10 Fungsi Kasir yang Perlu Diketahui untuk Bisnis Anda

fungsi kasir
fungsi kasir

Dalam sebuah bisnis, peran dari kasir sangatlah penting. Mereka adalah salah satu bagian yang akan aktif berkomunikasi langsung dengan para pelanggan. Sehingga, akan sangat penting untuk memiliki orang yang benar-benar didedikasikan untuk posisi ini. Berikut ini adalah beberapa fungsi kasir yang perlu diketahui. Yuk mari kita perhatikan apa saja tugas mereka.

Apa Itu Kasir?

Kasir adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk memproses pembayaran yang dilakukan oleh konsumen dan memasukkan uang ke dalam mesin kasir. Pembayaran ini dapat dilakukan dengan uang tunai atau non tunai.

Tugas kasir satu ini mungkin terdengar ringan. Tetapi, jika ditelusuri lebih jauh, kasir memiliki peran penting pada sebuah perusahaan, khususnya dari segi pelayanan dan brand image. Jika kasir tidak dapat melakukan pelayanan dengan baik, maka hal ini dapat berdampak pada buruknya citra perusahaan di mata pelanggan.

Apa Fungsi Kasir Dalam Bisnis?

Kasir biasanya akan memiliki tingkat kecekatan tinggi serta kepribadian dan kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, ketelitian pun menjadi skill utama mereka. Bahkan mereka juga dituntut untuk bisa familiar dengan mesin kasir, terminal kartu kredit, pemindai, atau berbagai teknologi lainnya yang diperlukan.

Selain itu, di beberapa bisnis, ada mekanisme audit untuk memastikan integritas transaksi yang diproses. Dari sini saja kita sudah tahu bahwa akan dibutuhkan kemampuan dan keterampilan khusus untuk mengemban tugas ini. Berikut ini adalah beberapa tugas dari seorang kasir.

1. Melaksanakan Proses Transaksi Penjualan

Kasir bertanggung jawab dalam proses transaksi penjualan. Seorang kasir akan memasukkan kode barang yang dibeli oleh pelanggan ke dalam sistem dilanjutkan dengan kegiatan menghitung biaya total belanjaan yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

Kasir juga wajib memberikan uang kembalian jika pelanggan tidak membayar dengan uang pas. Kasir juga harus terampil dan bisa memastikan jika uang yang diterima merupakan uang asli.

Baca Juga: Pahami Jenis-jenis Bukti Transaksi Berikut Ini

2. Pengecekan Barang Belanjaan dari Pelanggan

Setelah transaksi selesai dilaksanakan maka barang-barang akan dibawa pulang oleh pelanggan. Setiap barang yang dibeli harus dimasukkan ke dalam kantong atau tas belanjaan.

Kasir juga perlu cermat dalam melakukan hal ini, seperti harus memisahkan kantong plastik berisi deterjen dengan makanan, dan lain-lain. Selain itu, kasir juga perlu berhati-hati dengan barang-barang yang mudah pecah seperti piring, gelas, hingga telur.

3. Memastikan Barang Sebelum Diberikan Ke Pelanggan

Kasir diwajibkan melakukan pengecekan yang teliti mengenai berbagai macam hal. Mulai dari jumlah barang yang dibeli hingga harga produk. Uang kembalian pun harus diperhatikan baik-baik. Kemudian kasir juga tak boleh lupa melakukan input data daripenjualan yang sudah dilakukan.

4. Memberikan Informasi

Tugas kasir yang paling penting memang terletak pada proses transaksi penjualan, namun product knowledge juga merupakan hal yang harus dikuasai. Kasir menjadi salah satu bagian atau divisi dari bisnis yang berada di lini depan untuk melayani pelanggan. Sehingga sangat mungkin beberapa pelanggan akan bertanya mengenai suatu produk kepada kasir. Pertanyaan paling umum adalah mengenai stok barang, jenis, varian, hingga tanggal kadaluwarsa suatu produk. 

Hal ini semakin menjadi penting ketika bisnis sedang mengadakan program promo dan diskon. Kasir wajib tahu detail promo produk apa saja yang sedang berlangsung. Dalam penyampaiannya pun kasir harus menggunakan bahasa yang menarik tapi tetap ramah dan sopan sehingga pelanggan pun merasa nyaman. Ini juga bisa menjadi penentu apakah mereka akan kembali dan menjadi pelanggan loyal dari bisnis kamu.

Baca Juga: Teknik Jitu Untuk Menarik dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

5. Menginput Data Penjualan

Setiap transaksi haruslah bisa dimasukkan ke dalam sistem yang nantinya akan menjadi data penting bagi bisnis. Hal ini harus diinput setiap transaksi yang terjadi di meja kasir, oleh karena itu ketelitian sangatlah penting untuk bisa menghindari kesalahan yang akan bisa berakibat fatal.

Data penjualan ini nantinya dapat dijadikan bahan untuk menganalisa barang-barang apa saja yang laku dan apa yang tidak. Nantinya, analisa tersebut kemudian dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait produk.

Baca Juga: Mengenal Sistem Laporan Penjualan dan Manfaatnya

6. Membuat Laporan Rutin

Laporan omzet yang diberikan secara rutin juga menjadi salah satu tanggung jawab dari seorang kasir. Data ini akan sangat berguna bagi bisnis sehingga pengerjaannya harus teliti dan benar. Laporan ini diberikan kepada atasan tujuan agar petugas kasir tidak mengalami kerugian atau kesalahan dalam mengemban tugasnya ketika mengurus berbagai transaksi dengan para pelanggan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Omset Bisnis dengan Tepat?

7. Menjaga Kebersihan Area Kerja

Mungkin hal ini dianggap tidak terlalu berhubungan, namun ini menjadi salah satu tugas penting, terutama dalam pelayanan kepada para pelanggan. Area kasir yang kotor akan bisa membuat para pelanggan merasa tidak nyaman. Ini juga bisa menyebabkan mereka untuk berpikir jika bisnismu tidak peduli dengan para pelanggan. Ujung-ujungnya image dari bisnis akan bisa rusak membuat orang-orang tidak ingin berhubungan lagi dengan bisnis kamu. Oleh karena itu, menjaga kebersihan ini adalah salah satu tugas atau fungsi penting dari seorang kasir.

8. Mengecek Stok Barang

Tidak jarang juga kasir memiliki tanggung jawab untuk memeriksa dan melakukan stok barang. Hal ini juga berkaitan dengan tugas kasir untuk mencatat seluruh proses transaksi penjualan.

Baca Juga: Alasan Penting Memiliki Laporan Stok Barang

9. Menghitung Pendapatan Harian

Tugas kasir yang sangat penting adalah menghitung pendapatan harian. Dalam hal ini, seorang kasir harus sangat teliti dan berhati-hati karena kesalahan dalam perhitungan pendapatan harian dapat menjadi indikasi bahwa ada kesalahan dalam pencatatan data transaksi penjualan.

10. Memastikan Mesin Kasir Berfungsi Dengan Baik

Baik sebelum dan sesudah melaksanakan tugasnya, seorang kasir memiliki tanggung jawab untuk memastikan apakah mesin kasir yang Ia gunakan berfungsi dengan baik atau tidak. Hal ini untuk memastikan bahwa tugas dia untuk melayani pembayaran oleh pelanggan dapat terlaksana dengan baik.

Itulah dia berbagai fungsi kasir yang sangat berguna dalam sebuah bisnis. Mereka menjadi lini terdepan dalam menjaga hubungan dengan para pelanggan, sehingga servis yang cepat dan efektif akan bisa menjadi nilai tambah.

Untuk mendukung hal ini, akan dibutuhkan peralatan yang bisa mendukung dengan baik. Salah satunya yang cukup populer saat ini adalah aplikasi kasir modern yang bisa mempermudah dan meningkatkan kinerja kasir. Melalui aplikasi ini mereka akan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik agar para pelanggan bisa merasakan layanan terbaik.

Hal ini tentu akan bisa membantu dalam menjaga hubungan yang bisa menghasilkan pelanggan loyal. Membantu bisnis untuk bisa berkembang lebih baik.Jika kamu bingung dimana untuk mencari aplikasi yang mumpuni, maka ini dia solusinya. Dapatkan aplikasi kasir terbaik hanya dari iSeller. Segera daftar dan coba secara gratis selama 14 hari di sini sekarang juga.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: