Makanan Khas Imlek yang Harus Kamu Coba! - iSeller Blog

Makanan Khas Imlek yang Harus Kamu Coba!

makanan khas imlek

Perayaan Imlek tinggal hitungan hari! Tahun Baru Imlek di tahun 2023 jatuh pada 22 Januari. Perayaan Imlek ini penting untuk keluarga Tionghoa, di hari Imlek ini biasanya mereka menghabiskan waktu bersama untuk sembahyang dan makan bersama.

Nah, ternyata ada fakta unik tentang makanan khas Imlek lho! Beberapa makanan yang disajikan saat Imlek ternyata punya filosofi sendiri. Keren banget, kan? Yuk, kita bahas bersama tentang makanan khas Imlek yang harus kamu coba dan apa filosofi di baliknya.

Kue Keranjang

Hayo, kamu sudah pernah coba kue satu ini kah? Salah satu kue khas Imlek yang disusun bertumpuk ini punya tekstur mirip dodol. Meskipun bentuknya hanya seperti mangkok, makna kue ini cukup dalam, yaitu melambangkan harapan keluarga supaya bisa terus hidup rukun. Selain itu, kue yang disusun bertumpuk ini bukan tanpa alasan, tapi ada makna khusus, yaitu lambang pendapatan, posisi, dan pertumbuhan anak-anak agar lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Siu Mie

Siu Mie atau mi panjang adalah salah satu makanan yang harus ada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Ternyata dalam tradisi Tionghoa, ada larangan untuk menyajikan mi yang terpotong. Hal ini karena Siu Mie merupakan lambang umur panjang, inilah kenapa mie yang disajikan tidak boleh terpotong dan harus utuh.

Yu Sheng

Makanan khas Imlek berikutnya adalah Yu Sheng! Makanan ini berupa salad irisan sayuran segar seperti lobak dan wortel yang di tengahnya diberikan ikan segar, seperti tuna atau salmon. Makan Yu Sheng ini ada caranya loh, kamu bisa menyantap dengan cara diangkat setinggi mungkin. Makna Yu Sheng ini adalah symbol keberuntungan yang semakin baik di tahun baru Imlek.

Sup delapan bentuk

Namanya sup delapan bentuk, tapi bukan berarti wadahnya berbentuk angka 8 ya! Dinamakan sup 8 bentuk karena makanan khas Imlek satu ini dibuat dari delapan bahan dasar, seperti jamur, ikan, udang, kerang, abalone, jamur hitam, kacang, dan biji lotus. Filosofi untuk sup delapan bentuk ini juga gak kalah bagusnya loh, sup ini adalah harapan dari usaha atau bisnis supaya lebih berkembang pesat di tahun yang baru

Teh telur

Teh telur  adalah telur yang direbus dengan kecap asin, rempah-rempah dan daun teh. Karena pakai daun teh, makanan khas imlek ini punya aroma yang menggoda banget! Teh telur ini lambang dari kesuburan.

Bebek atau ayam             

Kalau biasanya ayam dan bebek dimasak dengan cara dipotong per bagian, ketika Imlek bebek atau ayam ini biasanya akan disajikan secara utuh. Bebek dan ayam utuh ini melambangkan kesetiaan dan ketaatan. Meskipun dalam budaya Tionghoa sendiri bebek dan ayam disebut sebagai hewan yang bersifat serakah, dalam perayaan Imlek hidangan ini disajikan dengan tujuan agar yang menyantap bisa terhindar dari sifat serakah.

Ikan Bandeng

Makanan khas Imlek satu ini adalah lambang rejeki dan bisnis yang lancar. Sama seperti bebek dan ayam, ikan bandeng harus disajikan secara utuh. Ikan bandeng ini biasanya dimasak dengan cara dikukus dan diberi saus sederhana seperti asam manis atau kecap. Daging bandeng yang empuk kaya akan lemak bikin hidangan satu ini jadi super enak!

Kuo Tie

Salah satu makanan yang bisa kamu temukan ketika Imlek adalah Kuo Tie. Kuo Tie ini adalah symbol kemakmuran dan kesejahteraan karena bentuknya yang mirip dengan bentuk uang kuno di masa lampau daratan Cina.

Kuaci

Salah satu camilan khas Imlek ini cocok banget dimakan ketika kumpul bareng keluarga. Kecil-kecil cabe rawit! Kuaci merupakan simbol kesuburan atau lekas mendapatkan keturunan.

Jeruk Mandarin

Buah yang selalu disajikan ketika Imlek ini adalah lambang dari kemakmuran dan rejeki yang selalu mengalir. Uniknya, jeruk mandarin ini akan disajikan lengkap dengan daunnya sebagai simbol kehidupan dan juga kesejahteraan.

Manisan dan permen

Manisan ini biasanya akan ditaruh dalam wadah berbentuk segi delapan yang disebut sebagai tray of togetherness. Satu wadah ini biasanya berisi banyak macam manisan yang melambangkan makna khusus, seperti melon yang melambangkan perkembangan dan kesehatan serta kelapa kering yang melambangkan persahabatan dan kesatuan.

Kue Lapis Legit

Siapa sih yang gak tau kue satu ini? Di keluarga Tionghoa Indonesia, kue lapis legit ini menjadi salah satu hidangan yang melambangkan rezeki berlimpah!

Itulah 12 makanan Imlek yang harus kamu coba! Gak Cuma enak, ternyata semua makanan tersebut punya makna filosofis ya. Tentunya setiap makanan ini menjadi harapan yang dipanjatkan oleh seluruh anggota keluarga pada perayaan Tahun Baru Imlek.

Selain menghabiskan waktu bersama keluarga, kamu juga bisa banget loh dateng ke event Imlek yang didukung oleh iSeller, yaitu di Baywalk Mall dan Sleman City Hall. Dengan beragam tenant yang hadir, kamu bisa mencoba banyak makanan Imlek di sini. Follow Instagram iSeller ya untuk tau selengkapnya tentang event ini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading