Alasan Penting Memiliki Laporan Stok Barang

laporan stok barang
laporan stok barang

Laporan stok barang adalah elemen penting bagi kegiatan operasional bisnis sehari-harinya. Tanpa mengetahui jumlah pasti jumlah barang yang tersedia dan akan masuk di gudang setiap harinya, kamu akan kesulitan dalam membuat keputusan sehari-hari dan memahami kondisi bisnis secara umum.

Untuk membantu kamu menghindari hal seperti itu, berikut adalah penjelasan tentang laporan stok barang, mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara membuatnya, untuk menjadi panduan kamu.

Apa Itu Laporan Stok Barang Gudang?

Sesuai dengan namanya, laporan stok barang gudang adalah adalah laporan yang berfungsi untuk mengetahui jumlah stok atau persediaan barang di gudang.

Untuk dapat mengetahui jumlah stok atau persediaan barang, kamu terlebih dahulu harus melakukan apa yang disebut stok opname. Kegiatan ini merupakan kegiatan menghitung secara fisik jumlah barang yang tersedia di gudang.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Arti, Cara Mengatur, Persiapan dan Contoh Stock Opname

Umumnya, menghitung stok barang di gudang penyimpanan merupakan kegiatan yang memakan banyak waktu dan tenaga. Semakin besar gudang penyimpanan kamu, maka akan semakin besar juga waktu dan tenaga yang dibutuhkan.

Untuk mempermudah proses tersebut, orang-orang menggunakan teknologi barcode. Teknologi ini juga dapat dapat membantu untuk meminimalisir kesalahan perhitungan yang dapat berakibat fatal pada proses penjualan.

Mengapa Laporan Stok Barang Sangat Penting?

Membuat laporan stok barang memang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan membuat laporan stok barang, kamu bisa mengetahui jumlah barang keseluruhan dan barang jenis apa saja yang ada dalam inventarismu. Perlu diingat juga, Ketika membuat laporan stok barang, kamu juga harus memasukkan jumlah barang yang tidak layak dan juga rusak untuk menghitung berapa keuntungan yang didapatkan.

1. Membuat Gudang Inventaris Lebih Teratur

Meskipun persediaan barang kamu sudah mencukupi, kamu pasti masih akan mendapatkan beberapa masalah yang akan terjadi di Gudang inventarismu. Salah satu masalah yang akan kamu hadapi adalah lamanya proses pencarian stok dalam gudang, hal ini disebabkan oleh penyimpanan stok yang tidak teratur dan tidak adanya pemetaan barang yang jelas.

Oleh karena itu, manajemen inventaris yang baik akan membantu kamu mengatur stok barang yang ada di dalam Gudang. Sehingga memudahkan kamu untuk mencari dan mengetahui stok barang yang kamu butuuhkan.

Untuk membantu mempercepat proses order, kamu bisa mengumpulkan barang yang paling laris di area yang mudah dijangkau, dengan begitu kamu bisa langsung memproses pesanan  pelangganmu lebih cepat. Proses yang cepat ini tentunya akan disukai oleh pelangganmu dan memberikan kepuasan tersendiri dalam berbelanja di tokomu.

2. Meningkatkan Efisiensi Stok Barang

Dalam menyetok barang, kamu harus memastikan jika persediaak stok barang yang kamu miliki tidak berlebihan dan tidak kekurangan, dengan memastikan hal ini, kamu bisa mendapatkan efisiensi dalam persediaan stok barangmu. Untuk itu, kamu harus memahami berapa banyak jumlah stok barang untuk memenuhi kebutuhan bisnismu. Sehinggan tidak ada lagi penumpukan barang ataupun kehabisan barang yang kamu alami.

3. Bisnis yang Lebih Efisien dan Produktif

Dengan stok gudang yang efisien dan tata letak yang lebih teratur, kamu bisa membuat laporan stok gudang yang lebih rapih dan akurat. Kamu juga bisa menggunakan alat-alat yang bisa membantu kamu melacak stok barangmu, seperti barcode scanner atau software inventory management yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat proses pencatatan produk.

Dengan begitu kamu tidak akan mengalami kebingungan dalam pencarian barang, apalagi jika banyak jenis barang yang ada di ruangan tersebut sehingga sulit untuk diingat penyimpanannya.

Jika kamu memakai barcode, kamu bisa memberikan kode pada barangmu berdasarkan lokasi mereka. Misalnya jika penempatan barang tersebut di rak bertingkat, maka kode lokasinya bisa dibuat sesuai tingkatan rak yang terendah sampai rak tertinggi.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Inventory Bagi Bisnis Kamu

4. Menghemat Waktu dan Pengeluaran

Keuntungan yang bisa kamu dapat selanjutnya adalah menghemat waktu dan pengeluaran bisnismu. Dengan sistem dan laporan yang sudah tercatat rapih, kamu bisa melihat produk mana saja yang keluar dan masuk,kamu tidak perlu lagi melakukan perhitungan ulang dan membuang waktu untuk memastikan keakuratan laporan stok barangmu.

Selain itu, kamu juga menghemat uang, karena kamu pasti akan tahu produk mana yang daya jualnya lebih tinggi dan rendah. Hal ini bisa kamu jadikan patokan Ketika kamu melakukan stok produk, kamu bisa mengeliminasi produk yang daya jualnya rendah atau membuat strategi baru untuk meningkatkan penjualan pada produk dengan daya jual rendah tersebut,

5. Tingkat Kepuasan Pelanggan

Setelah semua proses dilakukan,yaitu memiliki manajemen inventaris yang baik, teratur, dan rapih, maka proses pelayanan yang kamu berikan kepada pelangganmu juga akan meningkat.

Baca Juga: Mengenal Pengertian, Manfaat, dan Faktor Kepuasan Pelanggan

Kecepatan dan ketepatan kamu dalam mengatur produk serta pesanan pelanggan akan menjadi faktor yang menentukan kepuasan pelanggan. Dengan pelayanan yang lebih baik dan cepat, pelangganmu bisa saja melakukan repeat order dan menjadi pelanggan loyal, bahkan menyarankan bisnismu pada temannya yang lain. Dengan begini, bisnismu akan semakin diketahui.

Apa Manfaat Laporan Stok Barang di Gudang?

Ada beberapa manfaat yang harus kamu ketahui tentang manfaat laporan stok barang di gudang seperti berikut ini:

1. Mencocokkan Jumlah Barang

Memastikan keberadaan barang di gudang merupakan hal penting dalam sebuah kegiatan bisnis. Jika data yang kamu miliki ternyata berbeda dan dalam kasus paling parah ternyata kamu tidak memiliki barang yang diinginkan pelanggan, bukan tidak mungkin pelanggan tersebut akan pindah ke kompetitor karena merasa tidak puas dengan bisnis kamu.

2. Meminimalisir Penyimpangan

Kegiatan yang dilakukan oleh manusia tidak luput oleh kesalahan. Oleh karena itu, laporan stok barang dapat membantu kamu untuk menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi ketika melakukan stok barang.

3. Membantu Pengambilan Keputusan

Ketika kamu tahu bahwa ada barang yang rusak atau bahkan hilang, kamu dapat dengan mudah mengetahuinya melalui laporan stok barang. Dari sana, kamu bisa langsung mulai mengambil keputusan untuk membeli pengganti atau tidak.

4. Memberikan Gambaran Umum Kondisi Usaha

Laporan stok barang gudang dapat memberikan gambaran umum terhadap kondisi suatu usaha. Semakin banyaknya stok barang di gudang dapat menjadi indikator bahwa usaha kamu semakin tumbuh dan berkembang dan sebaliknya.

5. Mengetahui Arus Masuk dan Keluar Barang

Kegiatan bisnis bisa sangat intens di mana ada banyak sekali barang yang masuk dan keluar dari gudang kamu. Untuk memastikan kamu mengetahui angka pasti dari setiap stok barang masuk dan keluar, kamu bisa membaca langsung dari laporan stok barang setiap harinya.

Bagaimana Cara Menyusun Laporan Stok Barang?

Setelah mengerti pentingnya laporan stok barang, selanjutnya kamu harus tau bagaimana cara membuat laporan tersebut. Berikut adalah cara membuat laporan stok barang yang bisa kamu coba pada bisnismu.

1. Mencatat Data

Mencatat data harus dilakukan dengan akurat sehingga tidak terjadi kesalahan. Dengan mencatat data, kamu bisa mempercepat dan mempermudah keakuratan data yang kamu catat.

2. Menentukan Jadwal Persediaan Stok

Dengan data yang sudah tercatat akurat, selanjutnya kamu bisa menentukan jadwal persediaan stok, kapan kamu akan mengisi Kembali stok produkmu. Dengan adanya jadwal persediaan stok, kamu bisa memanajemen waktu agar bisnismu berjalan tetap lancar tanpa adanya sesuatu yang harus ditunda.

3. Mengatur Tempat Penyimpanan

Tempat penyimpanan harus ditentukan sesuai dengan kondisi dan ukuran stok barangmu. Tujuan utamanya agar stok barang ini bisa tersimpan secara rapih, sehingga saat kamu mengambil barang, proses itu akan lebih mudah dan cepat.

4. Menempelkan Barcode

Adanya barcode pada setiap produk akan membantu kamu menghindari kebingungan ketika barang tersebut sedang dicari, apalagi jika banyak jenis barang berbeda yang ada di gudang penyimpananmu.

5. Memanfaatkan Sistem yang Bisa Memantau Stok Barang

Dengan memanfaatkan sistem untuk memantau stok barang, kamu akan terbantu dalam mencatat dan memantau stok barangmu. Kamu tidak perlu lagi melakukan pencatatan barang dengan cara manual.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Memilih Aplikasi Persediaan Barang untuk Bisnismu

Itulah pentingnya memiliki laporan stok barang serta cara membuat laporan stok barang yang bisa kamu terapkan. Untuk meminimalisir kesalahan saat membuat stok laporan, kamu bisa mencoba fitur inventory manajemen dari iSeller. Dengan fitur inventory manajemen dari iSeller, kamu bisa memantau stok produk kamu, bahkan mencari produk yang ingin kamu lihat stoknya hanya melalui fitur kamera scan barcode lewat smartphone kamu. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi jika stok produkmu mulai menipis! Yuk, coba pakai iSeller sekarang. Gratis 14 hari.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: