Mengenal Apa Itu Bisnis Retail dan Keuntungannya

apa itu bisnis retail
apa itu bisnis retail

Pasti kamu sering mendengar tentang bisnis retail atau ritel, apalagi di era ini di mana perkembangan ekonomi berjalan semakin cepat. Bahkan mungkin, kamu memiliki keinginan untuk membuka bisnis retail-mu sendiri. Jika iya, kamu harus mengenal apa itu bisnis retail dan keuntungannya.

Apa Itu Bisnis Retail

Sebagai salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, bisnis retail atau yang dikenal sebagai bisnis ritel merupakan sistem pemasaran yang melibatkan penjualan barang atau menawarkan jasa secara langsung kepada konsumen. Konsep retail sebenarnya telah ada sejak zaman dulu dan jadi semakin popular saat ini.

Fungsi Bisnis Retail

Karena kepopulerannya, semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis ini. Sebelum membuka usaha retail-mu sendiri, kamu harus mengetahui beberapa fungsi bisnis retail dalam siklus distribusi pemasaran, antara lain:

1. Ujung Tombak Distribusi

Bisnis ritel berfungsi menjadi ujung tombak distribusi, mereka menjadi perantara distribusi paling akhir dalam bisnis penjualan. Dengan adanya bisnis ritel yang menjadi perantara, produsen dan pebisnis tidak perlu lagi sibuk mempromosikan barang mereka dan mencari pelanggan langsung. Mereka bisa lebih fokus dalam memproduksi barang.

2. Barang Dengan Jenis dan Harga yang Beragam

Biasanya, para pebisnis retail akan membeli stok barang yang beragam dan dari produsen yang berbeda-beda, sehingga harga yang ditawarkan pun lebih beragam. Dengan begini, para pebisnis retail menciptakan variasi pasar yang berbanding lurus dengan meningkatnya kepuasan konsumen.

Baca Juga: Mengenal Pengertian, Manfaat, dan Faktor Kepuasan Pelanggan

3. Kemudahan Untuk Mendapatkan Barang dan Jasa

Dengan adanya bisnis retail yang menjual barang kepada pelanggan secara langsung, hal ini akan membuat konsumen lebih mudah dalam mendapatkan barang dan jasa yang mereka inginkam tanpa harus mencari barang yang mereka butuhkan pada produsen utama.

4. Keuntungan bagi Pebisnis Grosir dan Produsen

Pebisnis retail biasanya membeli stok barang dengan jumlah yang cukup banyak dari para produsen. Karena itu, bisnis ini tidak hanya menguntungkan para konsumennya, tapi juga para pebisnis grosir dan produsen karena memberikan mereka kemudahan untuk menemukan pembeli produk yang mereka tawarkan.

Manfaat Bisnis Retail

Manfaat yang dihasilkan oleh bisnis ritel cukup banyak, apalagi karena bisnis ini sangat menguntungkan, sehingga masih banyak orang yang sangat tertarik untuk menggeluti pasar ini. Simak artikel ini untuk tau manfaat bisnis retail lebih lanjut.

1. Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Produk retail sampai kapanpun akan selalu dibutuhkan banyak orang. Karena itu, bisnis ini merupakan lahan emas bagi kamu untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Contoh bisnis retail yang paling banyak dicari seperti Alfamart, Indomaret, toko klontong, dan lain-lain.

Cukup dengan memahami apa yang dibutuhkan pasar dan mencari cara untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui penyediaan barang-barang yang dibutuhkan.

2. Sebagai Pemasok Barang

Manfaat utama bisnis retail tentu saja memberi pasokan barang kepada konsumen. Terutama, barang yang tergolong Fast Moving atau yang berumur tidak lebih dari 1 bulan. Sehingga pergerakan barang tersebut kepada konsumen harus cepat. Dengan begitu, konsumen akan terus kembali ke toko kamu untuk membeli kebutuhan mereka yang cepat habis. Bisnis retail ini biasanya berada di dekat perumahan konsumen, sehingga pengunjung tokonya nanti pasti akan sangat banyak.

3. Memperluas Pengetahuan Bisnis

Dengan berada di dunia bisnis ritel, kamu akan dituntut untuk jauh lebih mandiri. Kamu harus bisa mengatur keuangan untuk gaji karyawan, hingga biaya untuk bisnismu lainnya. Kamu secara tidak langsung bisa memperluas pengetahuanmu tentang bisnis ritel dan tak menutup kemungkinan dengan banyaknya pengetahuan yang kamu miliki, kamu bisa mengembangkan bisnismu lebih jauh, bahkan mengekspansi bisnismu di bidang lain, sehingga kamu bisa menjadi pengusaha sukses.

Prospek Bisnis Retail

Sampai sekarang, bisnis ritel masih memiliki pasar yang sangat menjanjikan untuk digeluti, terlebih di era seperti ini, banyak muncul retail modern dengan berbagai konsep baru, sehingga semakin menarik minat konsumen untuk membeli produk bisnis ritel mereka.

Kamu harus memastikan kamu memiliki modal yang cukup untuk membangun retail dan memilih tempat yang strategis untuk menjual produkmu. Pastikan juga kamu sudah menentukan produk atau jasa apa yang akan kamu jual dan siapa saja target pasarmu.

Setelah itu, kamu bisa menyiapkan strategi promosi bisnismu seperti website, media sosial, atau media digital lain untuk membantu mendongkrak penjualan bisnismu. Kamu juga harus memastikan kamu memiliki sistem bisnis yang dapat menunjang operasional bisnismu sehari-hari, Sehingga bisnismu bisa lebih efisien dan dapat dikelola dengan baik.

Baca Juga: Top Tren Bisnis Retail Di 2021

Kamu bisa mencoba POS serta website iSeller yang saling terintegrasi. Dengan iSeller, kamu bisa berjualan online, offline, dan di berbagai marketplace dengan mudah karena iSeller memiliki sistem manajemen yang terpusat, kamu bisa kelola dan pantau setiap channel penjualan kamu melalui satu dashboard, yaitu iSeller saja!

Apalagi untuk bisnis retail dengan produk yang cukup banyak, kamu bisa memantau produkmu cukup lewat smartphone. iSeller juga punya fitur yang akan memberikan notifikasi setiap ada transaksi di bisnismu secara real-time dan juga ketika produkmu menipis. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan produk tiba-tiba, Coba iSeller gratis sekarang, yuk! 

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: