Mari Belajar Mengenai Laporan Kas Kecil; Arti, Kegunaan, Tujuan, dan Metode Pencatatan

Untuk mengetahui keadaan bisnis kamu secara lebih rinci, semua laporan keuangan perlu dibuat dengan baik dan benar. Pasalnya keberadaan laporan-laporan tersebut memainkan peranan yang cukup signifikan dalam bisnis kamu. Ada laporan laba rugi, kas besar, neraca, arus kas, dan kas kecil. Pada kesempatan kali ini, kami tidak akan menjelaskan semua jenis laporan, melainkan hanya laporan kas kecil. Kita akan mempelajari semua hal yang berhubungan dengan kas kecil. Sudah siap? Kalau begitu langsung saja simak penjelasan di bawah ini. 

Baca juga: Coba Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik Untuk Bisnismu

Arti Laporan Kas Kecil

Kas kecil atau petty cash sendiri adalah dana pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil namun dana ini rutin dikeluarkan. Dana kecil mungkin tidak ada apa-apanya dengan semua pengeluaran besar lainnya, tetapi tetap harus dicatat dan dihitung agar catatan keuangan lengkap dan akurat. Pencatatan dari dana kecil yang keluar inilah yang disebut dengan laporan kas kecil. Dana kecil ini biasanya adalah dana yang keluar untuk membiayai operasional bisnis, termasuk aktivitas-aktivitas rutin kepentingan bisnis. Sebagai contoh, dana yang keluar untuk entertain klien atau rekan kerja dari pimpinan, konsumsi kepentingan rapat, dan lain-lain.

Kegunaan Kas Kecil

Pengelolaan dana kas kecil suatu perusahaan, biasanya diatur oleh kesekretariatan. Ini dilakukan agar setiap kali ingin mengeluarkan dana, sekretaris tidak perlu selalu meminta uang ke divisi keuangan. Kas kecil yang dibuat tentu memiliki kegunaan, apa saja kegunaannya? 

  1. Dana Darurat Perusahaan

Dalam menjalankan bisnis, pasti ada saja dana tidak terduga yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Apabila keadaan mendesak seperti ini datang, maka dana dari kas kecil bisa digunakan terlebih dahulu. Sebagai contoh mari kita andaikan bahwa divisi pemasaran atau marketing membutuhkan dana cepat untuk melakukan pembayaran yang harus segera dilakukan. Namun dana dari divisi keuangan tidak bisa langsung keluar karena ada beberapa proses persetujuan yang perlu dilakukan. Pada saat seperti inilah dana dari kas kecil digunakan. 

  1. Mencegah Terjadinya Alokasi Pembayaran

Seperti sudah disinggung pada poin pertama bahwa kas kecil berguna untuk pengeluaran dadakan yang nominalnya masih terbilang kecil. Ini merupakan kegunaan dari kas kecil, di mana tidak semua dana yang keluar memiliki nominal yang besar, melainkan ada juga pengeluaran dengan nominal yang kecil. Bukankah tidak mungkin melakukan pembayaran dengan nominal besar pada transaksi yang kecil? Oleh karena itu kas kecil berguna dalam keadaan seperti ini. 

  1. Membantu Akuntan

Semua pengeluaran dana dari kas kecil tentu saja akan dicatat dalam pembukuan kas kecil. Pencatatan arus kas dari kas kecil ini tidak terlalu sulit seperti pencatatan arus kas besar. Dengan begitu akuntan dimudahkan dalam pencatatan, juga analisis yang menjadi tugas mereka. 

Tujuan Dibuatnya Kas Kecil

Selain kegunaan yang baru saja dijelaskan, sebenarnya apa saja tujuan dari keberadaan atau dibuatnya kas kecil dalam suatu perusahaan? Terdapat empat tujuan dari kas kecil seperti berikut ini:

  1. Mengatasi permasalahan bisnis, khususnya dalam kantor mengenai perlengkapan atau perbekalan yang dialami oleh suatu divisi. 
  2. Menghindari pembayaran yang tidak efisien atau ekonomis mengenai pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan dibutuhkan pada saat yang mendadak. 
  3. Kas kecil mampu meringankan beban karyawan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan dan rekan-rekan bisnis pimpinan. 
  4. Mempercepat aktivitas pimpinan yang harus dijalankan, karena sudah ada dana darurat di kas kecil yang bisa langsung digunakan. 

Metode Pencatatan Kas Kecil 

Terdapat dua metode pencatatan laporan atau jurnal kas kecil, yaitu metode tetap dan berubah-ubah. Untuk penjelasannya masing-masing bisa kamu simak di bawah ini. 

  1. Metode Tetap

Metode ini adalah metode dengan pembukuan kas kecil yang jumlahnya selalu tetap. Sebagai contoh, setiap dana dari kas kecil keluar, hal ini tidak selalu langsung dicatat melainkan hanya sekedar mengumpulkan bukti transaksi yang dilakukan. Metode tetap memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bukti transaksi penggunaan dana kas kecil akan dikumpulkan oleh pengelola kas kecil.
  • Pengisian dana kas kecil dilakukan dengan menarik cek yang jumlahnya sama dengan jumlah dana yang keluar atau telah digunakan. Dengan begitu jumlah dana di kas kecil akan tetap sama. 
  1. Metode Berubah-ubah

Metode ini disebut berubah-ubah karena pengisian dan pengendalian kas kecilnya memang selalu berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Metode ini memberi tahu kita bahwa nominal yang ada di dalam kas kecil bukan ditetapkan berdasarkan standar tertentu, melainkan berdasarkan kebutuhan. Terdapat ciri-ciri yang bisa kita kenal dari metode ini, yaitu:

  • Pembentukan dan pengisian dana kas kecil dicatat dalam debit akun kas kecil. 
  • Bukti pengeluaran kas kecil dicatat dalam pembukuan kas kecil dengan mendebitkan semua akun yang terkait dengan penggunaan kredit akun kas kecil.
  • Jumlah dana yang ada di kas kecil bergantung pada perkembangan kegiatan semua divisi yang memakai dana kas kecil. Oleh karena itulah jumlah yang terdapat di dalamnya berfluktuasi.

Demikian penjelasan mengenai laporan kas kecil. Kini kamu jadi lebih mengerti mengapa kas kecil perlu dibuat dalam perusahaan. Dengan begitu semua aktivitas transaksi baik besar maupun kecil dapat dicatat dengan baik. Namun jika hal ini menambahkan beban kamu dalam mengatur laporan keuangan perusahaan, iSeller hadir untuk membantu! 

Baca juga: Pentingnya Buku Besar Untuk Bisnis Kamu

Dalam iSeller, terdapat fitur yang bisa membantu kamu melihat seluruh laporan bisnis dengan beberapa sentuhan jari ke layar gadget. Fitur filter outlet akan menyediakan semua laporan dari berbagai marketplace dan channel bisnismu  yang bisa diakses dengan sangat mudah dari web admin iSeller. Tidak hanya itu, semua fitur untuk menunjang bisnis yang efisien dan produktif juga disediakan oleh iSeller. 

Jadi tunggu apalagi? Segera gunakan iSeller untuk bisnis yang semakin maju dan berkembang! Semua informasi terkait fitur dan jasa yang disediakan oleh iSeller bisa kamu akses melalui website iSeller

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: