Bingung Cari Modal Usaha? Ini 8 Inspirasinya! - iSeller Blog

Bingung Cari Modal Usaha? Ini 8 Inspirasinya!

modal usaha

Jika kamu sampai di artikel ini, maka kamu sudah selangkah lebih dekat untuk memulai bisnis yang kamu inginkan. Modal menjadi salah satu faktor fundamental yang dibutuhkan sebuah bisnis untuk dimulai, beroperasi, dan bertahan dari waktu ke waktu.

Lalu pertanyaan besar yang akan dijawab adalah: bagaimana cara menyiapkan modal usaha yang kamu perlukan sebagai pebisnis pemula?

Nah satu per satu akan diulas dalam artikel singkat kali ini, agar bisa membantu kamu mendapatkan inspirasi tentang cara mendapatkan modal yang kamu perlukan sekarang. Simak masing-masing poin ini, dan coba analisis mana yang paling tepat untuk situasi dan kondisimu sekarang.

Baca juga: Memulai Bisnis UMKM, Coba 6 Tips Dapatkan Modal Usaha!

1. Menggunakan Uang Tabungan

modal usaha

Jika kamu memiliki sejumlah uang tabungan yang bisa digunakan, maka uang tabungan ini bisa jadi sumber modal yang  baik. Selain kamu bisa terhindar dari hutang dengan pihak lain, tanggung jawab yang kamu punya benar-benar hanya pada diri sendiri.

Meski demikian risikonya untuk kestabilan finansial yang kamu punya jelas akan tinggi karena secara langsung kamu menggunakan dana yang kamu kumpulkan. Maka dari itu, pastikan kamu berhitung dengan baik, dan pertimbangkan semua risikonya.

2. Menjual atau Menggadaikan Aset Pribadi

Dua opsi menarik ini juga tersaji untuk kamu yang ingin mendapatkan modal usaha. Jika semua sudah diperhitungkan dengan cermat, opsi menjual aset pribadi atau menggadaikannya akan menjadi cukup masuk akal.

Lagi-lagi, karena sumber daya yang digunakan adalah milikmu sendiri, maka pertanggungjawaban yang dimiliki juga akan fokus di satu pihak saja. Pikirkan dengan matang, rencanakan dengan baik, baru kemudian ambil opsi terbaik dari yang ada.

3. Dana dari Investor

modal usaha

Investor tidak selalu berarti lembaga keuangan atau pihak yang memiliki kapital besar, tapi bisa juga berasal dari orang-orang terdekat. Dana dari investor akan menjadi modal yang diperlukan perusahaan untuk mulai beroperasi, dan menjalankan bisnisnya.

Tapi catatan yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan dana dari orang terdekat adalah patikan terdapat perjanjian tertulis berisi kesepakatan antara kamu dan pemberi dana ini. Cantumkan semua detail layaknya penanaman dana investasi bisnis profesional, agar semua fair dan memiliki kekuatan hukum yang sah.

4. Konsep Bisnis Joint Venture

Opsi lain yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mengajak rekan bisnis membangun joint venture. Bisnis dengan konsep ini kamu bisa membagi jumlah modal yang diperlukan, sehingga bisnis menjadi milik bersama.

Buat kesepakatan jelas terkait kerjasama ini, agar di kemudian hari tidak muncul permasalahan yang membuat pertemanan atau silaturahmi menjadi rusak. Selama semua disepakati dan jelas tercantum dalam surat perjanjian, maka idealnya tidak ada yang perlu ditakutkan.

5. Mengajukan Pinjaman Bank

modal usaha

Sebenarnya sekarang ini pengusaha pemula bisa mengajukan pinjaman ke bank sebagai modal usaha yang diperlukannya. Jelas, akan ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi agar pinjaman ini bisa dikeluarkan.

Kamu juga akan memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana pinjaman ini dalam periode waktu tertentu. Alih-alih jadi sebuah beban, kamu bisa melihatnya sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukkan setiap periode pembayaran, jadi usaha yang dijalankan akan lebih bersemangat.

6. Masih Ingat Sistem Pre-Order?

Sistem ini pada dasarnya adalah menjalankan usaha dengan meminta modal dari pelanggan yang kamu punya. Kamu bisa menawarkan produk dengan waktu produksi tertentu, dan dengan minimal pembayaran awal sekian persen.

Pembayaran awal ini yang akan dijadikan modal untuk produksi bisnis yang dijalankan. Secara langsung, bisnis akan bergerak ketika ada modal masuk dari pelanggan yang memutuskan untuk turut dalam penawaran pre-order ini.

7. Coba Ikuti Lomba

modal usaha

Kompetisi konsep bisnis cukup banyak diadakan berbagai lembaga sebagai salah satu bentuk CSR-nya. Kamu bisa turut dalam lomba dan kompetisi ini untuk memperoleh uang pembinaan atau hadiah dari kompetisi yang diadakan.

Kelebihan dari cara mendapatkan modal bisnis ini adalah di atas kertas kamu akan memiliki konsep yang matang, dan paham benar kompetisi yang mungkin akan dihadapi di masa yang akan datang. Belajar dengan kesempatan memperoleh modal usaha, kenapa tidak?

8. Menggunakan Model Crowdfunding

Bukankah crowdfunding hanya digunakan untuk menggalang bantuan untuk musibah tertentu atau kejadian tertentu saja?

Jawabannya adalah tidak.

Jika kamu masih ingat proyek pembuatan dan pengembangan bisnis pesawat R80 dari B.J. Habibie, hal tersebut bisa terwujud berkat optimasi model crowdfunding untuk memodali produksinya.

Jika kamu yakin kamu memiliki pasar yang kuat dan nilai unik untuk disampaikan pada publik, kamu bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan modal.

Baca juga: Uncomfortable Truth Everyone Should Know: Kesuksesan adalah 1% Keberuntungan dan 99% Kerja Keras!

Berbagai cara memperoleh modal usaha di atas bisa kamu coba dan praktekkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang kamu hadapi. Ingat, semua cara selalu memiliki konsekuensi yang harus dihadapi. Maka dari itu, perhitungkan dengan cermat semua risiko dan potensinya, lalu pilih dengan bijak agar tidak ada penyesalan di kemudian hari!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading