Perbedaan Pemasaran dan Penjualan Dalam Dunia Usaha

perbedaan pemasaran dan penjualan
perbedaan pemasaran dan penjualan

Jika kamu adalah seorang pebisnis, kamu pasti sudah terbiasa mendengar pemasaran dan penjualan. Jika kamu baru mengenal bisnis, mungkin kamu masih kebingungan dan bertanya-tanya apa sih perbedaan pemasaran dan penjualan. Kedua konsep pemasaran dan penjualan merupakan sesuatu yang sering dijumpai, namun kerap kali keduanya disalah artikan.  Kamu tidak perlu khawatir lagi karena kamu cukup menyimak penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan di artikel ini!

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses menginformasikan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Dalam memasarkan produk, biasanya ada konsep saling memberi kepuasan dan keuntungan baik itu untuk penjual ataupun pelanggan.

Proses pemasaran biasanya akan terpusat pada detil, harga, serta kepada siapa produk tersebut akan dijual, sehingga pemasaran biasanya  dilakukan untuk mendatangkan laba jangka panjang. Ketika telah mengetahui target pasarnya, bisnis yang biasanya mengaplikasikan pemasaran akan memiliki hubungan baik dengan pelanggan mereka.

Tujuan dari proses pemasaran yaitu melihat gambaran besar serta mempromosikan bisnis, produk atau layanan, dan brand. Tim pemasaran bertugas untuk menentukan harga produk dan juga mengkomunikasikan bagaimana produk tersebut dapat memebuhi kebutuhan konsumen. Proses pemasaran ini di dalam dunia marketing dikenal sebagai 4p, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.

Baca Juga: Macam-Macam Strategi Pemasaran yang Dapat Dilakukan

Pengertian Penjualan

Penjualan merujuk kepada berbagai aktivitas di mana ada transaksi barang atau jasa. Proses penjualan menekankan pada kebutuhan penjual yang fokus untuk menjual produk saja.  Maksudnya adalah, penjual hanya fokus menjual produk yang mereka hasilkan atau buat, bukan membuat atau menjual produk yang diinginkan oleh konsumen.

Proses penjualan biasanya memasukkan detil proses penjualan, target pasar, struktur tim, serta goal. Tidak hanya itu, proses penjualan biasanya memiliki kerangka action plan, perangkat penjualan, serta peralatan dan usaha yang akan dimanfaatkan untuk menjangkau target pasar.

Berbeda dengan pemasaran yang membutuhkan waktu lama dan memiliki goal dalam bentuk jangka panjang, penjualan berfokus hanya untuk mencapai target dan meningkatkan intensitas transaksi yang biasanya diukur dalam bentuk target per bulan.

Karena itu, proses ini membutuhkan usaha ekstra ketika kamu ingin  memenuhi target penjualan bisnismu. Untuk memudahkanmu, kamu harus mengorganisasi bagian yang  sangat fokus pada penjualan sebagai kunci untuk menarik dan mempertahankan langganan.

Baca Juga: Teknik Jitu Untuk Menarik dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Kaitan Pemasaran dan penjualan

Meskipun pemasaran dan penjualan memiliki perbedaan, sebagai pebisnis, kamu perlu memastikan kedua tim penjualan dan pemasaran berjalan secara bersamaan sehingga bisa saling menguntungkan. Karena meskipun keduanya berbeda, keduanya masih memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan dan meningkatkan penjualan.

Salah satu cara agar bisa memastikan tm marketing dan sales bekerja sama secara optimal adalah dengan melakukan kesepakatan terkait dukungan yang akan diberikan kepada satu sama lain. Berikut adalah beberapa kesepakatan yang harus diperhatikan:

  • Menetapkan ketentuan dan peraturan yang lebih jelas, tidak bertentangan dan saling dipertemukan satu sama lainnya.
  • Menyusun dan melaksanakan program bersama sebagai sebuah tim yang akan terjun langsung memikirkan pemasaran dan penjualan.
  • Menetapkan target yang sesuai dan membahas tentang penghalang yang bisa saja terjadi untuk ke depannya.
  • Melakukan rapat rutin secara berkala dengan agenda seperti perancanaan dan pembahasan pemikiran serta terobosan baru untuk mencari cara efektif untuk memasarkan serta menjual produk kepada pelanggan

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

1. Orientasi

Dalam konsep pemasaran, penjual berorientasi kepada kepuasan konsumen, sehingga konsumen akan terus kembali melakukan transaksi. Berbeda dengan penjualan yang fokus untuk menjaga bisnis dan produk yang mereka hasilkan  

2. Proses atau Langkah       

Hal pertama yang dilakukan dalam  pemasaran adalah melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Sebaliknya, penjualan harus membuat pabrik dan produk terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan promosi.

3. Fokus

Fokus yang ditekankan dari konsep pemasaran adalah kebutuhan konsumen, sementara proses penjualan  lebih  berfokus pada produk yang sudah ada.

4. Tujuan

Pemasaran lebih mengarahkan produk agar dapat diingat oleh konsumen secara perlahan. Sementara konsep penjualan berusaha untuk memaksa konsumen berpikir tentang produk.

5. Jangka Waktu

Pemasaran berfokus pada perencanaan matang yang berkonsentrasi pada loyalitas, sehingga menghasilkan stabilitas merek jangka panjang. Sedangkan konsep penjualan biasanya memiliki perencanaan bisnis jangka pendek.

Melalui penjelasan di atas, kita dapat mengetahui  bahwa definisi pemasaran relatif lebih luas dibandingkan dengan penjualan. Konsep penjualan merupakan bagian dari konsep pemasaran Kamu bisa menyesuaikan konsep yang dipakai dengan bisnis yang kamu punya

Apapun bisnis kamu, kamu bisa memanfaatkan platform omnichannel untuk mengelola usahamu agar bisa berkembang dengan pesat. Salah satu platform yang bisa kamu coba seperti iSeller. iSeller merupakan platform omnichannel yang dapat mengintegrasikan berbagai channel penjualan online maupun offline, sehingga penjualanmu bisa lebih mudah dan dapat dipantau melalui dari satu dashboard saja. Kamu bisa coba iSeller sekarang secara gratis! Klik di sini, ya.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: