Bagaimana Pengaruh Media Sosial Terhadap Hubungan Bisnis dengan Pelanggan? - iSeller Blog

Bagaimana Pengaruh Media Sosial Terhadap Hubungan Bisnis dengan Pelanggan?

bagaimana pengaruh media sosial terhadap hubungan bisnis dengan pelanggan

Di era serba teknologi seperti saat ini, tren pemasaran yang paling banyak adalah dengan social media marketing. Social media marketing ini memang menjadi salah satu metode pemasaran yang paling populer saat ini. Kira-kira, bagaimana pengaruh media sosial terhadap hubungan bisnis dengan pelanggan?

Sebagaimana yang diketahui bersama, saat ini pengguna media sosial sangatlah banyak sehingga para pebisnis mentargetkan media sosial untuk menemukan konsumen yang tepat dan membangun citra bisnis mereka. Kamu juga harus menaruh perhatian lebih pada social media marketing untuk kemajuan bisnis, lho!

Pentingnya Social Media Marketing untuk Bisnis Kamu

bagaimana pengaruh media sosial terhadap hubungan bisnis dengan pelanggan
Sumber: Freepik

Media sosial dikenal sebagai media yang ramah budget dan sangat membantu perkembangan bisnis kamu. Di bawah ini adalah penjelasan tentang pentingnya media sosial untuk bisnis yang tengah kamu jalankan:

1. Sebagai Dasar Untuk Riset Pasar

Dalam setiap bisnis, target pasar adalah satu hal penting yang harus diperhatikan karena ini akan menentukan kesuksesan penjualan produk. Di zaman yang semakin modern, telah muncul berbagai tools yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa target pasar dengan memantau aktivitas mereka di media sosial. Melalui data-data yang didapatkan, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui aktivitas pasar, hingga mengukur seberapa berhasil strategi pemasaran yang kamu terapkan pada bisnis.

2. Sebagai Platform Promosi yang Efektif

Memanfaatkan platform media sosial sebagai media promosi mampu menekan pengeluaran bisnis kamu, lho. Berbeda dengan media offline seperti media penyiaran atau media cetak yang membutuhkan biaya sangat besar untuk melakukan promosi. Selain ramah biaya, kamu juga bisa meningkatkan jumlah follower, yang artinya brand awareness bisnis kamu juga pasti meningkat.

3. Untuk Meningkatkan Customer Engagement

Sebagian orang mungkin masih bertanya, bagaimana pengaruh media sosial terhadap hubungan bisnis dengan pelanggan? Media sosial adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan customer engagement terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Website perusahaan atau akun di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya akan sangat berguna dalam membangun hubungan dengan pelanggan.

Desain dan konten yang ditampilkan harus bisa merepresentasikan brand kamu, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang tertarik dengan konten kamu akan terus mengunjungi situs kamu dan mempromosikannya pada orang lain.

4. Membantu Pertumbuhan Bisnis secara Lebih Cepat

Media sosial memiliki banyak sekali manfaat untuk mengarahkan bisnis ke pertumbuhan yang lebih cepat. Dengan menggunakannya untuk mempelajari lebih banyak tentang pelanggan, mendekati audiens, dan melebarkan jangkauan brand, maka kamu akan mencapai konversi bisnis yang besar.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Iklan di Instagram? Coba Lihat di Sini!

Bagaimana Pengaruh Media Sosial Terhadap Hubungan Bisnis dengan Pelanggan?

bagaimana pengaruh media sosial terhadap hubungan bisnis dengan pelanggan
Sumber: Freepik

Bisnis kamu akan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas melalui media sosial yang mereka akses dan gunakan sehari-hari. Salah satu agensi digital marketing di Amerika menyebutkan bahwa sebanyak 78% usaha kecil menarik pelanggan baru melalui media sosial. Sementara berdasarkan data dari eMarketer, sebanyak 33% konsumen menggunakan media sosial untuk melakukan pencarian produk maupun jasa baru. Lebih dari itu, konsistensi meng-update konten yang kamu lakukan di media sosial nyatanya bisa meningkatkan brand awareness terhadap bisnis yang kamu jalankan. Sangat menarik, bukan?

Penggunaan media sosial juga memungkinkan akses informasi menjadi lebih fleksibel. Melalui media sosial, kamu bisa mengakses informasi apa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kamu membutuhkannya. Selain itu, kamu juga bisa memantau aktivitas pelanggan, mengamati kompetitor dan mengakses informasi mengenai cara-cara pengembangan usaha sebagai strategi berikutnya.

Bagaimana pengaruh media sosial terhadap hubungan bisnis dengan pelanggan yang berikutnya adalah memperluas networking. Dalam sektor bisnis, networking menjadi satu unsur penting yang akan menunjang kesuksesan bisnis kamu. Nah, media sosial memberikan peluang untuk membuka jaringan bisnis seluas-luasnya secara global, di mana hal ini akan memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi pada bisnis kamu. Jadi, sangat penting bagi kamu untuk mengelola media sosial bisnis seoptimal mungkin, ya!

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P, Klasik, Efektif, dan Adaptif!

Itulah pemaparan terkait bagaimana pengaruh media sosial terhadap hubungan bisnis dengan pelanggan yang perlu kamu ketahui. Dengan memaksimalkan pemanfaatan media sosial, kamu bisa menarik para pelanggan untuk melakukan transaksi.

Pastikan Pelanggan Bisa Bertransaksi dengan Mudah

Kalau kamu telah berhasil mendorong audiens untuk melakukan transaksi, maka selanjutnya kamu harus mengupayakan kemudahan transaksi yang akan mereka lakukan. Kamu perlu memikirkan sistem transaksi yang bisa langsung dilakukan melalui website atau layanan online lainnya supaya calon pembeli bisa langsung membayar pesanannya saat itu juga.

Kamu bisa menggunakan produk yang ditawarkan oleh iSeller untuk menunjang kelancaran pembayaran dalam bisnis, dan memanfaatkan banyak fitur lain yang tersedia. Para pelanggan bisa menggunakan metode pembayaran apapun sehingga tidak ada hambatan untuk urusan ini. Yuk, segera gunakan iSeller di setiap bisnis yang kamu punya, dan optimalkan strategi pemasaran yang sudah kamu susun!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading