Cara Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai Agar Bisnis Sukses

Cara Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai

Punya bisnis gak melulu tentang jualan produk dan kelola bisnisnya lho, Sobat Sellers! Bisnis juga meliputi karyawan yang terlibat dalam bisnismu. Apalagi ketika kamu punya bisnis yang besar dengan cabang di mana-mana, mengelola karyawan jadi salah satu hal penting dalam bisnismu.

Apalagi, banyak pemilik usaha yang merasa rugi karena pegawai mereka sering datang terlambat dan ketahuan membolos. Untuk menghindari kecurangan seperti ini, ada baiknya kamu mencari cara untuk meningkatkan kedisiplinan pegawaimu. Dalam artikel ini, akan kita bahas 5 cara meningkatkan kedisiplinan pegawai, baca sampai habis ya!

Baca juga: Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Lewat Internet!

Cara Meningkatkan Kedisiplinan Pegawai

Buat Jadwal dan Aturan Jelas yang Harus Dipatuhi

Buatlah jadwal dan aturan sejelas mungkin, sehingga pegawai kamu bisa mematuhi peraturan yang ada. Dengan adanya jadwal dan aturan yang jelas, pegawai kamu akan merasa terikat dan harus menjalankan peraturan yang ada.

Namun, harus juga ada yang kamu ingat bahwa aturan ini haruslah kamu buat dengan wajar. Kamu boleh tegas, tapi harus tetap manusiawi. Jangan memaksakan kehendak hanya untuk mengejar kedisiplinan pegawaimu, karena ketika pegawaimu tidak nyaman, maka besar kemungkinan untuk mereka meninggalkanmu secara perlahan.

Jadilah Pemimpin yang Bisa Dicontoh

Sebelum menerapkan sebuah aturan disiplin kepada pegawai, kamu harus bisa menempatkan diri sebagai seorang pemimpin yang tegas dan bisa dicontoh. Kamu harus memiliki gaya kepemimpinan dan melakukan pendekatan yang cocok dengan para pekerjamu

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Kondusif

Tahukah kamu kalau lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif sangat mempengaruhi tingkat produktifitas dan hubungan antar pegawai. Dalam bekerja, pasti pegawaimu pernah merasakan bosan dan tidak semangat. Tapi, dengan adanya lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif, bisa membantu pegawai kamu untuk lebih disiplin. Hal ini bisa saja terjadi karena teman-teman kerjanya juga disiplin dan supportif. Untuk itu, kamu harus menciptakan hubungan antar pegawai yang mendorong mereka untuk saling mendukung satu sama lain.

Terapkan Sistem Reward dan Punishment yang Seimbang

Telah disebutkan di atas jika salah satu cara agar pegawaimu disiplin adalah membuat jadwal dan aturan yang harus dipatuhi. Tapi, terkadang adanya jadwal dan aturan ini tidak serta merta membuat pegawaimu disiplin. Oleh karena itu, kamu harus juga menerapkan sistem reward dan punishment yang seimbang.

Kamu bisa berikan reward pada pegawai yang selalu mematuhi jadwal dan aturan, dengan begitu para pegawai kamu  akan berlomba-lomba untuk mematuhi jadwal dan aturan yang telah kamu buat. Sebaliknya, jika pegawaimu lalai, kamu bisa menerapkan hukuman kepada mereka. Jangan lupa juga untuk memastikan kalau sistem ini berlaku sama rata ya!

Awasi Kinerja Karyawan Dengan Efisien

Untuk memastikan kedisiplinan karyawanmu, jangan lupa untuk melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala. Kamu bisa mulai dengan pendataan laporan absensi mereka setiap harinya.

Kadang merekam absensi ini juga bisa jadi kerjaan tambahan loh, Sobat! Karena absensi secara manual bisa aja mengalami kecurangan. Untuk memudahkan kamu mendata pegawai secara detail dan cepat, kamu bisa memanfaatkan fitur User Attendance dari iSeller. Dengan fitur ini, kamu bisa merekam absensi pegawaimu di berbagai outlet bisnis melalui POS ketika mereka check-in.

Laporan absensi pegawai serta total waktu dan foto bukti absensi mereka bekerja juga akan tersedia secara otomatis dan bisa kamu lihat melalui dashboard web-admin iSeller. Dengan begini, data absensi pegawai dan kedisiplinan mereka bisa terpantau secara lebih mudah dan efisien. Coba pakai iSeller gratis di sini!

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: