Pentingnya Modal untuk Kelangsungan Bisnis!

pentingnya modal untuk kelangsungan bisnis kamu

Kalau kamu mau buka bisnis, kamu harus tau pentingnya modal untuk kelangsungan bisnis! Modal memang salah satu hal yang penting untuk bisnis, apalagi sebagai pondasi awal, kamu harus punya cukup modal untuk memulai bisnismu. Modal ini memang tidak harus berupa uang, tapi juga barang yang diperlukan untuk bisnis kamu.

Tapi, modal dalam bentuk uang biasanya akan lebih fleksibel untuk kamu pakai di bisnis kamu yang berkaitan dengan finansial. Di artikel ini akan dibahas pentingnya modal untuk kelangsungan bisnis kamu. Simak sampai habis ya!

Baca juga: Guerilla Marketing: Strategi Promosi Bisnis Murah dan Unik

Apa itu modal?

Modal sendiri adalah aset sebuah bisnis yang berupa uang atau barang dan digunakan untuk membangun sebuah pekerjaan atau bisnis. Dengan modal yang cukup, sebuah bisnis bisa memproduksi barang lain yang dapat dijual guna mendapatkan keuntungan

Jenis-jenis modal

Berdasarkan sumber, modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal internal dan modal eksternal.

Modal Internal

Jenis modal ini berasal dari harta kekayaan sendiri atau hasil dari penjualan perusahaan. Modal ini bersifat terbatas dan biasanya berupa Gedung, saham, kendaraan, laba yang bisa diputar untuk diinvestasikan kembali, dan masih banyak lagi.

Karena sifatnya yang terbatas, modal internal ini sulit kita gunakan untuk mengembangkan bisnis.

Modal Eksternal

Berbeda dengan modal internal yang sifatnya terbatas, modal eksternal ini sangat penting karena sifatnya tidak terbatas. Modal eksternal biasanya kita dapat dari luar kekayaan  perusahaan seperti kreditur bank, koperasi, pinjaman personal atau pemegang saham.

Jenis Modal Berdasarkan Kepemilikan

Berdasarkan kepemilikan, modal terbagi menjadi dua, yaitu modal sosial dan perseorangan

Modal Sosial

Merupakan modal yang kepemilikannya adalah masyarakat. Modal ini berguna untuk membantu sebuah bisnis dalam memproduksi produk dan melangsungkan bisnisnya. Contoh modal sosial adalah jembatan, stasiun, pasar, Pelabuhan, jalan raya.

Modal Perseorangan

Adalah modal yang kita dapatkan dari harta pribadi. Modal perseorangan ini tentu memiliki kelebihan yaitu memudahkan berbagai aktivitas bisnis dan memberikan keuntungan yang optimal kepada pemilik bisnis. Contoh dari modal perseorangan adalah properti pribadi, deposito, dan saham.

Jenis Modal Berdasarkan Wujud

Jika berdasarkan wujud, modal terbagi menjadi dua jenis, ada modal konkret atau aktif dan modal abstrak atau pasif.

Modal Konkret (aktif)

Modal konkret atau yang biasa kita sebut modal aktif adalah modal yang dapat kita lihat secara nyata dan punya wujud. Contoh dari modal aktif ini adalah bahan baku, Gedung, uang, kendaraan, tempat usaha, mesin, gudang dan lain-lain.

Modal abstrak (Pasif)

Modal pasif adalah modal usaha yang tidak dapat kita lihat secara kasat mata. Sifat modal ini sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Contoh modal abstrak adalah ilmu pengetahuan, skill, hak cipta, media sosial, brand, manajerial, serta koneksi usaha.

Jenis Modal Berdasarkan Sifat

Jika berdasarkan sifatnya, modal terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal lancar dan modal tetap

Modal Lancar

Modal lancar adalah modal yang berguna dalam proses produksi dan akan langsung habis. Contoh modal lancar adalah bahan baku, bahan bakar, alat sekali pakai, dan masih banyak lagi

Modal Tetap

Modal tetap adalah modal yang biasanya dipakai untuk jangka waktu panjang dan berulang dalam proses produksi. Contoh dari modal tetap adalah Gedung, mesin, computer, kendaraan, alat tes, tanah, dan masih banyak lagi.

Manfaat Modal untuk Perusahaan

Setelah mengerti jenis-jenis modal, sekarang kamu harus tau manfaat dan pentingnya modal untuk kelangsungan bisnis kamu. Tanpa adanya modal, bisnis kamu akan sulit untuk menjalankan kegiatan        

Dengan modal yang cukup, jalannya bisnis kamu akan lebih lancar dan keperluan perusahaan seperti produksi barang juga bisa terjadi dengan mulus. Tidak hanya itu, modal juga memiliki kepentingan untuk kelangsungan bisnis kamu, seperti:

  • Penyediaan Bahan Baku

Untuk menyediakan bahan baku produksi tentu memerlukan modal. Bahan baku produksi ini bisa berbagai macam bentuknya seperti bahan produksi, bahan baku mentah, hingga peralatan pendukung dan mesin untuk memproduksi sebuah produk.

Jika bisnis kamu berjalan di bidang penyediaan produk, kamu pasti sangat memerlukan modal untuk membeli alat produksi.

  • Melakukan Proses Produksi

Bukan Cuma menyediakan bahan baku, modal juga penting untuk melangsungkan proses produksi. Dalam proses produksi ini tentu kamu butuh listrik, tenaga manusia, serta banyak hal lain yang membantu proses ini. Modal sangat penting untuk membayar tenaga kerja serta tenaga listrik selama proses produksi.

  • Membayar Upah Karyawan

Dalam menjalankan perusahaan, kamu tentu tidak bisa mengendalikan semuanya sendirian. Kamu butuh pekerja lain untuk membantu kamu mengatasi sebuah bidang atau aspek perusahaan yang belum bisa kamu tangani. Adanya modal sangat perlu untuk membayar hak karyawanmu seperti tunjangan, gaji, bahkan asuransi kerja dan kesehatan mereka.

  • Uang Simpanan

Modal tidak selamanya perlu untuk pentingnya produksi saja, modal juga bisa jadi uang simpanan yang berguna untuk mengantisipasi hal yang tidak kamu inginkan seperti kekurangan biaya operasional atau ekspansi pasar untuk perusahaanmu.

Baca juga: Manfaatkan Omni Channel Marketing untuk Bisnis Anda

Itulah pentingnya modal untuk kelangsungan bisnis yang bisa kamu pelajari. Entah itu bisnis kecil atau besar, semuanya pasti memerlukan modal. Kabar baiknya, untuk mendukung kelangsungan bisnis Sobat Seller, kalian bisa mendapatkan pinjaman modal tanpa agunan dari Biz Merchant UOB.

Dengan Biz Merchant UOB, kamu gak perlu khawatir ingin meningkatkan bisnis kamu lagi, karena kamu bisa dapat pinjaman hingga 300 Juta! Daftar sekarang di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: