3 Strategi Facebook Messanger Marketing untuk Bisnis Kamu - iSeller Blog

3 Strategi Facebook Messanger Marketing untuk Bisnis Kamu

facebook messanger marketing

Facebook menjadi salah satu tempat bisnis online terbaik karena jumlah penggunanya yang sangat besar dan berskala internasional. Siapa saja bisa menjadi konsumen kamu di Facebook! Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan untuk digital marketing saat ini adalah Facebook Messanger. Ini adalah fitur pesan langsung Facebook yang sering dipakai untuk chatting dengan sesama pengguna Facebook lain.

Cara promosi produk lewat Facebook dengan iklan itu sudah biasa, jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk coba strategi Facebook Messanger Marketing yang lebih kekinian.

Sesuai namanya, Facebook Messanger Marketing adalah taktik promosi dengan memanfaatkan fitur Messenger. Sebagai penjual, kamu bisa bercakap-cakap langsung dengan konsumen via Messenger persis seperti sedang chatting biasa. Namun biasanya, pesan-pesan yang ingin disampaikan pada konsumen sudah ditargetkan dan disiapkan dengan cermat.

Sepintas, strategi Facebook Messanger Marketing ini mirip seperti taktik email marketing, ya? Kamu mengirimkan pesan ke setiap konsumen, satu per satu, dan menyesuaikan isi penawaran dengan minat atau kebutuhan masing-masing. Namun, trik Facebook Messanger Marketing ini jauh lebih unggul dibandingkan email karena menggunakan fitur live chat. Percakapan bisa lebih mudah mengalir, natural, interaktif, dan tentunya cepat tanggap. Tidak seperti email yang bisa memakan waktu berhari-hari untuk direspon oleh konsumen.

Pentingnya Facebook Messanger Marketing untuk Bisnis Kamu

facebook messanger marketing
Sumber: Freepik

Memangnya, kenapa sih kamu harus mencoba cara promosi produk lewat Facebook Messenger? Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari strategi ini adalah:

1. Meningkatkan Engagement dengan Pembeli

Interaksi dengan konsumen alias engagement adalah hal yang penting dalam bisnis online. Tanpanya, reputasi bisnis kamu tidak akan berkembang. Selain itu, engagement juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah pembeli dengan signifikan. Nah, Facebook Messanger Marketing bisa meningkatkan jumlah engagement secara maksimal.

2. Dilengkapi dengan Berbagai Tools yang Berguna

Fitur Facebook Messenger bukan hanya fitur chat biasa, melainkan mempunyai banyak sekali additional tools yang canggih. Fitur-fitur tersebut bisa digunakan untuk melancarkan promosi bisnis kamu, mulai dari greetings, chatbot, hingga customer cards

3. Adanya Saved Replies (Balasan yang Disimpan)

Kelebihan lainnya dari strategi marketing ini adalah adanya saved replies. Fitur ini berguna untuk menyimpan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang sering ditanyakan oleh konsumen. Jadi, kamu tidak perlu repot mengetik ulang jawaban yang sama berkali-kali. Cukup kirimkan saja jawaban di saved replies, sangat praktis!

Baca juga: Menjadi Pengusaha Sukses? Bukan Hal Mudah, Tapi Bisa dengan Hal Ini!

Strategi Facebook Messanger Marketing

facebook messanger marketing
Sumber: Freepik

Kalau kamu merasa bahwa Facebook Messanger Marketing adalah tools yang tepat untuk bisnis atau perusahaan, di bawah ini sudah disiapkan tips bagi pemula yang ingin mulai menggunakan tools ini. Yuk, cermati!

1. Otomatisasi Customer Service dengan Chatbot

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, ada variasi tools dari Messenger chatbot yang akan mempermudah jalannya bisnismu. Chatbot ini bisa menggantikan customer service dan secara otomatis akan mengurangi pengeluaran perusahaan. Salah satu tools yang paling berguna adalah Saved Replies yang akan menjawab pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan oleh para konsumen.

2. Gunakan Software Messenger

Facebook memiliki software marketing yang akan membantumu dalam membuat bots, mengirim pesan ke masing-masing konsumen, memberikan respons secara otomatis, dan masih banyak lagi.

3. Gunakan Plugin untuk Mengingatkan Pelanggan

Salah satu plugin yang berguna dalam Facebook Messenger Marketing adalah “Send to Messenger”. Dengan menggunakan plugin ini, maka kamu mendapatkan izin untuk mengirimkan pesan melalui opt-in dari situsmu. Opt-in sendiri adalah pendekatan yang dilakukan untuk mendapatkan izin pelanggan agar marketer bisa mengirimkan informasi seputar promosi dan penawaran menarik dari website.

Plugin ini akan sangat berguna saat ada pelanggan yang memiliki produk di shopping cart, namun mereka tidak kunjung melakukan pembayaran. Saat hal ini terjadi, maka pelanggan yang sudah memberikan izin dari opt-in akan mendapatkan pesan di chat Facebook Messenger

Baca juga: Digitalisasi Bisnis? Berikut Keuntungannya Untuk Bisnismu!

Strategi Facebook MessangerMarketing di atas wajib kamu pratikkan. Supaya lebih mudah dan praktis jualan secara offline dan online, kamu harus pakai iSeller. iSeller punya fitur-fitur yang lengkap dan canggih, mulai dari inventaris, marketing dan promosi hingga channel penjualan yang beragam. Semuanya bisa kamu akses dengan mudah dari handphone maupun web. Penasaran, kan? Coba sekarang, langsung saja klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading