Apa itu ‘January Blues’ dan Gimana sih Dampaknya ke Bisnis Kamu? - iSeller Blog

Apa itu ‘January Blues’ dan Gimana sih Dampaknya ke Bisnis Kamu?

Tau gak sih kalau ternyata bulan Januari seringkali dikaitkan dengan rasa sedih? Kok bisa? Ternyata fenomena ini punya sebutan, lho! Yaitu, January Blues.

January blues yang bisa juga disebut Holiday Blues ini keadaan nyata yang bisa berujung pada depresi. Kondisi yang tidak bersahabat ini pun jadi salah satu alasan mengapa penjualan pada bulan Januari biasanya menurun. Dengan kondisi seperti ini, apa sih yang harus kamu lakukan sebagai pebisnis? Kita akan bahas gimana cara kamu bisa menghindari January blues dengan tips marketing berikut!

Penjualan Menurun

Pengeluaran yang cukup banyak di akhir tahun jadi salah satu penyebab banyak orang menolak untuk berbelanja di bulan Januari. Kondisi ini yang membuat penjualan dalam bisnis menurun.

Aktivitas di Store yang Menurun

Dengan cuaca hujan dan lembap di bulan Januari, kebiasaan berbelanja masyarakat pun berubah, karena semakin banyak orang yang malas untuk melakukan aktivitas di luar. Berkurangnya aktivitas orang-orang ini juga akan berdampak pada jumlah pengunjung ke store kamu.

Cara Untuk Menghindari January Blues

Tingkatkan Online Presence

Menurunnya aktivitas di store offline tentu berdampak pada penurunan transaksi yang terjadi. Dengan memiliki online store, pelanggan kamu bisa berbelanja kapan saja dan di mana saja tanpa terhambat cuaca buruk.

Buat promosi marketing dan penjualan yang sejalan

Marketing seringkali disalah artikan sebagai metode penjualan. Meskipun sama-sama berjualan, metode sales dan marketing adalah area yang berbeda. Meskipun begitu, promosi marketing dan metode sales harus berjalan seiringan.

Berikan Pengalaman Berbelanja yang Mudah

Pelanggan menyukai proses belanja yang tidak rumit. Dengan memberikan pengalaman berbelanja yang mudah, kamu akan membuat pelanggan kamu lebih betah berbelanja. Berikan pengalaman terbaik dengan menyediakan platform bisnis yang saling terintegrasi. Adanya platform yang saling terhubung ini membantu pelanggan lebih mudah dalam berbelanja, karena laporan stok antar toko bisa langsung update secara otomatis!

Kamu bisa mencoba sistem kasir digital iSeller yang terpusat! Dengan sistem kasir iSeller, kamu bisa menerima pesanan, kelola produk dan menerima laporan penjualan secara detail dari bisnis online, offline dan dari berbagai marketplace di satu dashboard iSeller aja. Coba gratis di sini

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading