Does KOL Marketing Effective? Ini Data & 3 Tips Memilihnya! - iSeller Blog

Does KOL Marketing Effective? Ini Data & 3 Tips Memilihnya!

kol marketing

Jika berbicara soal KOL marketing, tentu pebisnis era sekarang ini sudah tidak merasa asing. Penggunaannya dalam berbagai konteks industri semakin marak, dan membuat key opinion leader menjadi salah satu profesi yang cukup menghasilkan.

Tapi jika ditinjau dari sisi efektivitas KOL marketing sendiri, apakah budget yang digelontorkan oleh bisnis ini memberikan efek yang diharapkan? Atau justru hasil dari strategi ini justru harus dievaluasi dan dipikirkan ulang untuk kembali digunakan?

Baca juga: Segmentasi Pasar: Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

Pentingnya KOL Marketing untuk Bisnis

kol marketing

Strategi pemasaran selalu memiliki keuntungan dan tantangan yang ditawarkannya, demikian juga strategi KOL marketing ini. Key opinion leader idealnya memiliki bidang keahlian yang jelas, sehingga dianggap bernilai lebih di mata pengikutnya.

Pendapat yang dikeluarkan menjadi relevan dengan pertimbangan kapabilitas di bidang tertentu, jadi efek yang ditimbulkan juga akan lebih baik.

Beberapa alasan kenapa KOL marketing menjadi penting untuk bisnis, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Jelas dengan pemasaran menggunakan sosok yang sudah dikenal di bidang tempat produk kamu bergerak, awareness orang-orang akan lekas naik. Terlebih ketika produk yang kamu buat ini cocok dengan selera KOL yang kamu ajak bekerjasama, maka pendapat yang diberikan benar-benar asli dan meyakinkan.

2. Memasarkan Produk pada Bidang yang Tepat

Seperti yang disinggung tadi, key opinion leader selalu punya bidang keahlian yang jelas dan opininya dipertimbangkan banyak orang. Ketika produk yang kamu punya dipasarkan oleh KOL ini, maka produk akan langsung terjun ke pasar yang spesifik, yang menjadi pengikut dari KOL tersebut.

3. Jangkauan Luas

Setiap KOL memiliki pasarnya masing-masing, dan semakin banyak kamu menggunakan KOL dalam strategi pemasaran yang dibuat, maka semakin luas pula jangkauan pasarnya. Memang mungkin saja terjadi irisan antara pengikut satu sosok dengan sosok lain, tapi reach yang bisa diharapkan jelas akan semakin besar.

4. Kredibilitas Produk

Karena dibawa oleh sosok yang dianggap penting, maka produk yang kamu pasarkan jelas akan naik kredibilitasnya. Meski pengikut dari key opinion leader tersebut tahu bahwa konten yang dibuat adalah bersponsor, tapi setidaknya produk ini dipasarkan oleh orang yang mereka percaya pendapatnya.

5. Jadi Faktor Pembeda

Menggunakan KOL yang tepat akan membantu produk lebih terlihat di pasar. Dengan bantuan opini dari sosok tersebut, produk akan lebih mudah dikenali dan dibedakan dari produk kompetitornya, sehingga pelanggan lebih mudah membeli produk yang kamu buat.

Efektivitas KOL Marketing

kol marketing

Mengukur seberapa besar efektivitas KOL marketing untuk bisnis jelas penting, supaya strategi pemasaran dan dana yang kamu keluarkan untuk mengeksekusinya mendapatkan perhitungan yang cermat.

Perhitungan sendiri bisa didasarkan pada peningkatan penjualan produk setelah KOL membuat konten dalam periode waktu tertentu, kemudian tingkat awareness publik pada produk pasca konten yang dibuat, dan banyak hal lain.

Jika mengacu pada perkembangan industri KOL di tahun 2022 sendiri, sebenarnya tren positif masih bisa dilihat. Mengacu pada data yang disampaikan di salah satu artikel lansiran skena.co.id, berikut statistik KOL yang ada di tahun tersebut.

  • Industri KOL marketing tumbuh menjadi sekitar US$16,4 miliar di tahun 2022
  • Platform yang berfokus pada KOL marketing mengumpulkan lebih dari US$800 juta dalam pendanaan di tahun 2021
  • Jumlah pengguna jasa pemasaran ini tumbuh sebesar 26% dari tahun 2021 lalu
  • Terjadi tren penurunan penipuan influencer Instagram
  • Lebih dari 75% brand mengalokasikan anggaran untuk KOL marketing di tahun 2022
  • 68% marketers berencana meningkatkan budget untuk strategi ini di tahun 2022

Jika melihat data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemasaran ini cukup efektif dan masih sangat diminati bukan?

Tips agar KOL Marketing Berjalan Efektif

kol marketing

Untuk turut serta dalam optimasi metode pemasaran ini, kamu wajib paham benar cara memilih KOL yang tepat untuk produk dan bisnis. Jangan sampai pemilihan dilakukan asal-asalan, dan tidak memberikan hasil sesuai harapan yang kamu punya.

1. Kenali Pelanggan

Cara pertama yang harus digunakan dan menjadi pegangan adalah kamu harus tahu profil pelanggan yang dimiliki oleh produk. Hal ini akan menentukan KOL seperti apa yang harus digunakan, dan paling tepat untuk mencapai pelanggan tersebut.

2. Followers, Engagement, dan Statistik Lain

Statistik milik key opinion leader juga wajib jadi perhitungan, sebab pada dasarnya statistik ini akan dapat dilihat dan menjadi bahan analisa pemilihan KOL. Misalnya, memilih sosok dengan follower dan engagement lebih tinggi akan membutuhkan biaya yang lebih besar, karena reach yang diberikan juga lebih masif.

3. Relevansi Brand dengan KOL

Penting untuk mengetahui apa bidang yang diminati oleh KOL, dan dimana mereka dianggap ahli. Dengan begini, kamui bisa menentukan KOL yang relevan dengan produk, sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih generik dan jujur.

Baca juga: 7 Tips Membangun Brand Image Supaya Bisnis Semakin Dikenal 

Secara mendasar sebenarnya menggunakan KOL marketing merupakan strategi yang efektif, selama kamu mengeksekusinya dengan cermat. Semua data harus dikumpulkan, dan analisis mendalam harus dilakukan sebelum memilih dan mengeksekusi strategi ini.

Untuk mendukung analisis yang kamu lakukan terkait produk dan respon pasar, kamu bisa memanfaatkan fitur Reports & Analytics dari iSeller, penyedia POS System handal untuk setiap jenis bisnis. Selain mendukung dengan data penjualan produk, iSeller juga bisa mendukung kelancaran penjualan dengan sistem POS yang solid, praktis, dan mudah digunakan. Optimalkan KOL marketing dengan kombinasi sistem iSeller yang solid, dan maksimalkan keuntungan bisnismu sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading