7 Manfaat Website yang Bisa Menguntungkan Bisnis

manfaat website
manfaat website

Website merupakan salah satu media digital yang sangat vital untuk usaha pemasaran digital sebuah bisnis. Manfaat website akan bisa langsung dirasakan bagi sebuah perusahaan yang belum memilikinya.

Tetapi, apa saja manfaat website yang akan bisnis anda dapatkan? Lalu bagaimana website dapat membantu usaha Anda? Berikut adalah beberapa manfaat website yang bisnis Anda bisa rasakan.

Mengapa Perusahaan Harus Memiliki Website?

Sebelum kamu mengenal manfaat website untuk bisnis, kamu mungkin berpikir, “Mengapa harus website? Bukankah banyak media lain untuk berjualan seperti media sosial?”

Baca Juga: 6 Teknik Efektif Berjualan di Media Sosial

Alasan tersebut ada benarnya. Membuat website tidak hanya akan memakan biaya yang relatif besar, namun juga upaya untuk merawatnya yang kemungkinan juga akan menelan banyak biaya.

Akan tetapi, hal tersebut tidak seharusnya membuat kamu enggan membuat website. Dengan banyaknya pengguna internet yang berselancar di dunia maya melalui pencari, memiliki website jelas adalah langkah yang tepat untuk bisnismu.

Dalam dunia bisnis, fungsi website tidak hanya sebatas sebagai tempat jual beli. Website dapat kamu jadikan sebagai pusat dari seluruh kegiatan kamu di dunia maya, mulai dari branding, membagikan informasi, dan lain-lain.

Di titik ini, kamu mungkin berpikir kalau sosial media juga dapat melakukan hal tersebut. Lalu apa kelebihan website dibanding media sosial?

Jawabannya terletak pada visibilitas. Jika kamu mencari informasi, misalnya ‘cara mengatasi komplain pelanggan’ di mesin pencarian Google, kamu akan sangat lebih mungkin menemukan website ketimbang sebuah halaman media sosial. Hal ini karena sebuah website dianggap lebih kredibel di mata Google ketimbang media sosial.

Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan karena jika kamu berhasil muncul di halaman satu Google, maka orang atau bahkan calon konsumen menganggap perusahaan kamu sebagai pakar yang kredibel di suatu bidang.

Intinya, dengan website kamu dapat membangun reputasi kepakaran dan dapat menjangkau serta membantu baik konsumen atau calon konsumen dalam memecahkan masalah mereka sehari-hari dan kemudian membuat mereka tertarik mencoba produk atau jasa kamu.

Baca Juga: 6 Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

Apa Saja Manfaat Website Bagi Perusahaan?

Setelah kamu memahami betapa pentingnya situs web bagi sebuah bisnis serta kelebihannya dibandingkan sosial media, sekarang saatnya kamu memahami berbagai manfaat website bagi perusahaan kamu.

Website dianggap penting untuk menunjukkan kredibilitas bisnismu, serta mampu menampilkan secara lengkap informasi terbaru mengenai bisnismu. Hal ini yang mendorong banyaknya pebisnis untuk menggunakan dan membuat website. Berikut adalah manfaat website untuk bisnis kamu.

1. Memudahkan Pencarian Informasi Bisnis

Adanya website untuk bisnis bisa memudahkan pelangganmu untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.  Mereka tidak perlu lagi menghubungi pihakmu untuk menanyakan tentang bisnismu, karena segala informasi tentang bisnis atau produk bisa mereka temukan melalui website perusahaan kamu. 

Di zaman yang sudah melek digital seperti saat ini, setiap orang bisa dengan mudah mengakses internet, bahkan melalui smartphone mereka tanpa perlu mendatangi kantor secara langsung hanya untuk bertanya mengenai bisnis. Sangat praktis!

Baca Juga 7 Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Mudah

2. Kredibilitas Bisnis

Kehadiran website memberikan keuntungan sendiri bagi pelaku bisnis. Apalagi jika kamu memiliki tampilan website yang menarik, kredibilitas bisnismu bisa dipastikan akan meningkat karena pelangganmu akan lebih percaya dengan bisnis yang kamu miliki.

Selain itu, calon customer atau pelangganmu  tidak perlu membuang waktu untuk melakukan pengecekan bisnis atau produkmu secara manual. Mereka cukup melihat halaman web profil perusahaan dari websitemu dan akan langsung mendapat gambaran tentang bisnis atau produk yang kamu tawarkan.

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, website adalah salah satu media promosi yang memiliki banyak kelebihan.

Sebuah situs website adalah tempat yang sangat cocok untuk kamu mempromosikan produkmu untuk menjangkau pasar yang lebih luas, karena semua orang dari berbagai penjuru dunia bisa mengakses dan melihat websitemu kapan saja. Jadi, baik kamu menjual produk atau jasa websitemu bisa menjadi alternative yang menarik untuk kamu mempromosikan bisnismu.

4. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Tidak hanya sebagai catalog bisnis, website bisa memberi banyak informasi kepada pelangganmu. Kamu bisa memberikan halaman artikel atau blog yang informatif untuk dibaca calon pelangganmu, atau lebih unik lagi, kamu bisa menambahkan halaman tanya jawab yang berisi pertanyaan seputar produkmu, sehingga memudahkan calon pelangganmu yang ingin mengetahui produkmu lebih lanjut. Dengan begitu, pelangganmu akan selalu mengetahui berita terbaru tentang produk atau bisnismu.

5. Katalog Barang atau Jasa

Apapun jenis udaha yang kamu miliki, kamu bisa menjadikan websitemu sebagai katalog produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu juga bisa memasukkan testimoni pelanggan sebelumnya untuk meningkatkan kepercayaan calon pelangganmu terhadap bisnismu.

Baca Juga: Tips Foto Produk Toko Online yang Menarik

6. Menghemat Waktu dan Keuangan

Dengan perkembangan teknologi, kamu kini tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menyebarluaskan informasi tentang usaha atau bisnismu.

Selain website, kamu memang dapat mencetak brosur, selebaran, atau bahkan menggunakan telepon untuk membuat orang-orang lebih mengenal bisnismu. Tetapi, semua cara tersebut tidak hanya akan memakan waktu tetapi juga biaya yang tidak sedikit.

Selain itu, bisa saja brosur atau selebaran yang kamu bagikan tidak dibaca dan langsung dibuang oleh orang-orang. Melalui telfon dengan menghubungi pelanggan satu persatu akan menghabiskan waktu.

Hal ini tentu kurang efektif jika diterapkan pada era yang sudah modern ini. Berbeda dengan menggunakan website, calon pelanggan akan mengunjungi websitemu langsung, dengan begitu kamu bisa menjangkau target pasar yang tepat, tanpa membuang waktu dan pengeluaran yang berlebihan.

7. Terhubung Lebih Mudah dengan Pelanggan

Memiliki website sama saja seperti kamu membagikan brosur online atau brosur katalogmu, bedanya adalah website jauh lebih cepat dan mudah untuk kita memperbarui informasi tentang produk atau layanan yang kita tawarkan dibanding pada brosur cetak.

Dengan begini, kamu jadi lebih mudah untuk memberikan informasi kepada pelangganmu tentang update terbaru, promosi khusus, atau produk atau layanan baru yang kamu tawarkan. Dengan website, informasi bisa terus kamu update dan tidak cepat usang seperti iklan cetak.

Itulah beberapa manfaat website yang bisa menguntungkan bisnis kamu. Kalau kamu belum memiliki website, maka kamu harus membuat website untuk bisnismu dari sekarang. Karena website tidak hanya menguntungkan untuk kamu, tapi juga pelangganmu yang dipermudah dengan adanya website. Bisnismu juga bisa terlihat lebih professional dengan adanya website yang dibuat khusus untukmu.

Dalam memilih website, kamu harus ingat untuk memiliki website yang terhubung dengan sistem POS dan website yang cocok untuk berbagai macam bisnis, sehingga memudahkan kamu dalam mengelola bisnismu. Seperti website online store yang disediakan iSeller. Website iSeller sudah terintegrasi dengan POS, sehingga setiap transaksi yang terjadi di tokomu, sudah secara langsung tercatat pada sistem website. Coba website dari iSeller sekarang, yuk. Gratis, lho!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: