Uraian Terkait Marketing Mix 7P, Cermati Setiap Detailnya! - iSeller Blog

Uraian Terkait Marketing Mix 7P, Cermati Setiap Detailnya!

Bisnis kekinian memang menyediakan banyak kesempatan dan tantangan untuk semua pelakunya. Mulai dari spektrum varian produk yang luas, hingga strategi dan kanal pemasaran yang beragam. Namun demikian, memahami konsep marketing mix 7P rasanya tetap masih relevan untuk konteks kekinian.

Tapi apa sih yang dimaksud dengan marketing mix 7P itu sendiri?

Nah untuk kamu yang mungkin belum pernah membaca terkait hal ini, artikel singkat ini bisa jadi pengantar yang berguna. Mulai dari pengertian, konsep, manfaat, hingga contoh dari bauran pemasaran tersebut bisa kamu cermati di bawah ini.

Baca juga: Sangat Penting bagi Bisnis, Kenali 8 Indikator Kualitas Produk

Terkait Pengertian dari Marketing Mix 7P

marketing mix 7p

Berangkat dari konsep bauran pemasaran yang mulai muncul pada era 1950-an, komponen yang ada kemudian berkembang. Sebelumnya, kamu mungkin pernah membaca dan memahami soal marketing mix 4P, yang terdiri dari product, place, price, dan promotion.

Dalam jangka waktu kurang lebih 70 tahun belakangan, komponen ini berkembang dan kemudian bertambah menjadi 7P. Tambahan yang dimasukkan adalah people, process, dan physical evidence. Tentu saja ketiga poin tambahan ini karena menyesuaikan dengan perkembangan jaman.

Secara mendasar keberadaan tujuh elemen ini kemudian menjadi acuan penyusunan strategi dan penerapannya, sehingga dapat mencapai target pemasaran yang kamu punya.

Konsep Marketing Mix 7P

marketing mix 7p

Penjelasan masing-masing dari ketujuh elemen ini bisa kamu lihat di poin-poin berikut.

1. Product

Adalah hasil dari proses produksi yang ditawarkan pada pelanggan di pasar. Sebuah bisnis selalu memiliki produk yang menjadi komoditas utamanya, yang memiliki value tertentu sehingga diminati oleh pasar.

Riset yang cermat bisa membantu kamu menghasilkan produk yang diminati pasar, dan mendapatkan angka penjualan yang tinggi.

2. Price 

Harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan untuk mendapatkan produk yang kamu jual. Harga ditentukan dengan cermat, menggunakan berbagai pertimbangan. Mulai dari biaya produksi, harga kompetitor, value dari produk, dan sebagainya.

Ketepatan dalam menentukan harga bisa membantu produkmu bersaing di pasar, karena pelanggan akan dapat merasakan bahwa produk yang dibelinya sepadan atau tidak dengan value yang didapat.

3. Place

Elemen ketiga merujuk pada tempat dimana bisnis kamu jalankan. Namun demikian di era kekinian, place tidak hanya mengacu pada tempat atau toko fisik saja, melainkan kanal-kanal penjualan lain yang digunakan dalam bisnis.

Pemilihan tempat yang tepat untuk berjualan akan mempengaruhi sukses atau tidaknya aktivitas bisnis yang dilakukan. Jadi pilih dengan hati-hati, dan sesuaikan strategi penjualan dengan ekosistemnya!

4. Promotion 

Keempat adalah promotion. Aktivitas ini dilakukan untuk mengkomunikasikan, menginformasikan, dan mempromosikan produk yang kamu punya pada pasar atau publik secara luas. Tujuannya jelas adalah agar produk semakin dikenal, dan mendapat perhatian dari publik sehingga bisa dibeli.

Kamu bisa memilih banyak sekali kanal untuk melakukan promosi ini, dan cara yang tersedia juga tak kalah beragam. Semua bisa disesuaikan dengan target pasar, produk yang kamu punya, dan biayanya.

5. People

Setelah 4P yang dijelaskan pada bagian awal, kamu juga harus memahami kelanjutan dari konsep marketing mix 7P ini. People jadi elemen kelima yang harus dicermati, sebab orang yang tepat di posisi yang tepat akan memberikan output kerja yang optimal.

Pastikan bisnis yang kamu punya mempekerjakan orang-orang yang tepat di setiap posisi sehingga apapun yang dikerjakan akan benar-benar memberikan hasil yang baik.

6. Physical Evidence

Atau juga bisa dikenal dengan packaging, mengacu pada bagaimana produk yang tawarkan ‘tampil’ di pasar. Kemasan produk yang menarik akan akan memberikan stopping power yang besar untuk publik, sehingga lebih memperhatikan produk yang kamu tawarkan.

Tentu saja banyak sekali ragam variasi kemasan dan tampilan fisik produk yang bisa dipilih, yang bisa disesuaikan dengan nilai dan citra produk yang ingin diangkat.

7. Process 

Mengacu ke alur, prosedur, dan mekanisme bisnis dalam memberikan produk ke pelanggan yang kamu punya. Proses ini dimulai dari pertama kali pelanggan mengenal atau terpapar promosi produk, sampai pada pembelian yang dilakukannya.

Apa Manfaatnya Menerapkan Konsep Ini?

marketing mix 7p

Secara umum manfaat dari penerapan marketing mix 7P ini tentu adalah untuk meningkatkan angka penjualan. Tapi secara lebih detail, setiap elemen yang ada dalam tujuh poin di atas bisa memberikan value yang lebih baik pada produk dan bisnis, sehingga dapat memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan.

Menerapkan setiap elemen dengan cermat, melakukan evaluasi kembali, dan meningkatkan apa yang bisa diperbaiki, ketika hal ini dilakukan terus menerus maka bisnis yang kamu punya juga akan terus berkembang.

Keuntungan bisnis bisa lebih mudah didapatkan, selama semua didasarkan pada perhitungan cermat dan eksekusi yang disiplin.

Ilustrasi Penerapan Bauran Pemasaran 7P

marketing mix 7p

Sedikit ilustrasi tentang penerapan bauran pemasaran 7P ini bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Product: sebuah gaming headset dengan nama Razr memiliki spesifikasi yang mumpuni, noise canceling, earpad yang nyaman, dan tanpa delay.
  • Price: produk ini dijual dengan harga Rp800.000, dan tersedia dalam edisi khusus dengan jumlah terbatas yang dijual seharga Rp1.200.000.
  • Place: headset Razr dapat ditemukan di berbagai situs e-commerce dan marketplace, serta toko partner resmi dari brand Razr.
  • Promotion: langkah promosi yang dilakukan adalah dengan digital ads dengan target gamer di seluruh dunia, menjadi sponsor beberapa tim esports, dan pendukung dalam turnamen esports.
  • People: dalam pelayanan pelanggan digunakan SOP yang berstandar dan dilaksanakan oleh staf yang sudah terlatih dan bersertifikat. Bagian CS diisi dengan staf berkualifikasi khusus yang kompeten, dan bagian produksi diperkuat oleh staf teknis yang handal.
  • Physical evidence: kemasan yang digunakan bernuansa hitam-hijau, yang menjadi warna mandatory dari brand Razr sendiri. Dengan kesan eksklusif dan profesional, produk mudah dikenali di pasar.
  • Process: jaminan kualitas produk Razr diberikan dengan standarisasi produksi yang ketat serta kontrol kualitas yang cermat. Terdapat garansi yang jelas jika produk mengalami kerusakan dengan standar yang ditentukan.

Baca juga: Pentingnya Transformasi Digital dalam Menjalankan Bisnis 

Eksekusi marketing mix 7P sendiri menjadi sebuah rangkaian elemen yang saling berkaitan. Tentu saja, kamu juga perlu mempertimbangkan proses transaksi yang dilakukan pelanggan ketika leads yang didapatkan berhasil dikonversi jadi penjualan. Maka dari itu, POS System dari iSeller bisa menjadi andalan. Dengan kemudahan integrasi di setiap platform penjualan yang kamu gunakan, setiap leads dapat diperbesar kesempatannya untuk menjadi penjualan. Praktis, mudah, dan memberikan catatan lengkap setiap transaksi, kamu bisa COBA GRATIS produk iSeller sekarang dan maksimalkan semua fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading