yang baik dan kuat. 

Baca juga: 8 Peluang Usaha Baru 2023, Cek Daftarnya di Sini Yuk!

Bagaimana Cara Membangun dan Meningkatkan Brand Image?

brand image
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand image pada bisnis kamu. 

  1. Fokuslah dengan memberi customer experience yang memberikan manfaat nyata bagi para konsumen.
  2. Kamu harus memperjelas value brand bisnis kepada konsumen dengan memberi keunggulan dari produk atau layanan yang kamu tawarkan.
  3. Buatlah desain logo yang menarik sehingga akan disukai dan mudah diingat oleh pelanggan. Logo juga akan menjadi brand identity dari bisnis atau produk tersebut.
  4. Lakukan promosi yang efektif, dengan cara membuat target market untuk promosi kamu secara terperinci, sehingga promosi yang dilakukan tepat sasaran. Pastikan kamu melakukan promosi di media yang tepat.
  5. Menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan brand image produk juga perlu dilakukan, karena saat ini penggunaan influencer tergolong efektif dalam memasarkan produk. 
  6. Manfaatkan platform media sosial, dengan cara membuat akun media sosial khusus untuk bisnis atau produk kamu. 
  7. Tingkatkan kualitas produk dan layanan kamu agar konsumen selalu merasa puas. Hal ini akan sangat efektif dalam membentuk atau meningkatkan brand image produk kamu. karena kualitas dan layanan yang baik akan membuat brand identity yang baik pula. Konsumen kamu juga akan cenderung melakukan pembelian ulang dan tidak pindah ke produk pesaing.

Selain ketujuh tips di atas, sebaiknya kamu tidak perlu khawatir jika harus melakukan re-branding. Kamu mungkin saja menemukan beberapa kesalahan dari brand kamu sebelumnya. Jika kamu merasa ingin mengubahnya karena kesalahan tersebut berakibat buruk pada bisnis kamu, maka sebaiknya jangan takut untuk mengubahnya. Tidak ada salahnya mengubah brand image, terutama jika kamu memang merasa perlu mengubah persepsi konsumen tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Iklan di Instagram? Coba Lihat di Sini!

iSeller Akan Memudahkan Proses Jualanmu!

Membangun brand image yang kuat bukanlah sesuatu yang bisa terjadi dalam semalam. Ini mesti diukur dalam interaksi strategis, mengetahui siapa pelanggan, dan memahami pesaing bisnis. Memerlukan perencanaan yang matang dan juga strategi yang baik supaya brand image bisnis kamu bisa terkenal secara optimal.

Proses operasional bisnis juga harus kamu perhatikan untuk membangun citra merek yang baik, karena bisnis yang baik berasal dari proses operasional yang efisien sehingga memuaskan pelanggan mereka.

Nah, untuk memudahkan proses jualan kamu baik secara offline maupun online, kamu perlu mengandalkan iSeller. Dirancang dengan teknologi terbaru yang handal, iSeller menawarkan fitur-fitur berjualan yang lengkap dan mudah dipakai sehingga dapat menghemat biaya, meningkatkan produktivitas, dan memajukan bisnis kamu dengan cepat.

Dengan iSeller, kamu bisa meningkatkan penjualan dengan berjualan di channel yang berbeda dengan mudah. iSeller dibangun dengan fondasi omni-channel, memungkinkan kamu untuk menambah berbagai channel penjualan dengan mudah.

Dijamin, berjualan akan menjadi lebih mudah saat semuanya bisa dilakukan secara otomatis. Yuk, coba pakai iSeller sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading