Ingin Coba Terapkan Loyalty Program? Simak 5 Benefitnya! - iSeller Blog

Ingin Coba Terapkan Loyalty Program? Simak 5 Benefitnya!

Tidak cuma fokus di perluasan pasar, sebenarnya sebuah bisnis juga harus melihat potensi yang ada pada pelanggan loyal. Kamu yang memiliki bisnis, idealnya paham akan hal ini. Loyalty program kemudian jadi satu upaya yang dilakukan agar pelanggan makin setia, dan terus melakukan pembelian produk yang kamu punya.

Langkah ini sendiri bisa jadi opsi menarik untuk program jangka panjang bisnismu, sehingga dapat mempertahankan pelanggan loyal pada produk yang kamu punya. Untuk tahu lebih jauh soal loyalty program, kamu bisa cek detailnya di poin berikut.

Baca juga: Apa Itu Resesi dan Gimana Dampak Resesi ke Bisnis Kamu?

Pertama, Mengenai Apa Itu Loyalty Program

Setiap bisnis tentu memiliki berbagai upaya agar memperoleh pelanggan setia, sehingga bisnisnya bisa terus memiliki segmen pasar yang kuat dan penjualan yang baik sepanjang waktu. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan semacam insentif, hadiah, atau benefit tambahan pada pelanggan yang melakukan pembelian berulang.

Secara sederhana sebenarnya loyalty program dapat dipahami sebagai program penghargaan yang kamu berikan untuk pelanggan, agar pelanggan tidak berpindah ke produk pesaing. Dengan penghargaan yang diberikan dalam berbagai bentuk ini, diharapkan pelanggan terus setia pada produk dan brand yang kamu punya.

Untuk jangka panjang, program ini akan sangat ideal. Semakin setia pelanggan pada produk kamu, maka semakin banyak benefit yang ditawarkan.

Manfaatnya untuk Brand dan Bisnis

Karena tujuan utama yang ingin dicapai adalah untuk membangun relasi yang baik antara brand dan pelanggan, maka manfaatnya secara langsung akan tampak pada aspek tersebut.

1. Sarana Marketing untuk Mendongkrak Penjualan

Iming-iming benefit yang diberikan bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan penjualan. Dengan reward yang ditawarkan, kamu bisa memikat pelanggan untuk membeli produk, dan kembali melakukan pembelian di kemudian hari.

Jelas ini semua perlu perhitungan cermat dan pengamatan tren yang baik. Tapi saat kamu bisa membaca keduanya, loyalty program yang dijalankan akan membuahkan hasil memuaskan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

2. Keunikan dari Brand

Daya tarik dan keunikan sebuah brand di pasar sangat menentukan kekuatan kompetisi sebuah brand, terlebih pada pasar dengan pemain yang padat. Program ini, bisa menjadi salah satu pembeda brand kamu dari produk lain, sehingga lebih mudah diingat oleh pelanggan.

Namun ingat, unik juga harus berarti tetap berguna dan berfungsi alih-alih hanya memberikan gimmick belaka.

3. Mempertahankan Pelanggan Lama

Bagaimanapun juga, pelanggan lama adalah poin yang tidak boleh dilewatkan dalam program pemasaran yang kamu buat. Mereka menjadi orang-orang yang ‘berjasa’ dalam pengembangan bisnis, dan pencatatan penjualan.

Dengan program loyalitas ini, kamu bisa mempertahankan pelanggan lama dan membuat mereka tidak mudah beralih ke produk lain.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Karena program ini dilakukan dalam jangka panjang, maka hubungan baik antara brand atau produk dengan pelanggan bisa terus dijaga. Benefit yang ditawarkan oleh perusahaan kemudian diganjar dengan pembelian berulang dari pelanggan.

Win-win solution akan tercipta, dan kedua pihak akan saling diuntungkan. Bukankah ini skenario yang menarik?

5. Customer Advocacy

Konsep customer advocacy juga jadi salah satu manfaat dari program ini. Konsep ini sendiri menekankan pada potensi rekomendasi dari pelanggan ke orang di sekitarnya, karena pelanggan tersebut telah merasakan keuntungan dan memuaskan dari program yang kamu buat.

Pelanggan setia secara tidak langsung akan jadi ‘agen pemasaran’ yang efektif, sebab rekomendasi yang diberikan pada orang lain didasarkan pada pengalamnnya sebagai pengguna produk yang kamu tawarkan.

Simak Contoh dari Program Ini dalam Konteks Bisnis

Sebenarnya cukup banyak konsep loyalty program yang bisa menjadi opsi. Beberapa bisa kamu lihat di bawah ini, sebagai inspirasi dalam membuat program serupa.

  • Value loyalty, yakni upaya membuat sebuah hubungan emosional dengan pelanggan yang dimiliki. Hal ini bisa dilakukan dengan kontribusi untuk isu tertentu pada setiap pembelian yang dilakukan pelanggan, misalnya ke yayasan sosial, gerakan spesifik, dan sejenisnya. Perusahaan yang menggunakan cara ini misalnya adalah Sephora Beauty Insider.
  • Tiered loyalty, program ini diberikan dalam bentuk membership untuk pelanggan, dan benefit akan didasarkan pada tingkatan yang dimilikinya. Semakin sering pelanggan melakukan pembelian, tingkat yang dimiliki akan semakin tinggi, dan benefit yang diberikan akan semakin besar. Perusahaan yang menerapkan cara ini misalnya adalah Shopee dengan Shopee Points, dan GoPay Points dari GoTo Groups.
  • Referral program, program ini dijalankan dengan membuat pelanggan yang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan produkmu memperoleh benefit. Biasanya, eksekusinya dilaksanakan dengan referral code atau sejenisnya. Salah satu produk yang menggunakan cara ini adalah ByU dari Telkomsel.
  • Paid loyalty atau juga dikenal dengan subscribe, pada metode loyalty program ini, pelanggan akan ‘berlangganan’ layanan premium yang disediakan dengan benefit yang jelas. Misalnya pada Amazon Prime, benefitnya adalah gratis ongkos pengiriman tanpa batas dan akses ke layanan streaming yang disediakannya.
  • Point-based loyalty, yakni poin yang diberikan pada pelanggan bisnismu ketika mereka melakukan pembelian. Poin in bisa dikumpulkan, dan ditukarkan benefit yang sudah diinfokan sebelumnya. Cara ini banyak digunakan oleh perusahaan seperti Starbucks, MyTelkomsel, hingga Alfamart.

Baca juga: Metode Pembayaran COD Ternyata Gak Efektif! Bongkar di Sini! 

Sejatinya, loyalty program wajib kamu eksekusi dengan cermat dan akurat, agar keuntungan yang diberikan pada pelanggan menjadi daya tarik, sekaligus mendatangkan profit untuk bisnismu. Jelas, pencatatan adalah hal penting untuk urusan ini. Maka iSeller hadir untuk membantu urusan eksekusinya, dengan pencatatan penjualan yang akurat dan jelas, sehingga tidak ada pelanggan yang catatan loyalitasnya terlewat. Fitur lengkap dan penggunaan mudah jadi andalan dari iSeller, untuk mendampingi bisnismu menuju efisiensi tertinggi dalam operasionalnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading