Memulai Bisnis Kuliner Hingga Sukses, Praktikkan 14 Tips Ini - iSeller Blog

Memulai Bisnis Kuliner Hingga Sukses, Praktikkan 14 Tips Ini

bisnis kuliner

Memulai bisnis kuliner bisa jadi ladang cuan paling tepat, mengingat semua orang pasti butuh makan. Tak heran, semakin banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. 

Bisnis kuliner memang menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Tapi, cara memulai bisnis kuliner yang menjanjikan memang bukan perkara yang gampang, sebab ada begitu banyak hal yang harus dilakukan supaya bisnis kuliner bisa sukses.

Kalau kamu tertarik untuk terjun ke bisnis ini, pastikan kamu mengetahui beberapa tips di bawah ini! Tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu sederet alasan kenapa bisnis ini patut kamu tekuni.

Alasan Kenapa Bisnis Kuliner Menjanjikan

Sudah tahu kan, kalau makanan termasuk dalam kebutuhan dasar manusia selain rumah dan pakaian. Bahkan saat ini makanan telah berkembang menjadi sesuatu yang melebihi kebutuhan saja. Makanan telah berkembang menjadi suatu budaya di kalangan masyarakat, sehingga banyak orang yang hidup untuk makan, bukan makan untuk hidup.

Kok bisa? Bagaimana tidak, di dunia ini ada berjuta ragam kuliner yang sangat menarik untuk dijelajahi. Jadi, kalau bisnis kuliner kamu punyai ciri khas tersendiri, maka bisa dipastikan banyak orang yang akan menjadi pelanggan setia.

Selain itu, bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang bisa diubah menjadi franchise. Dengan membuka franchise, sudah pasti kamu akan memiliki penghasilan yang lebih besar, bukan?

Alasan lainnya adalah bisnis ini mudah dimodifikasi sebagai bentuk adaptasi di tengah tren makanan yang terus berkembang. Dengan kata lain, bisnis kuliner cukup fleksibel untuk mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, berbeda dengan bisnis lainnya, bisnis kuliner juga cenderung sederhana. Bagaimana, menarik bukan?

Baca juga: 8 Peluang Usaha Baru 2023, Cek Daftarnya di Sini Yuk!

Tips Memulai Bisnis Kuliner Bagi Pemula

bisnis kuliner
Sumber: Freepik

Walaupun tampaknya sangat menjanjikan, tapi kemungkinan bisnis makanan untuk gagal juga sangat tinggi. Nah, supaya kamu tidak mengikuti jejak mereka yang gagal, ada baiknya kamu melakukan persiapan matang sebelum memulai bisnis kuliner.  Simak beberapa tips di bawah ini!

  1. Tentukan bisnis apa yang kamu geluti, mengingat bisnis kuliner adalah bisnis yang luas. Kamu harus menentukan terlebih dahulu akan menjual kuliner apa.
  2. Hitung modal yang diperlukan. Seberapa besar bisnis yang ingin kamu rintis akan menentukan jumlah modal yang harus kamu persiapkan. 
  3. Temukan lokasi bisnis yang paling strategis. Sebab, kalau kamu memilih lokasi yang terlalu terpencil, maka akan semakin sedikit orang yang tahu soal bisnismu.
  4. Perhatikan cita rasa menu yang akan kamu jual, karena pada akhirnya cita rasa lah yang akan membuat orang untuk balik lagi dan lagi ke tempat kamu.
  5. Tentukan supplier yang paling cocok dengan bisnis kamu.
  6. Rekrut tenaga tambahan sesuai kebutuhan.
  7. Tentukan target pasar bisnis kamu.
  8. Ciptakan ciri khas yang membedakan bisnis kamu dengan kompetitor.
  9. Mengadakan promo-promo menarik untuk menarik minat konsumen. Strategi promosi yang bisa kamu gunakan sangat beragam, mulai dari diskon, buy one get one, promo paket, dan lain sebagainya. Tapi jangan lupa perhitungkan dulu dengan matang supaya tidak rugi di kemudian hari.
  10. Aktif di media sosial supaya dapat menarik calon konsumen lebih banyak, tanpa perlu menghabiskan biaya jutaan rupiah untuk iklan.
  11. Perhatikan izin usaha.
  12. Berikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen.
  13. Pastikan bisnis kamu mudah dijangkau oleh konsumen, baik secara offline maupun online.
  14. Jangan lupa atur pos pengeluaran bisnis!

Setelah melakukan beberapa tips di atas, jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Langkah ini sangat penting, dan jangan ragu untuk merombak strategi bisnis kalau dari proses evaluasi didapatkan hasil bahwa strategi yang kamu gunakan terbukti tidak efektif dan efisien.

Baca juga: Hadapi Isu Resesi 2023, Coba 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha

Pakai Aplikasi Kasir untuk Menjalankan Bisnis Kuliner

bisnis kuliner
Sumber: iSeller

Memulai bisnis kuliner tak akan lengkap jika tanpa menggunakan aplikasi kasir atau point of sales (POS), mengingat bisnis kuliner itu adalah bisnis yang sangat dinamis. Hampir setiap hari kamu perlu membeli bahan baku, promosi, hingga melakukan rekap penjualan dan lainnya. Di tengah rutinitas yang sangat padat itu, kamu perlu mengandalkan software atau aplikasi kasir otomatis. Jadi, kamu bisa fokus ke hal-hal lain yang tak kalah penting.

Sebetulnya ada banyak aplikasi kasir yang ditawarkan di pasaran, kamu hanya perlu menemukan satu yang paling cocok dengan kebutuhan bisnis kamu. Sebagai referensi, iSeller punya fitur-fitur yang lengkap dan canggih yang akan jadi solusi terbaik untuk semua kebutuhan bisnis kuliner kamu. Silakan pelajari apa saja kelebihan jika kamu menggunakan iSeller, langsung saja kunjungi laman ini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading