7 Manfaat Pemasaran Online yang Wajib kamu Ketahui

manfaat pemasaran online
manfaat pemasaran online

Manfaat pemasaran online memang sangat banyak, khususnya bagi bisnis online. Tidak dapat dimungkiri bahwa kemajuan teknologi dalam era digital pada saat ini membuat banyak bisnis online bermunculan. Dari yang memiliki website sendiri, hingga menggunakan e-commerce, marketplace, serta media sosial. 

Pemasaran adalah proses untuk mengiklankan produk kepada target konsumen sesuai dengan yang ingin dicapai. Tidak hanya berhenti di situ saja, proses pemasaran juga terhitung menyeluruh, bahkan hingga termasuk tindakan setelah pembelian dilakukan konsumen. 

Bagi bisnis, pemasaran atau marketing menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan. Tidak aneh ketika pemasaran dibilang wajib karena memang sudah dilakukan sejak dulu, sebelum bisnis online merajalela sekalipun. 

Jadi apa saja manfaat pemasaran online yang wajib kamu ketahui? Dapatkan jawabannya melalui informasi dari iSeller di bawah ini!

7 Manfaat Pemasaran Online Bagi Bisnis

Banyak bisnis yang sudah mulai menyadari bahwa pemasaran online sangat penting. Dengan kemajuan zaman, daya beli masyarakat semakin meningkat karena bisnis online juga lebih mudah dijangkau. Konsumen lebih senang belanja online karena jauh lebih cepat dengan opsi produk yang banyak juga.

Melihat hal ini, maka pemasaran online harus dimanfaatkan sejak dini oleh bisnis. Jika kamu memang sedang merintis bisnis, dapat beberapa manfaat pemasaran online sekarang juga.

1. Biaya yang Lebih Terjangkau

Pemasaran online memberikan manfaat dari segi biaya yang lebih terjangkau. Setiap bisnis pasti ingin memiliki cashflow pengeluaran sedikit mungkin, namun pemasukan sebanyak mungkin. Hal itu adalah sesuatu yang wajar. Itulah mengapa bisnis kamu membutuhkan pemasaran online.

Pemasaran online lebih murah dibandingkan pemasaran offline. Pemasaran online membuat produk kamu dapat muncul di website atau toko online sendiri hingga berbagai website lainnya. Keuntungan yang didapatkan menjadi lebih besar lagi karena ada berbagai platform dalam saat bersamaan. Sudah lebih murah, jangkauannya pun lebih luas pula.

2. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Benar sekali, seperti yang dijelaskan di atas, jangkauan pemasaran online memang lebih luas. Bahkan bisa dibilang tidak terbatas ruang dan waktu. 

Internet sudah menjadi suatu teknologi yang dapat digunakan dan diakses dengan mudah oleh masyarakat luas. Dengan jumlah akses sangat banyak setiap harinya, bahkan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, maka konsumen yang melihat pemasaran online bisnis kamu menjadi semakin banyak. 

Semuanya bisa mereka akses asalkan ada internet. Pemasaran online bisnis kamu menjadi lebih berdampak, dibandingkan hanya offline yang terbatas ruang dan waktu.

3. Lebih Mudah

Apa yang dimaksud lebih mudah? Kamu tidak perlu untuk membuat aktivitas pemasaran yang terlalu effort. Dengan teknologi yang ada, maka pembuatan pemasaran menjadi lebih cepat dan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan konten pemasaran, lalu langsung mengiklankannya saja di berbagai platform.

Jika ingin membuat katalog, kamu bisa membuat deskripsi singkat dari masing-masing produk dengan mudah. Semuanya menjadi lebih berkat pemanfaatan teknologi secara maksimal. Menarik, bukan?

Baca Juga: Tips Foto Produk Toko Online yang Menarik

4. Lebih Mudah Memilih Target Konsumen

Setiap bisnis pasti memiliki target konsumen masing-masing. Target konsumen ini ditentukan dari demografi hingga berbagai kriteria lainnya. Tentu saja diperlukan target konsumen agar aktivitas pemasaran kamu menjadi lebih jelas dan dalam jalur yang tepat.

Aktivitas pemasaran online menjadi lebih mudah karena penggunaan teknologi di dalamnya. Kamu bisa memasarkan produk ke orang-orang yang tepat sesuai target konsumen. Bahkan jika kamu ingin iklan produk atau jasa yang dimiliki hanya menargetkan suatu daerah tertentu juga dapat dilakukan. Kelebihan inilah yang membuat pemasaran online tidak boleh dilupakan.

5. Riset Pasar Lebih Mudah

Ketika aktivitas pemasaran online telah dilakukan, tentu kamu perlu melakukan riset dari data-data yang ada. Apakah aktivitas pemasaran ini sudah tepat atau belum. Jika sudah tepat, apa yang dapat dilakukan agar lebih meningkat. Sebaliknya, jika masih gagal, apa strategi selanjutnya agar bisa sesuai target. 

Riset pasar menjadi lebih mudah dengan pemasaran online karena data-data yang dimiliki dapat dilihat dengan terukur dan cepat.

6. Menjadi Lebih Fokus

Pemanfaatan teknologi dalam pemasaran online membuat kamu tidak perlu mengecek aktivitas ini secara terus menerus. Kamu bisa melakukan hal-hal lainnya untuk mengembangkan bisnis dibandingkan hanya memerhatikan aktivitas pemasaran online yang dilakukan. Contohnya seperti fokus melayani para konsumen yang melakukan pembelian.

7. Lebih Mudah Mengelola Produk

Pengelolaan produk menjadi salah satu hal yang menyulitkan. Padahal ada berbagai produk yang harus diurus. Beruntung, sistem otomatis dalam pemasaran online membuat kamu bisa lebih fokus kepada urusan pengelolaan produk.

Sistem manajemen barang memang harus dilakukan secara jelas dan tepat. Jika tidak, maka urusan keluar-masuknya barang tidak menjadi jelas. Bahkan bisa saja stok barang sudah tersisa terlalu sedikit di gudang sehingga membuat konsumen menjadi menunggu.

Untungnya, sekarang telah hadir Fitur Integrasi Marketplace dari iSeller. Temukan kemudahan dalam mengelola berbagai marketplace kamu seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, hanya dengan satu Aplikasi Integrasi Marketplace dari iSeller.

Manfaat pemasaran online yang kamu rasakan bisa semakin berdampak positif dengan dukungan aplikasi dari iSeller yang sangat membantu berbagai jenis bisnis online. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi iSeller untuk merasakan Marketplaces sekarang juga!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: