Manfaatkan Omni Channel Marketing untuk Bisnis Anda

apa itu omni channel
apa itu omni channel

Jika kamu sedang bertanya-tanya apa itu omni channel, melalui artikel ini akan dijelaskan bagaimana caranya kamu bisa memanfaatkan omnichannel marketing untuk bisnis kamu. Omnichannel marketing sendiri adalah strategi marketing yang menggabungkan saluran penjualan yang ada di berbagai platform berbeda ke dalam satu interface, sehingga memberikan pengalaman tanpa batas bagi para pelanggan.

Dalam bisnis, strategi omnichannel ini mampu memudahkan pelanggan dalam mencari informasi terkait barang yang dijual. Strategi omnichannel juga memudahkan interaksi antara penjual dan pelanggan, karena dengan adanya omnichannel marketing, pelanggan bisa melakukan transaksi kapan saja dan mencari tahu tentang produk yang mereka butuhkan dari mana saja, entah itu laptop, smartphone, atau toko fisik.

Strategi omni channel marketing sendiri terdiri dari empat hal, seperti:

  1. Personalisasi, melibatkan konsumen dalam bisnismu merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Karena mereka akan merasakan kedekatan dengan brand milikmu. Kamu bisa menjangkau mereka melalui pesan khusus atau tawaran eksklusif  pada waktu tertentu.
  2. Platform Marketing, strategi ini bekerja dengan cara meningkatkan kehadiran di platform yang banyak dimiliki oleh target pasar kamu. Kamu harus bisa mengidentifikasi dan meningkatkan presensimu agar kehadiranmu dapat terlihat oleh calon pelanggan, entah itu secara online maupun offline.
  3. Konsistensi, pastikan bisnismu selalu konsisten untuk hadir, berkomunikasi, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pada pelangganmu.
  4. Optimasi, strategi marketing ini mengharuskan sebuah bisnis mengoptimalkan proses pemesanan, pembayaran, serta pengiriman dari waktu ke waktu untuk memastikan jika pelanggan terus puas akan layanan yang diberikan.

Manfaat Omni Channel Marketing

Setelah mengerti tentang definisi serta strategi omni channel marketing, selanjutnya akan dibahas manfaat omni channel untuk bisnis. Bisnis omni channel sendiri banyak digunakan karena memberikan banyak sekali keuntungan. Berikut ini beberapa manfaat omni channel marketing untuk bisnis

1. Manajemen Penjualan Terpusat

Omni channel berfungsi untuk menghubungkan berbagai saluran penjualan dalam bisnis, baik itu online maupun offline, ke dalam satu saluran yang terpusat. Dengan sistem omni channel, kamu akan lebih dimudahkan dalam memeriksa stok barang, total penjualan, dan melakukan analisis terhadap bisnismu.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Inventory Bagi Bisnis Kamu

Dengan sistem manajemen penjualan yang terpusat dalam satu saluran kamu tidak perlu lagi melakukan pengecekan produk dan barang secara manual dari masing-masing channel penjualan. Proses yang dilakukan secara manual ini tentu akan memakan waktu lama. Sistem omni channel dengan manajemen penjualan terpusat dapat membantu kamu menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi bisnismu.

2. Laporan Penjualan Terperinci

Salah satu bentuk efisiensi bisnis yang bisa kamu tingkatkan ketika menggunakan strategi marketing ini adalah pembuatan laporan penjualan terperinci. Dengan mengandalkan omnichannel marketing, kamu bisa mendapatkan laporan penjualan terperinci yang dibuat berdasarkan data dari berbagai channel penjualan secara real-time.

3. Strategi Bisnis yang Lebih Spesifik

Adanya laporan penjualan yang terperinci bisa membantu kamu menemukan strategi bisnis yang lebib spesifik. Strategi ini bisa didapat dari data laporan penjualan, karena melalui data tersebut, kamu bisa menemukan karakteristik calon pelanggan dan tingkah lakunya selama bertransaksi seperti demografi, preferensi, kebiasaan, dan perilaku calon pelanggan ketika berbelanja di toko online kamu. Dengan adanya omnichannel, kamu tidak perlu lagi melakukan pengecekan satu persatu untuk menemukan karakteristik pelanggan kamu.

4. Pengalaman Memuaskan Bagi Pelanggan

Ketika kamu menerapkan sistem omnichannel pada bisnismu, tentunya kamu juga memerikan pengalaman memuaskan  bagi pelanggan. Karena mereka tidak lagi kesulitan untuk berpindah dari satu channel penjualan ke satu channel penjualan lainnya. Omni channel yang dikembangkan untuk membantu memberikan channel penjualan yang berdasar pada pengalaman konsumen ini juga memungkinkan pebisnis mengintegrasikan toko offline dan toko online mereka ke dalam satu saluran, sehingga memantau transaksi pada kedua saluran penjualan tersebut jadi lebih mudah.

5. Meningkatkan Brand Recall

Strategi marketing omnichannel menkankan konsistensi pada setiap platform penjualan yang kamu miliki. Sehingga kamu bisa memastikan pelangganmu akan melihat brand-mu dengan cara yang sama di seluruh platform penjualan. Dengan konsistensi ini, kamu bisa memperkuat brand recall pelangganmu. Ketika pelangganmu lebih mudah mengingat brandmu, maka besar kemungkinannya kamu akan menjadi solusi pilihan mereka ketika mereka mencari produk yang kamu tawarkan atau jual.

Baca Juga: Cara Branding Produk di Masa Sekarang

Itu dia yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin memanfaatkan omni channel marketing untuk bisnis. Karena berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem omni channel ini sangat bermanfaat bagi bisnis. Kamu juga bisa membuat strategi yang lebih akurat sekaligus meningkatkan traffic dan penjualan pada bisnismu.

Jika kamu ingin mengadaptasi strategi omnichannel pada bisnismu, kamu bisa menggunakan sistem yang dapat membantumu menunjang pengelolaan produk dari berbagai saluran penjualanmu, salah satunya dengan menggunakan sistem omni channel dari iSeller.

Dengan iSeller, kamu bisa meningkatkan efisiensi bisnismu lebih baik seperti memantau stok melalui smartphone, laporan penjualan terperinci di masing-masing channel atau secara keseluruhan, upload produk di 1 saluran untuk semua channel penjualan, manajemen terpusat yang saling terintegrasi, grafik penjualan akurat, integrasi dengan aplikasi pemesanan makanan, website toko online, dan berbagai e-commerce.

iSeller punya website gratis untuk mendukung bisnismu lebih baik lagi, lho! Pakai iSeller sekarang, gratis untuk 14 hari! Tertarik menggunakan iSeller? Klik di sini.

multi-channel

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: