9 Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita
Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

Di tengah pasar yang semakin ramai, kompetisi semakin tidak terhindarkan. Bisnismu mungkin akan bersaing dengan puluhan hingga ratusan bisnis yang menjual atau menawarkan produk atau jasa yang serupa. Bagaimana cara agar tampil berbeda? Bagaimana cara menarik pelanggan agar membeli produk kita?

Dalam berbisnis, kamu dituntut kreatif dan selalu inovatif, apalagi untuk bisa menarik pelanggan. Calon pelanggan yang ragu akan sebuah produk merupakan hal lumrah yang akan kamu temui ketika kamu menjalankan bisnis, apalagi jika bisnismu cenderung mengutamakan transaksi jual-beli secara online. Namun, bukan berarti produk milikmu tidak menarik, mungkin saja kamu salah menerapkan strategi atau cara promosi yang kurang tepat.

Harus diingat, jika peminat bisnismu semakin banyak, berarti kamu kamu butuh strategi khusus dan cara menarik agar pelangganmu mau membeli produkmu.

Bagaimana Cara Menarik pelanggan Agar Membeli Produk Kita?

Oleh karena itu, kamu harus menciptakan produk yang menarik agar calon pelangganmu mau membeli produk yang kamu tawarkan. Lakukan 6 cara ini untuk menarik pelanggan agar membeli produkmu!

1. Kemasan Produk yang Unik dan Menarik

Kesan pertama merupakan hal yang penting untuk menarik perhatian pelangganmu. Karena itu, kamu membutuhkan kemasan yang unik dan eye-catching, sehingga ketika pelangganmu melirik produkmu, mereka langsung penasaran dan ingin mengetahui lebih tentang produk yang kamu jual

Baca Juga: Biar Menarik, Simak Tips Desain Kemasan Produk Makanan Ini

2. Kualitas Produk yang Baik

Hal yang tidak kalah penting dan dijadikan pertimbangan utama oleh calon pelanggan adalah kualitas produk yang baik. Dengan kualitas produk yang baik, tentu saja pelanggan akan memilih produkmu.

Kualitas produk tidak hanya berfokus pada produk itu sendiri melainkan juga elemen-elemen lain di sekitarnya, misalnya pelayanan. Cara kamu melayani pelanggan, misanya dengan menyediakan layanan pelanggan 24 jam atau pengiriman tepat waktu, dapat menjadi faktor pembeda antara kualitas produk kamu dan produk kompetitor. Jika kamu dapat memberikan layanan terbaik, maka bukan tidak mungkin konsumen akan juga melihat produk kamu memiliki kualitas yang baik.

Jadi kamu harus memastikan produk yang kamu jual memiliki kualitas untuk memuaskan pelangganmu, terlebih jika bisnismu adalah bisnis kuliner, kualitas menjadi hal paling penting yang harus kamu perhatikan.

3. Jelaskan Keunggulan Produk Anda

Di tengah pasar yang ramai, bisnismu tidak akan bertahan tanpa branding yang baik: tunjukkan kelebihan produkmu dan alasan mengapa calon pelanggan harus membeli produkmu!

Akan lebih baik jika kamu bisa memberikan testimoni dari pelanggan sebelumnya yang menunjukkan keberhasilan dari produk kamu.

4. Temukan Target Pasar yang Tepat

Untuk memudahkan penjualan produk pada calon pelanggan, produk yang kamu tawarkan harus kamu tunjukan pada target pasar yang tepat dan benar-benar membutuhkan produkmu.

Kamu harus memastikan terlebih dahulu secara jelas siapa saja target pasar bisnismu, sehingga kamu bisa mempertegas siapa saja konsumen yang memiliki potensi tinggi untuk menjadi pelangganmu. Dengan melakukan hal ini, kamu menghemat waktu dan tidak perlu melakukan promosi kepada orang yang tidak butuh produkmu.

Baca Juga: Macam-Macam Strategi Pemasaran yang Dapat Dilakukan

5. Berikan Diskon dan Promo Untuk Pelanggan

Tips lain untuk menarik pelanggan agar membeli produk kamu adalah memberikan diskon kepada para pelangganmu. Diskon ini bisa berupa potongan harga untuk jumlah pembelian tertentu, atau memberikan gratis produk untuk pembelian jumlah besar. Dengan cara seperti ini, pelangganmu akan lebih tertarik untuk membeli produkmu.

6. Konsisten Dalam Mempromosikan Produk

Wajib hukumnya bagi pebisnis untuk konsisten dalam melakukan promosi produk. Dengan konsisten melakukan promosi, kamu bisa membuat konsumenmu makin yakin terhadap produk yang kamu tawarkan, promosi juga bisa membantu kamu memperkenalkan produkmu pada calon pelanggan lain yang baru saja melihat bisnismu.

Sebisa mungkin, gunakan berbagai media atau channel promosi untuk menyasar lebih banyak calon pelanggan. Manfaatkan konsep digital marketing yang dapat membantumu untuk mempromosikan dan menjual lebih banyak produk secara efektif melalui media sosial atau internet secara keseluruhan.

Meskipun harus konsisten, bukan berarti kamu terlalu sering mempromosikan bisnismu, karena hal itu juga bisa mengganggu pelangganmu. Kamu bisa mempromosikan bisnismu dalam bentuk meluncurkan produk baru ketika ada momen yang sesuai, karena jika kamu tidak mempromosikan produkmu, para pelanggan bisa saja berpikir jika bisnismu sudah tidak berjalan lagi.

Baca Juga: Macam-macam Promosi Penjualan yang Bisa Kamu Terapkan

7. Berikan Contoh Produk atau Giveaway Produk

Selain cara di atas, cara lain yang bisa kamu terapkan adalah memberikan contoh produk dalam ukuran mini atau mengadakan giveaway produk secara cuma-cuma. Ketika kamu menawarkan produkmu, kamu bisa memberikan contoh produk dalam ukuran mini untuk pelangganmu.

Kamu bisa menanyakan pendapat langsung tentang contoh produk yang kamu berikan pada pelangganmu. Ketika mereka merasa cocok dengan produk yang kamu tawarkan, mereka bisa saja langsung membeli produk dengan ukuran besar. Dengan memberikan contoh produk ini, pelanggan juga akan merasa senang dan dihargai. Hal ini bisa saja membuat mereka menjadi pelanggan setia produkmu.

Giveaway produk juga jadi salah satu cara untuk menarik calon pelanggan baru di media sosial. Kamu bisa membiarkan pelangganmu mencoba produkmu tanpa harus membayar, tapi dengan beberapa syarat seperti memperkenalkan media sosial brand-mu kepada teman-temannya atau menjawab beberapa pertanyaan yang kamu berikan.

8. Berikan Informasi Yang Tepat dan Jelas

Di tengah maraknya bisnis online, informasi tentang sebuah produk bisa menjadi pembeda apakah calon konsumen ingin membeli produk kamu atau tidak. Kurangnya informasi terkait sebuah produk, misalkan ukuran pakaian atau ketiadaan foto produk, dapat membuat calon konsumen kamu ragu untuk membeli dan segera beralih pada kompetitor yang menyediakan informasi yang lengkap tentang produk mereka.

Baca Juga: Tips Foto Produk Toko Online yang Menarik

Tetapi, terlalu banyak informasi juga akan membuat calon konsumen kamu terlalu pusing. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan informasi yang memang dibutuhkan oleh orang-orang untuk membuat mereka tertarik membeli produk yang kamu jual.

9. Pilih Strategi Pemasaran Yang Tepat

Dengan semakin berkembangnya teknologi, bisnis kamu kini memiliki banyak opsi terkait strategi pemasaran. Lalu, strategi mana yang tepat untukmu?

Jawabannya akan tergantung pada target pasar dan biaya yang siap kamu keluarkan. Jika kamu berencana untuk menargetkan anak-anak muda, maka strategi pemasaran influencer dan sosial media dapat menjadi pilihan yang tepat. Tetapi, kamu juga harus menentukan influencer siapa dan sosial media mana yang akan kamu gunakan.

Untuk dapat memilih strategi pemasaran yang tepat, kamu harus tahu betul karakteristik dan sikap dari calon konsumenmu. Pelajari di mana mereka menghabiskan waktu mereka, baik offline atau online, keluh kesan mereka, dan gaya bahasa yang familiar bagi mereka agar kamu dapat membuat materi pemasaran yang tepat sasaran.

Itulah 9 cara menarik pelanggan untuk membeli produk yang bisa kamu terapkan pada bisnismu. Kamu juga bisa fokus pada beberapa hal baru  seperti campaign dan branding yang lebih sesuai dengan bisnismu sehingga calon pelangganmu juga akan semakin yakin dengan produk yang kamu tawarkan.

Lalu, kamu juga perlu meningkatkan efisiensi bisnismu sehingga kamu bisa fokus pada hal yang lebih penting, seperti fokus pada kepuasan pelanggan atau produkmu. Kamu bisa mencoba iSeller yang bisa membantu meningkatkan efisiensi bisnismu karena semua channel penjualan, bisa kamu pantau melalui satu platform saja, sehingga semua proses penjualan dan transaksi bisa lebih cepat.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba jualan online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di segala penjuru negeri. iSeller punya website toko online gratis yang bisa kamu coba selama 14 hari. Rasakan kemudahan dalam berjualan, bersama iSeller. Klik di sini sekarang untuk mencoba!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: