Etika Dalam Bisnis yang Harus Kamu Tau! - iSeller Blog

Etika Dalam Bisnis yang Harus Kamu Tau!

Bisnis tidak melulu mengenai keuntungan dan penjualan. Dalam menjalankan bisnis, ada faktor yang mempengaruhi kelancaran bisnis tersebut. Mulai dari cara berbisnis, berhubungan dengan supplier ataupun konsumen, hingga cara bersikap di depan masyarakat. Semua hal tersebut berkaitan dengan etika dalam berbisnis.

Baca juga: Platform e-commerce Makin Beragam, Kelola Toko Kamu Dengan Mudah!

Meskipun terdengar kurang familiar, ternyata dalam menjalankan bisnis juga perlu etika. Etika dalam bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan, masyarakat, ataupun individu.

Etika juga memiliki bentuk yang berbeda-beda, seperti nilai dan norma yang dimiliki oleh karyawan hingga pemimpin perusahaan.  Untuk individu, etika bisnis ini dapat digunakan secara profesional dan digunakan sebagai pedoman dalam melakukan bisnis. Nah, ini beberapa etika dalam bisnis yang harus kamu tau.

1. Bersikap Sopan

Bersikap sopan dan santun adalah salah satu etika penting yang harus kamu miliki. Dengan bersikap sopan dan santun, kamu akan memiliki kesan baik akan perusahaanmu dan dirimu sendiri.

2. Sikap Jujur

Jujur adalah salah satu hal paling dasar yang perlu dimiliki, baik untuk berbisnis atau dalam menjalankan relasi. Ketika menjalankan bisnis dengan cara tidak jujur, maka reputasi bisnis  juga akan buruk dan negatif. Karena itu, biasakanlah untuk berperilaku jujur ketika berbisnis, agar bisnis kamu bisa membawa manfaat bagi orang lain.

3. Empati

Memiliki empati sangat penting jika kamu seorang pebisnis. Dengan memiliki empati, kamu bisa merasakan apa yang dialami pelanggan kamu ketika mereka berbisnis dengan kamu. Hal ini tidak hanya kamu terapkan kepada pelanggan atau rekan bisnis, tapi juga ke pegawai yang bekerja untuk bisnis kamu.

4. Integritas

Merupakan salah satu faktor untuk menentukan pride seorang pebisnis, bagaimana cara menjalin hubungan sosial dengan orang-orang sehingga usahanya dapat berkembang.

Pentingnya Etika Dalam Berbisnis

Tahukah kamu kenapa salah satu alasan etika bisnis sangat penting? Karena etika bisnis ini membuat bisnis tersebut dalam batas-batas hukum, dan memastikan bahwa mereka tidak melakukan kejahatan terhadap pelanggan, konsumen, karyawan, atau pihak lain. Tapi gak Cuma itu, ada hal lain yang membuat etika bisnis penting, diantaranya adalah

  • Reputasi

Etika bisnis ini sangat mempengaruhi reputasi sebuah bisnis perusahaan. Ketika perusahaan menerapkan etika bisnis, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak masalah yang terjadi di perusahaan tersebut. Reputasi ini bisa mempengaruhi keputusan investor dan pemegang saham, dengan reputasi yang baik, maka ini akan berdampak bagus bagi bisnis kamu sendiri.

  • Membangun Kepercayaan Antara Bisnis dan Konsumen

Sama seperti reputasi, etika bisnis dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen dan investor.  Dengan etika yang baik, pelanggan dan investor juga akan merasa bahwa bisnis yang kamu miliki terpecaya.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu etika bisnis yang perlu kamu tau dan mengapa etika bisnis ini penting.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Akhir Tahun yang Mendatangkan Untung

Selain etika dalam berbisnis, kamu juga harus menjalankannya bisnis kamu dengan efisien, salah satunya menggunakan sistem digital omnichannel seperti iSeller. Pakai iSeller, kamu bisa memonitor bisnismu dengan mudah tanpa repot, bahkan lewat hp saja. Yuk, coba iSeller gratis sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading