Penting! Ini Fungsi Kemasan Produk bagi Bisnis

fungsi kemasan produk
fungsi kemasan produk

Jika kamu memiliki bisnismu sendiri, selain produk yang berkualitas, kamu juga harus memastikan produk yang kamu pasarkan telah dilengkapi dengan kemasan produk yang mengesankan, sehingga kamu bisa menarik minat pembeli. Itu adalah salah satu fungski kemasan produk bagi bisnis kamu.

Sayangnya, seringkali sejumlah pebisnis tidak memberikan perhatian yang cukup pada kemasan produk mereka.Padahal kemasan produk adalah salah satu hal yang mempengaruhi penjualan.

Fungsi Kemasan Produk

Dengan adanya kemasan produk, maka suatu produk bisa digunakan dalam waktu yang lama karena isi produk yang tentunya lebih aman. Selain itu, kemasan yang telah memenuhi syarat dan kualifikasi yang tepat juga akan memberi kenyamanan bagi produsen, juga konsumen.

Berikut merupakan fungsi kemasan produk bagi bisnismu!

1. Melindungi Produk

Fungsi utama dari kemasan produk adalah melindungi produk yang kamu tawarkan, sehingga produk tersebut tidak cepat rusak dan isi produk terhindar dari goresan, air, bahkan cacat. Dengan adanya kemasan produk, diharapkan produk dapat digunakan dengan maksimal ketika sampai di tangan pelanggan.

2. Identitas Produk

Tidak hanya untuk melindungi produk, fungsi kemasan produk bagi bisnis adalah sebagai identitas produk. Pada sebuah kemasan produk, pasti selalu ada ciri khas yang dapat kita lihat, entah ciri khas ini berupa logo dari brand produsen, warna, ataupun tulisan. Ciri khas ini dibuat agar produk tersebut mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat. Dengan adanya ciri khas tersendiri juga dapat membedakan antara produk satu dan produk yang lainnya.

Baca Juga: Cara Branding Produk di Masa Sekarang

3. Daya Tarik

Ketika sebuah produk disandingkan dengan produk sejenis di rak toko, kemasan produk berperan penting untuk menarik calon pembeli. Kemasan yang unik akan menambah daya tarik bagi konsumen untuk membeli produk kamu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memiliki konsep kemasan produk yang matang, mulai dari desain, skema warna, dan jenis kemasan untuk tahu yang mana yang paling disukai konsumen.

Baca Juga: 6 Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

4. Publikasi Merek

Selain sebagai identitas merek, kemasan juga bisa digunakan sebagai media untuk kamu mengkomunikasikan ide dan konsep pemasaran yang dibutuhkan konsumen. Kamu bisa memanfaatkan desain, logo, simbol, serta warna yang menarik dan tentunya menggambarkan brand atau campaign milikmu. Sebuah kemasan yang bagus akan memberi kesan tersendiri seperti kualitas produk, atau kesan yang elegan dan eksklusift pada produk yang ditawarkan.

5. Membangun Kepercayaan

Dengan kemasan yang berfungsi untuk melindungi produk dengan baik ketika sampai di tangan konsumen, konsumen akan merasa puas dan juga kepercayaan mereka terhadap bisnismu akan meningkat dengan sendirinya.

Baca Juga: Pentingnya Mendapatkan Loyalitas Konsumen bagi Bisnis

6. Meningkatkan Efisiensi

Kamu harus bisa memastikan jika kemasan produk yang kamu buat memiliki faktor ergonomis, yaitu aman, nyaman, serta fleksibel. Sederhananya, kemasan produk yang baik merupakan kemasan yang nyaman digunakan oleh konsumen. Sedernaha, mudah dipegang dan dapat dibawa kemana saja.  

7. Proses Distribusi

Barang yang dijual biasanya akan melewati berbagai tahapan hingga sampai ke tangan konsumen. Sebelum sampai di tangan konsumen, produk akan disimpan di tempat distributor terlebih dahulu. Dengan adanya tahapan tersebut, mengharuskan produk dikemas dengan baik, karena jika tidak, maka produk akan mudah rusak.

Itulah pentingnya kemasan produk bagi bisnis. Suatu produk yang dikemas dengan rapi akan membuat produk tersebut awet dan juga mampu membangun brand image dalam waktu yang lama. Karena perannya yang sangat penting, maka kamu tidak boleh menyepelekan pentingnya kemasan yang bagus dan berkualitas untuk produkmu. Karena itu, buatlah kemasan yang menarik dan sesuaikan dengan produk kamu!

Selain kemasan, yang tidak kalah penting dalam mengelola bisnis adalah kamu harus memiliki sistem yang mampu untuk membantu kamu berjualan di berbagai channel dengan lebih efisien dan mudah. Salah satu sistem bisnis yang harus kamu coba adalah sistem omnichannel iSeller. Karena dengan sistem omnichannel iSeller, kamu bisa meningkatkan penjualan dengan hadir di berbagai channel penjualan. Coba iSeller sekarang, yuk!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: