Memahami secara Mendasar Marketing Mix 4P - iSeller Blog

Memahami secara Mendasar Marketing Mix 4P

Perkembangan strategi pemasaran terus terjadi, bahkan saat kamu membaca artikel singkat ini. Tapi yang tidak bisa dipungkiri, terdapat beberapa rumus ‘sakral’ yang masih akan relevan hingga bebrapa tahun ke depan. Salah satu formula yang wajib kamu pelajari dan pahami adalah marketing mix 4P.

Strategi ini sebenarnya sudah berusia lebih dari 70 tahun, karena diutarakan pertama kali oleh Neil Borden pada 1950-an lalu. Tapi, konsep dasarnya masih terus digunakan hingga sekarang, dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Baca Juga: Sudah Pakai Video Marketing untuk Bisnis? Ini 6 Manfaatnya!

Tapi Apa Sih Sebenarnya Marketing Mix 4P Itu?

marketing mix 4p

Marketing mix 4P merupakan konsep bauran pemasaran yang dipakai dalam manajemen pemasaran untuk menggambarkan kombinasi elemen yang digunakan perusahaan dalam rangka memasarkan dan mempromosikan produk pada pelanggan.

4P sendiri kemudian adalah kependekan dari product, price, place, dan promotion. Keempatnya berinteraksi dan saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pemasaran yang kamu punya di perusahan.

Pengembangan marketing mix ini kemudian juga ditambahkan elemen people, process, dan physical evidence dan dikenal sebagai marketing mix 7P. Namun penjelasan konsep ini akan diberikan di artikel lain, jadi kamu bisa memiliki gambaran yang lebih komprehensif.

Apa Manfaat Penerapannya?

Ada beberapa manfaat mendasar yang bisa didapatkan dari penerapan marketing mix 4P yang optimal dan tepat.

1. Selaras dan Konsisten

Dengan penerapannya, kamu akan punya strategi pemasaran yang selaras dan konsisten pada setiap aspek yang ada. Ketika empat elemen dipikirkan dengan baik dan matang, maka keselarasan akan membuahkan output optimal untuk bisnis.

Ketika sampai di pasar atau pelanggan, pesan dan gerakan yang kamu lakukan akan terasa konsisten sehingga lebih mudah dipahami.

2. Mengenalkan Produk

Dengan product, kamu bisa mengembangkan produk yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kamu bisa memaksimalkan fokus pada fitur, kualitas, desain, brand, value, dan sebagainya, sehingga dihasilkan sebuah produk yang optimal dan diminati pasar.

Jelas ini bukan pekerjaan jangka pendek. Tapi dengan value yang tepat pada produk, kamu akan punya jangkar yang kuat untuk pengembangan tiga elemen lainnya.

3. Harga yang Optimal

Penerapan bauran pemasaran 4P ini juga akan membantu kamu dalam mendapatkan harga paling tepat untuk produk yang kamu punya. Tidak hanya dapat bersaing dengan produk sejenis, tapi harga yang dipasang tetap akan memberikan keuntungan yang diinginkan.

Ingat, kamu bisa memainkan harga yang dipasang dengan mengkombinasikannya bersama diskon, tawaran upselling atau cross-selling, dan strategi lainnya.

4. Mudah Diakses Pelanggan

Karena mempertimbangkan place dalam bauran pemasarannya, kamu akan memiliki analisis yang tepat pada tempat strategi yang bisa digunakan. Tempat sekarang ini sudah punya arti lebih luas, kepada kanal penjualan yang kamu punya.

Pilih tempat penjualan fisik yang strategis, gunakan kanal marketplace yang punya pasar sesuai dengan sasaranmu, dan manfaatkan media sosial yang kira-kira memberikan publik yang kamu inginkan.

5. Komunikasi Efektif

Terakhir elemen promotion, yang artinya kamu akan punya formula efektif dalam menyampaikan pesan promosi pada pelanggan. Melalui berbagai konten, seperti foto, video, film pendek, iklan animasi, atau artikel seperti yang sedang kamu baca seperti ini, pesan marketing bisa disampaikan dengan baik dan mencapai tujuan yang dimiliki.

Contoh Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 4P

marketing mix 4p
  • Product, produk yang ditawarkan oleh salah satu bisnis ojek online adalah layanan antar jemput sesuai dengan titik yang telah ditentukan, dengan moda transportasi yang dipilih sendiri oleh pelanggan.
  • Price, strategi harga dirumuskan sedemikian rupa agar memberikan angka paling menarik. Strategi ini ditambah dengan berbagai promo atau potongan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Place, ‘tempat’ yang digunakan sendiri berupa aplikasi dan platform digital, serta kolaborasi dengan layanan peta dari platform lain yang memberikan rekomendasi perjalan dengan ojek online ini, mitra ojek online juga terlihat dengan mudah karena menggunakan seragam yang cukup mencolok
  • Promotion, sepertinya strategi promosi dari brand transportasi online ini cukup mudah ditemui di berbagai platform dan media iklan konvensional seperti billboard, placement di mall dan pusat perbelanjaan, dan sebagainya

Sedikit Tips Menjalankan Marketing Mix 4P untuk Bisnis

Sebenarnya untuk menjalankan strategi bauran pemasaran ini bukan hal yang sangat-sangat sulit. Tapi, kamu harus punya satu value utama untuk menjadi pegangan dan jangkar dari setiap elemen dalam 4P, jadi terdapat benang merah yang bisa dipahami oleh pelanggan.

Tentukan dulu value apa yang ingin kamu kedepankan. Cermati kebutuhan pasar dan masukan yang ada dari pelanggan, kemudian kembangkan produk ke arah tersebut. Selanjutnya, rumuskan aktivitas pemasaran yang tepat menggunakan kombinasi berbagai platform dan konten.

Pemilihan lokasi penjualan juga menjadi penting karena lokasi ini dapat menentukan prestasi penjualan yang dicatatkan. Jangan takut untuk bersaing dengan kompetitor, karena ini justru bisa memberikan banyak insight berguna untuk pemgembangan strategi yang kamu punya.

Baca Juga: Yuk Terapkan Digital Branding pada Bisnis Kamu!

Pada akhirnya, optimasi di setiap outlet penjualan dan marketplace harus tetap dilakukan demi memuluskan perjalanan pelanggan dalam transaksi pembelian produk. Setelah merumuskan marketing mix 4P yang tepat, kamu bisa memaksimalkan eksekusinya bersama iSeller, POS System handal yang bisa mengintegrasikan setiap kanal penjualan dalam satu sistem terpadu. Solid, praktis, dan akurat, POS System iSeller bahkan bisa membantu urusan marketing yang kamu punya. COBA GRATIS produk iSeller, dan optimalkan setiap fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading