Jenis-Jenis Pelanggan Yang Akan Ditemui dan Sifat-Sifatnya

jenis-jenis pelanggan
jenis-jenis pelanggan

Saat kamu menjalankan sebuah bisnis, kamu pasti akan sering bertemu setiap pelanggan yang mengunjungi tokomu. Saat itu juga, ketika kamu berhubungan dengan pelangganmu, kamu pasti akan menemukan banyak jenis-jenis pelanggan. Ketika kamu sudah menemukan berbagai model pelangganmu, kamu bisa mengelompokkan mereka menjadi beberapa kelompok yang berbeda.

Jenis-Jenis Pelanggan

Mengelompokkan pelanggan mungkin tidak terlalu penting untukmu, tapi hal ini sebenarnya penting untuk kamu lakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelangganmu. Pelayanan yang kamu berikan terhadap pelanggan tentu menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Ketika memberikan pelayanan terhadap pelangganmu, sebaiknya kamu memahami karakter pelangganmu agar kamu bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Itulah mengapa mengelompokkan pelanggan penting untuk kamu lakukan. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui jenis-jenis pelanggan yang akan sering kamu temui dan bagaimana kamu bisa menghadapi mereka.

1. Pemburu Diskon

Pelanggan yang satu ini bisa jadi merupakan pelanggan yang paling sering kamu temui. Mereka biasanya tidak terlalu memikirkan kualitas produk atau layanan yang kamu tawarkan dan lebih mengutamakan untung rugi dari produkmu.

Sering kali mereka hanya memikirkan bagaimana bisa membeli produk atau mendapatkan layanan yang kamu tawarkan dengan harga murah dan mendapatkan potongan diskon, seperti saat sedang ada promo yang berjalan.

Untuk menghadapi pelanggan dengan jenis seperti ini, kamu bisa mempersiapkan dirimu untuk menjelaskan keuntungan produk dan hitungan produk secara lengkap dan rinci agar mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan. Bukan tidak mungkin jenis pelanggan satu ini dapat berubah jadi pelanggan loyal jika mereka mengganggap produkmu cocok dengan mereka.

Baca Juga: Teknik Jitu Untuk Menarik dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

2. Pengoleksi Barang Premium

Jenis pelanggan ini biasanya menyukai barang yang premium atau mewah. Mereka biasanya mengincar koleksi barang edisi terbatas dan bernilai tinggi. Barang tersebut juga biasanya jarang ditemui di pasaran, sehingga ketika mereka memiliki barang tersebut, mereka akan merasakan kebanggaan tersendiri.

3. Mementingkan Kualitas

Berbeda dari pelanggan yang mengincar harga murah tanpa melihat kualitas, pelanggan tipe ini lebih mementingkan kualitas produk atau layanan yang kamu berikan tanpa mementingkan harganya. Pelanggan seperti ini biasanya akan kembali melakukan transaksi pada bisnis kamu jika produk yang kamu berikan memuaskan mereka tanpa mementingkan harga yang mahal sekalipun.

4. Pecinta Brand Tertentu

Dibandingkan kualitas dan harga, pelanggan satu ini akan lebih mementingkan nama brand diatas segalanya. Pelanggan ini biasanya sudah memiliki loyalitas pada satu brand. Pelanggan yang loyal ini akan lebih sulit untuk diambil hatinya karena mereka sudah merasa nyaman dengan brand tersebut.

Jika kamu ingin menarik perhatian mereka untuk mencoba produk atau layanan baru, kamu harus mengeluarkan usaha ekstra dalam melakukan branding produk atau jasa usahamu agar mereka tertarik untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan.

5. Sangat Detail

Pelanggan dengan jenis ini biasanya akan banyak bertanya. Mereka akan menanyakan banyak hal sampai sangat detail. Hal ini karena mereka mempertimbangkan sesuatu hal dengan sangat matang, entah ketika membeli produk atau ketika memilih jasa yang kamu tawarkan.

Karena itu, ketika kamu bertemu dengan jenis pelanggan seperti ini, ada baiknya kamu harus menguasai setiap detail produk agar kamu mampu menjelaskan produkmu dengan sangat baik dan bisa memenuhi pertanyaan yang mereka tanyakan.

6. Pelanggan yang Tidak Berkomitmen

Ketika kamu menemukan pelanggan ini, biasanya pelanggan ini cenderung membeli produk sesuka hati mereka. Akan sulit untuk membuat mereka loyal kepada produk yang kamu tawarkan karena sulit untuk mereka memiliki komitmen pada suatu produk saja.

Itulah beberapa jenis pelanggan yang bisa kamu temui ketika kamu memiliki bisnis. Kamu bisa mengelompokkan pelangganmu sesuai kriteria mereka masing-masing, dengan begitu, akan lebih mudah untuk kamu menargetkan strategi yang tepat untuk Jenis-jenis pelangganmu, sehingga lebih besar kemungkinannya untuk mereka membeli produkmu.

Kamu juga bisa mencoba memberikan promosi dan voucher untuk memikat hati pelangganmu, di iSeller, kamu bisa menggunakan voucher sebagai bentuk pembayaran untuk pelanggan kamu. Ngga perlu bikin voucher secara manual lagi, kamu langsung bisa membuat voucher dan menerapkan potongan diskon untuk pelanggan sesuka hati. Dengan begitu, mereka semakin senang berbelanja di tempatmu. Yuk, coba pakai iSeller sekarang!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: