5 Hal yang Harus Dihindari Pebisnis

Laki Laki Formal Yang Takjub Melihat Layar Laptop

Di zaman dengan teknologi yang sangat maju ini, memulai bisnis terasa lebih mudah untuk dilakukan. Cukup memanfaatkan smartphone dan koneksi internet misalnya, siapapun bisa menggunakan platform marketplace yang disediakan banyak e-Commerce untuk menjual produk atau jasa mereka secara online.

Meskipun terlihat mudah, banyak juga orang yang memulai bisnis online dan mengalami kegagalan. Sebagian besar terjadi karena kesalahan  yang mereka lakukan seperti tidak mengontrol pengeluaran dan menutup telinga akan kekurangan produknya. Untuk itu, kamu harus menghindari kesalahan ini saat memulai bisnis.

Tidak Mengontrol Pengeluaran

Foto stok gratis banyak uang, bertukar, biaya

Dalam bisnis penting sekali untuk mengatur keuangan. Secara tidak langsung, mengatur keuangan ketika berbisnis akan menghindarkan bisnis kamu dari kerugian. Dengan mengontrol pengeluaran keuanganmu, kamu dapat menjaga agar arus kas bisnismu tidak menjadi minus. Kamu juga dapat memaksimalkan keuntungan dan keuangan bisnismu.

Baca juga: Bisnis Stuck dan Tidak Ada Peningkatan? Lakukan Cara ini!

Mengabaikan Kekurangan Produk

Wanita Dengan Atasan Tali Spaghetti Hitam Memegang Kertas Merah Muda

Kesuksesan bisnis kamu tidak berhenti sampai pelanggan membeli produk atau memakai jasa yang kamu tawarkan, tapi bagaimana kamu juga berusaha mempertahankan pelanggan tersebut untuk datang kembali dan menjadi pelanggan setiamu. Oleh karena itu, kamu harus menerima kritik yang pelangganmu berikan agar kamu bisa terus berinovasi, menyempurnakan produkmu dan memberikan kepuasan bagi pelangganmu.

Mudah Putus Asa

Wanita Bersandar Di Meja

Menjadi pebisnis yang sukses memang menjadi impian setiap orang, namun untuk memulai berbisnistidak semudah membalikkan telapak tangan, kegagalan demi kegagalan pasti akan menghampiri kamu. Karena itu, banyak pemula dalam bisnis yang jatuh bangun. Terkadang sudah jatuh, mereka juga mudah menyerah karena modal habis, dan keuntungan belum tercapai. Tapi, di situlah letak ujian dalam bisnismu. Kamu diharuskan untuk jangan menyerah, karena itu permulaan yang wajar. Sebaliknya, kamu harus terus datang dengan inovasi baru untuk bisnismu.

Baca juga: Tips dan Trik Memulai Bisnis Retail

Merasa Sudah Memiliki Cukup Ilmu Seputar Bisnis

Foto stok gratis alat, Amerika Afrika, anak tangga

Banyak hal yang harus kita pelajari sebelum membangun sebuah usaha, mulai dari memahami proses produksi sampai strategi terbaik untuk memasarkan produk. Ketika kamu merintis bisnismu, jangan pernah berhenti untuk belajar dan mencari tau cara mempertahankan dan mengembangkan usahamu. Dengan terus belajar, kamu bisa mempertimbangkan strategi terbaik yang akan kamu terapkan dalam bisnismu. Tidak hanya itu, kamu juga akan lebih siap dalam menghadapi masalah yang tiba-tiba terjadi. Belajar ini bisa dari mana saja, mengikuti workshop, membaca buku, bahkan dengan memperluas koneksi dan mendapatkan ilmu dari sesama pebisnis!

Hanya Berfokus Pada Toko Fisik

Foto stok gratis acara, bahagia, bersahabat

Adanya toko fisik memang sangat membantu bagi pelanggan kamu yang menyukai berbelanja cepat dan langsung memiliki produk yang diinginkan. Namun, di era digital dengan kemudahan akses internet dan juga pengguna smartphone yang semakin meningkat, kehadiran website dan online presence sangat dibutuhkan. Tidak ada salahnya untuk menggabungkan kedua tokomu, offline dan online, sehingga penjualanmu semakin maksimal. Pelanggan bisa melihat kualitas produkmu secara langsung di toko offline, tetapi juga memiliki pilihan untuk berbelanja secara mudah di website-mu. Hal ini juga akan membuka peluang pada pasar yang lebih luas lagi.

Dengan adanya 5 tips di atas, kamu bisa menerapkan setiap tips tersebut untuk menjadi evaluasi pada bisnismu. Sehingga kamu bisa menjamin keberlangsungan dan kesuksesan bisnismu. Untuk membaca artikel seputar tips bisnis lainnya, klik di sini, yuk!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: