Strategi Pemasaran 4P, Klasik, Efektif, dan Adaptif! - iSeller Blog

Strategi Pemasaran 4P, Klasik, Efektif, dan Adaptif!

Punya strategi pemasaran yang jitu menjadi senjata utama dalam persaingan di dunia bisnis saat ini. Tentu, bekal produk yang berkualitas menjadi modal utama, tapi semua ini akan menjadi lebih optimal jika kamu punya strategi yang optimal dalam memasarkan produk itu. Kali ini, mari coba kita bedah strategi pemasaran 4P, salah satu strategi yang terbilang klasik, tapi masih relevan hingga sekarang.

Dituliskan dalam accurate.id, strategi pemasaran 4P ini pertama kali dipopulerkan oleh Neil Borden pada tahun 1950-an. Kemudian penjelasannya mengenai strategi ini dijelaskan ulang oleh E. Jerome McCarthy, yang menyatakan konsep pemasaran ini dalam empat elemen utama, product, price, promotion, dan place.

Baca juga: Yuk Dalami Soal Riset Pemasaran untuk Bisnis!

Mari Berkenalan dengan Strategi Pemasaran 4P

strategi pemasaran 4p

Kamu tentu paham apa yang dimaksud dengan aktivitas pemasaran. Aktivitas ini bertujuan untuk membuat pelanggan dan pasar tahu mengenai produk yang kamu jual, dan memancing mereka untuk melakukan pembelian.

Strategi pemasaran 4P kemudian adalah serangkaian formula yang disusun sedemikian rupa agar aktivitas ini berjalan lebih efektif. Kamu bisa memanfaatkan empat variabel yang ada di dalam strategi ini untuk membuat aktivitas pemasaran yang efektif, terukur, dan output-nya ideal sesuai harapan.

Nantinya, penerapan empat variabel yang ada di dalam strategi ini bisa bersifat fleksibel, sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi serta bisnis yang kamu punya.

4 Elemen dari Strategi Pemasaran Ini

strategi pemasaran 4p

Seperti yang dijelaskan sebelumnya terdapat empat elemen dasar yang menjadi bagian utama dari strategi ini. Keempatnya akan dijelaskan dalam poin singkat di bawah.

1. Product

Menjadi jantung dari bauran pemasaran, setiap aktivitas pemasaran yang dilakukan selalu dimulai dengan produk dari bisnis. Produk kemudian bisa kamu pahami secara luas, berupa apa saja yang dihasilkan dan dijual perusahaan ke pasar.

Mulai dari rancangan produk, fitur yang ditawarkan, nama merk atau brand, variasi produk, kualitas, pengemasan, dan value dari produk yang kamu jual, akan jadi inti dari aktivitas ini.

2. Price

Elemen kedua adalah soal harga. Harga adalah nilai produk yang dinyatakan dalam satuan mata uang, yang harus ditebus oleh pasar untuk membeli produk yang kamu tawarkan. Jelas, poin ini berkaitan erat dengan produk, serta aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Sebelum menentukan harga jual, kamu harus tahu berapa biaya produksi, biaya pemasaran, serta value produk dibandingkan dengan pesaingnya. Semakin menarik harga yang ditawarkan saat dilepas ke pasar, maka semakin besar potensi pembelian yang dilakukan pelanggan.

3. Place

Tempat atau lokasi menjadi elemen berikutnya dalam strategi pemasaran 4P. tidak terbatas pada tempat fisik saja, sekarang ini kamu harus melihat potensi titik penjualan dan pemasaran online, yang terasa lebih dekat dengan pasar.

Analisis mendalam harus dilakukan dalam menentukan tempat berjualan ini. Semakin dekat produk yang kamu jual dan pasarkan dengan calon pelanggan potensial, maka semakin tinggi pula kesempatan produk itu terjual.

4. Promotion

Jika produk adalah dasar dari strategi pemasaran 4P ini, maka promotion merupakan ujung tombak yang harus kamu asah agar tajam dan tepat sasaran. Elemen ini disusun menyesuaikan dengan produk yang dijual dan pasar yang jadi sasaran, sehingga pasar bisa dengan cepat mengetahui dan tertarik pada produk yang dijual.

Jelas, akhir tujuan dari promosi adalah agar publik mengenal produk yang kamu jual, dan membelinya.

Ini Manfaatnya Jika Diterapkan dengan Tepat

strategi pemasaran 4p

Meski ujung dari setiap strategi pemasaran dalam awareness dan peningkatan sales, tapi beberapa manfaat bisa kamu dapatkan saat strategi ini disusun dengan cermat dan dieksekusi dengan disiplin.

  • Pertama, sinergi aktivitas pemasaran. Keempat elemen yang ada di dalam strategi ini bisa bersinergi dan memberikan aktivitas yang tepat untuk produk yang kamu punya. Semua berjalan beriringan, dan saling mendukung.
  • Kedua, loyalitas pelanggan. Semakin dekat dan semakin tinggi value yang dirasakan publik dari strategi ini, maka semakin loyal mereka pada produk yang kamu punya.
  • Ketiga, menarik perhatian pelanggan. Brand awareness menjadi hal penting dalam aktivitas pemasaran, agar produk mudah dikenal dan publik merasa dekat dengan produknya.
  • Keempat, menghasilkan persepsi di benak pelanggan. Dengan penyusunan 4P yang cermat, produk yang kamu punya bisa memperoleh tempat di benak pelanggan dan diasosiasikan dengan berbagai hal.
  • Kelima, keputusan strategis terkait bisnis. Saling mempengaruhi, keempat elemen yang ada di dalam strategi ini juga bisa kamu jadikan acuan untuk mengambil keputusan strategis. Misalnya ketika harga produk naik, maka kamu harus memilih tempat berjualan dan strategi promosi yang sesuai dengan pasar yang disasar produk dengan harga terkini.

Kamu Bisa Lihat Contohnya di Sini

Salah satu contoh yang paling jelas mungkin bisa dilihat dari paling dikenal saat ini, McDonald’s. Jabaran 4P-nya, bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Produk: hamburger, ayam goreng, makanan ringan, minuman, menu sarapan, cake
  • Tempat: berlokasi di titik strategis di sebuah kota secara fisik, dan menyediakan titik penjualan melalui aplikasi atau penyedia layanan online, sangat mudah dijangkau
  • Harga: memberikan harga paket lebih murah dari harga produk satuan, menggunakan trik psikologis harga
  • Promosi: menggunakan iklan, menawarkan promo di waktu tertentu

Akan sangat panjang jika masing-masing dari elemen tersebut dijabarkan kembali. Tapi setidaknya dengan penjelasan singkat di atas, kamu sudah mendapat gambaran umum dari strategi pemasaran 4P yang digunakan oleh McDonald’s.

Baca juga: Pahami 7 Elemen Penting Strategi Marketing, Apa Saja? 

Dalam eksekusi strategi pemasaran 4P ini, segala perhitungan wajib dilakukan, salah satunya adalah di sektor kemudahan pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan. Hal ini dapat membuat mereka lebih cepat melakukan transaksi, sehingga tidak banyak membuang waktu berharga yang mereka punya. Kamu bisa menggunakan produk yang ditawarkan oleh iSeller untuk menunjang kelancaran pembayaran dalam bisnismu, dan memanfaatkan banyak fitur lain. Pelanggan bisa menggunakan metode pembayaran apapun sehingga tidak ada hambatan untuk urusan ini. Segera gunakan iSeller di setiap bisnis yang kamu punya, dan optimalkan strategi pemasaran yang kamu susun!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading