Konsep Digital Marketing yang Harus Dikuasai Agar Tetap Kompetitif

konsep digital marketing
konsep digital marketing

Melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, tidak dipungkiri bahwa digital marketing menjadi sangat popular belakangan ini, Jika kamu adalah pemilik usaha yang berniat untuk menjalankan promosi bisnismu secara digital, kamu bisa mencoba konsep digital marketing untuk mempromosikan bisnismu.

Pengertian Konsep Digital Marketing

Konsep digital marketing adalah kegiatan promosi atau pemasaran sebuah merek dan produk melalui media digital. Sementara tujuan dari digital marketing adalah untuk menjangkau konsumen secara lebih luas, lebih cepat, dan lebih mudah. Konsep digital marketing ini bisa juga bisa digunakan untuk semua jenis bisnis. Karena itu, kamu harus mencoba konsep digital marketing ini untuk bisnismu!

1. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi

Kita semua tahu jika teknologi dan dunia digital tidak dapat dipisahkan satu sama lain, apalagi di zaman modern ini, memaksimalkan penggunaan teknologi di era digital ini sangat penting untuk strategi bisnismu.

Sebaiknya kamu mulai untuk menerapkan teknologi pada bisnismu sesegera mungkin apalagi jika kompetitormu sudah terlebih dahulu memanfaatkan teknologi. Kalau kamu menunggu terus, bisa-bisa bisnismu akan semakin tertinggal jauh.

Baca Juga: 7 Manfaat Teknologi untuk Bisnis Kamu

2. Aktif di Media Sosial

Dalam dunia digital marketing, media sosial berperan sangat penting. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak pengguna media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok dan sebagainya. Oleh karena itu, media sosial sangat penting untuk memperluas target pasar bisnismu.

Selain murah, penggunaan media sosial juga sangat mudah. Kamu tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunakan media sosial, cukup dengan memasarkan produk atau jasamu lewat status atau unggahan di media sosialmu. Karena itu, media sosial dapat kamu terapkan secara langsung dalam konsep digital marketing agar bisnismu tetap kompetitif.

Baca Juga: 5 Tips Promosi dan Jual Produk Kamu di Social Media

3. Siapkan Konten Menarik

Konten yang menarik tentu akan mencuri perhatian bagi mereka yang melihatnya. Konten ini bisa kamu buat dalam bentuk video, foto, dan tulisan. Sebelum membuat konten, kamu juga menentukan konsep dan tujuan digital marketing yang ingin kamu lakukan. Tidak hanya menarik, kontenmu juga harus edukatif dan mampu menghibur para audiens.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan target pasar yang akan kamu jadikan target kontenmu. Sehingga kamu bisa memperkirakan hasil yang akan kamu dapatkan.

4. Lakukan Evaluasi konten

Selanjutnya, kamu bisa melakukan evaluasi pada setiap konten yang kamu buat, sehingga kamu tahu kekurangan pada setiap kontenmu dan mengerti apa yang harus kamu kembangkan dan perbaiki dari setiap konten yang kamu buat. Dengan adanya evaluasi, kamu bisa tahu konten mana yang mendapat feedback yang bagus dan lebih disukai oleh audiens.

5. Bergabung di Marketplace

Kamu bisa mulai untuk bergabung di marketplace dan mendaftarkan bisnismu di sana. Dengan bergabung di marketplace, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Semakin banyak marketplace yang kamu gunakan, semakin banyak juga peluang untuk calon pelanggan menemukan bisnismu.

Kelebihan Digital Marketing

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Digital marketing bisa kamu gunakan untuk menjangkau pelangganmu secara lebih detail. Dengan menggunakan konsep digital marketing, kamu bahkan bisa menjangkau pelangganmu di seluruh dunia hanya melalui internet! Kamu bisa memanfaatkan iklan yang ada di media sosial, menentukan target konsumen berdasarkan lokasi, umur, serta kebiasaan mereka. Dengan begitu, kamu bisa mentargetkan iklanmu pada pelanggan yang potensial.

Baca Juga: 7 Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Mudah

2. Menyebar Secara Cepat

Selain menjangkau konsumen dengan lebih luas, digital marketing juga bisa menjangkau konsumen dengan sangat cepat. Pelangganmu bisa mendapatkan update terbaru tentang bisnismu lebih cepat melalui media sosial.

3. Murah dan Efektif

Dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional, konsep digital marketing jauh lebih efisien dan murah. Selain itu, ada beberapa jenis digital marketing yang merupakan channel gratis, sehingga kamu bsia manfaatkan penggunaannya secara maksimal.

Itulah beberapa konsep digital marketing dan kelebihannya yang harus kamu kuasai sehingga lebih kompetitif. Tapi sebelum itu, kamu harus mengetahui channel digital marketing mana yang cocok untuk kamu gunakan di bisnismu.

Jika kamu berminat untuk memaksimalkan penggunaan marketplace untuk bisnismu, iSeller memiliki fitur integrasi marketplace yang dapat membantu kamu memantau, mengelola, dan menambah stok untuk berbagai marketplace berbeda, melalui satu platform, iSeller aja! 

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: