Beberapa Fungsi Desain Produk yang Sangat Berpengaruh

fungsi desain produk
fungsi desain produk

Dalam menjual sebuah produk, kamu harus mementingkan aspek lain selain manfaat dan fungsi produk. Karena tampilan luar produk pun ternyata memiliki pengaruh besar dalam keputusan pelanggan untuk membeli produk. Untuk dapat memahami desain produk dengan lebih baik, kamu bisa memulai dengan memahami fungsi desain produk.

Selain itu, desain produk pada jenis layanan atau barang produksi akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa fungsi desain produk yang sangat berpengaruh pada penjualan bisnismu di pasaran.

Fungsi Desain Produk

Desain produk sendiri adalah suatu aktivitas merancang suatu produk untuk selanjutnya diproduksi dan menjadi benda yang bernilai dan bermanfaat. Perancangan yang dilakukanpun melibatkan gagasan yang harus terwujud serta memiliki nilai manfaat dan nilai tambah yang cukup tinggi.

Dalam menciptakan sebuah desain untuk produk atau jasa harus melalui proses yang cukup panjang. Oleh karena itu, hasil dari desain untuk barang atau layanan yang diproduksi merupakan sebuah hal yang penting dan akan menentukan keberhasilan atau pun kegagalan dalam bisnis kamu.

Adapun fungsi dari desain pada produk atau layanan yaitu sebagai identitas dari produk itu sendiri.

1. Nilai Guna

Desain produk yang akan diproduksi tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti kegunaan dari produk tersebut, sebuah desain produk tentu harus diciptakan agar aman dan memudahkan pengguna ketika memakai produk tersebut.

2. Memberikan Kepuasan kepada Konsumen

Konsumen cenderung akan melirik sebuah produk berdasarkan desain yang ditampilkan. Penampilan desain yang unik, menarik, sederhana, serta aman membuat konsumen berkesimpulan jika produk yang ada di dalamnya pasti bermutu dan juga memiliki kualitas yang baik.

Baca Juga: 5 Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Berbelanja

3. Menciptakan Nilai Lebih

Produk yang memiliki desain menarik juga akan menciptakan nilai yang lebih tinggi dibandingkan produk dengan manfaat dan fungsi yang sama. Itulah mengapa desain produk harus dipertimbangkan dalam pengembangan produk yang baik karena fungsi desain produk yang sangat berpengaruh.

4. Sebagai Pembeda

Dengan persaingan pasar yang semakin ketat, kamu harus mempertimbangkan apakah produk yang kamu keluarkan memiliki karakterisik yang berbeda dan unik dibandingkan produk sejenis. Sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mengingat produkmu.

Baca Juga: Biar Menarik, Simak Tips Desain Kemasan Produk Makanan Ini

5. Lebih Inovatif

Dalam membuat desain produk, tentu tidak bisa sembarangan, karena sebuah desain harus menggambarkan nilai yang akan dikomunikasikan pada konsumen. Untuk bersaing dengan produk sejenis, perusahaan dituntut untuk menjadi lebih inovatif.

5. Faktor Kesuksesan Produk

Terciptanya inovasi pada sebuah desain barang atau jasa akan membawa manfaat yang besar dalam sebuah bisnis. Dengan adanya faktor penentuan sebuah kesuksesan produk akan meningkatkan kinerja, efisiensi, serta mengurangi biaya dan resiko untuk bisnis yang sedang dijalankan.

6. Menjadi Identitas Dari Produk

Desain pada sebuah produk akan menjadi identitas atau brand dari produk tersebut. Karena itu, desain harus kreatif dan menggambarkan produk tersebut dengan unik dan mudah untuk diingat oleh khalayak banyak.

Baca Juga: Cara Branding Produk di Masa Sekarang

7. Peningkatan dalam Pengembangan Bisnis

Konsumen cenderung menilai suatu barang yang akan mereka beli secara visual. Oleh karena itu, jika sebuah produk atau jasa terlihat memiliki nilai estetika yang tinggi, hal ini tentu akan berpengaruh pada proses penjualan sebuah layanan atau produk yang telah diproduksi. Dengan begitu, penjualan produk pun secara tidak langsung akan meningkat dan memengaruhi bisnis yang sedang dikembangkan.

Itulah beberapa fungsi desain produk yang sangat berpengaruh kepada bisnismu. Dengan adanya desain, tentu akan berpengaruh pada nilai sebuah hasil produksi. Karena itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan proses pengembangan desain sendiri.Namun, harus diingat, karena tidak hanya desain produk yang harus kamu pikirkan dalam pengembangan bisnismu. Kamu juga harus memastikan sistem bisnismu yang mampu menunjang operasional bisnis hingga bisnismu lebih efisien dan mudah untuk dijalankan. Jika kamu ingin bisnismu jadi lebih efisien, kamu bisa mencoba sistem omnichannel iSeller yang telah terintegrasi dengan POS. Kamu juga bisa memantau bisnismu kapan saja dan di mana saja Bersama iSeller. Berbisnis jadi lebih mudah dan nyaman dengan iSeller. Coba iSeller sekarang, yuk!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: