Biar Menarik, Simak Tips Desain Kemasan Produk Makanan Ini

desain kemasan produk makanan
desain kemasan produk makanan

Sebelum memulai sebuah bisnis makanan, banyak hal yang harus kita pertimbangkan. Bukan hanya kualitas makanan atau rasa dari makanan itu sendiri, tapi juga bagaimana cara kamu menarik calon pelangganmu untuk menjadi pelanggan setiamu melalui desain kemasan produk makanan yang menarik. Kamu harus bisa menentukan bentuk dan juga warna dari kemasan produk yang sesuai dengan brand serta target pasarmu nantinya.

Tidak hanya menarik, dalam membuat kemasan produk, kamu harus mempertimbangkan faktor keamanan serta kenyamanan untuk pelangganmu. Untuk lebih mendukung pemasaran produkmu, kamu juga harus bisa memastikan kemasan produkmu akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para pelanggan. Oleh karena itu, kamu harus membuat desain produkmu unik dan eye-catching, sehingga produkmu bisa memiliki perbedaan dan lebih mudah diingat dari produk lain.

Apa Itu Desain Kemasan Produk?

Secara simpel, desain kemasan adalah sebuah usaha kreatif untuk membuat sebuah wadah atau kemasan dari suatu produk. Proses desain kemasan nantinya akan mengacu pada produk itu sendiri, mulai dari warna, ukuran, serta elemen-elemen grafis lainnya untuk memaksimalkan daya tarik dari produk itu sendiri.

Baca Juga: 6 Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk Kita

Ditengah semakin ramainya produk, memiliki kemasan yang bagus atau bahkan unik tidaklah cukup untuk membuat orang tertarik untuk membeli produk kamu. Kamu membutuhkan sesuatu yang lebih yaitu nilai sebuah cerita. Dalam desain kemasan, kamu dapat menyampaikan cerita tidak hanya dari elemen visual tetapi juga dari sentuhan hingga bau.

Kompleksitas seperti itu lah yang membuat banyak orang serta perusahaan menghabiskan banyak waktu serta biaya untuk menemukan desain kemasan produk makanan yang tepat untuk usaha mereka.

Apa Saja Fungsi Desain Kemasan?

Desain kemasan tidak hanya berfungsi untuk membuat tampilan produk kamu lebih menarik. Berikut adalah beberapa fungsi dari desain kemasan yang bisa kamu rasakan.

1. Media Komunikasi Produk pada Konsumen

Desain kemasan dapat menjadi media komunikasi pertama pada konsumen. Pada desain kemasan kamu dapat menampilkan bahan-bahan serta sertifikasi apa saja yang telah dilewati oleh produk kamu untuk sampai ke tangan pelanggan. Dengan demikian, konsumen dapat mengenal produk kamu lebih baik tanpa harus melihatnya.

2. Pembentuk Identitas Produk

Desain kemasan yang baik dapat membuat konsumen tahu bahwa itu adalah produk kamu tanpa harus melihatnya secara langsung. Hal ini tentunya akan sangat bagus untuk branding produk kamu dalam jangka panjang.

3. Pembentuk Estetika Produk

Jika kamu sedang bersaing dengan produk yang memiliki produk berkualitas jauh lebih superior, maka kamu tetap dapat mendapatkan kesempatan memenangkan hati pelanggan dengan desain kemasan produk yang estetik.

Hal ini karena desain kemasan yang luar biasa dapat menarik perhatian konsumen awam yang kemudian dapat memengaruhi mereka untuk membeli produk kamu.

4. Brand Image Jangka Panjang

Untuk dapat mengarungi industri dalam jangka panjang, desain kemasan yang baik adalah sebuah kewajiban. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, desain kemasan dapat menjadi identitas bagi produk serta bisnis kamu. Ketika desain kemasan produk kamu telah dikenal baik, maka posisi kamu di dalam industri dan pasar akan semakin kuat.

Apa Saja Tips Desain Kemasan Produk Makanan?

Jika kamu memiliki tujuan agar desain kemasan produkmu mudah dikenal oleh banyak orang, berikut ini adalah tips membuat kemasan yang unik dan menarik agar produk kamu bisa  memenangkan persaingan merek di pasaran

1. Desain yang Sederhana dan Praktis

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah membuat desain kemasan yang sederhana dan praktis. Desain yang sederhana berarti desain yang simpel dan menggambarkan brand atau produkmu. Sehingga pesan yang disampaikan melalui desain tersebut bisa langsung ditangkap dan tidak membingungkan para calon pelangganmu

Selain itu, desain juga harus praktis. Praktis di sini berarti ukuran kemasan produkmu harus sesuai dengan isinya. Ukuran yang besar tapi isi yang cenderung sedikit bisa saja menjadi hal buruk di mata pelangganmu. Selain itu, ukuran yang terlalu besar juga membuat produkmu tidak praktis dan sulit untuk dibawa ke mana saja.

2. Kemasan yang Menarik

Kemasan yang menarik tidak hanya enak untuk dipandang, tapi juga meninggalkan kesan mendalam pada seseorang yang melihatnya. Di sinilah kamu bisa melakukan branding untuk produkmu. Karena tidak semua orang memiliki ingatan tajam untuk mengingat kemasan sebuah produk, buat sesuatu yang spesial di kemasanmu.  Sehingga ketika orang melihat sebuah produk, pikiran mereka akan tertuju pada produkmu.

Oleh karena itu, membuat desain secara emosional mampu menmbuat konsumenmu tertarik pada produk tersebut. Maka dari itu, untuk meraih kesuksesan suatu merek, kamu harus bisa memberikan desain dan bahan kemasan yang menarik serta bermakna.

3. Cantumkan Legalitas

Adanya legalitas pada produk kamu juga tidak kalah penting. Dengan adanya legalitas ini, produk kamu sudah terjamin kesehatannya dan hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan sebelum membeli produk kamu. Legalitas pada produk ini bisa bermacam-macam, bisa berupa sertifikasi halal, Dinas Kesehatan, Badan pengawas Makanan dan Obat

4. Informasi Tentang Produk dan Manfaatnya

Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi mengenai produkmu. Karena informasi produk sangat penting untuk calon pelangganmu. Kamu juga bisa menambahkan manfaat produkmu untuk lebih menarik pelanggan.

Buatlah semua informasi dan manfaat produkmu dalam kata-kata yang singat, padat, dan jelas, juga disertai gambar yang unik agar konsumen bisa langsung tertuju pada manfaat dan informasi produkmu.

5. Kemasan dengan Bahan Terjangkau

Dengan menggunakan kemasan berbahan terjangkau, kamu bisa menghemat pengeluaran bisnismu tanpa harus meninggalkan kesan kemasan yang unik. Kamu bisa memilih alternative bahan lain seperti kemasan dari kertas yang telah didaur ulang.

Kemasan daur ulang biasanya memiliki harga yang ekonomis. Hal ini tidak hanya dapat membantu usahamu untuk menghemat dana dan menjaga kesehatan keuangan, tapi juga membuat produkmu lebih terkenal sebagai produk yang ramah lingkungan dan peduli terhadap alam.

6. Terlihat Berbeda dan Otentik

Karena banyaknya produk di pasaran yang jadi saingan, setiap produk yang terlihat berbeda dan memiliki karakter sendiri akan lebih mudah diingat oleh calon pelanggan. Karena itu, kamu harus memastikan produkmu terlihat berbeda dan otentik, memiliki cirri khasnya sendiri disbanding dengan kemasan pada umumnya.

Mungkin pengerjaan konsep desain produk ini akan memakan waktu yang lebih lama dan membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi, tapi hasilnya akan sesuai dengan produkmu yang akan selalu diingat oleh para pembeli. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh terhadap penjualanmu

7. Kemasan Transparan

Untuk memberikan kesan unik lain, kamu bisa membuat kemasanmu menjadi transparan atau sedikit transparan. Adanya desain produk yang transparan ini  calon pelangganmu bisa melihat isi produk yang kamu tawarkan. Dengan melihat langsung isinya, calon pelangganmu akan lebih percaya dan produkmu akan lebih mudah diminati atau dibeli.

Apa Saja Jenis Jenis Kemasan Produk?

Untuk dapat membuat desain kemasan makanan yang menarik, ada baiknya kamu memahami beberapa jenis kemasan produk makanan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa jenis yang harus kamu ketahui:

1. Kemasan Produk Primer

Kemasan primer adalah kemasan yang berkontak langsung dengan produk makanan. Contoh yang paling sering ditemui adalah botol susu di mana botol berkontak langsung dengan susu di dalamnya dan toples untuk makanan ringan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Makanan Online yang Mudah Diterapkan

2. Kemasan Produk Sekunder

Yang dimaksud kemasan sekunder adalah kemasan yang berfungsi melindungi kemasan sekunder. Misalnya, kamu menggunakan karton untuk melindungi kotak atau botol susu.

3. Kemasan Produk Tersier

Kemasan tersier umumnya adalah kemasan yang digunakan untuk keperluan distribusi. Contoh paling mudahnya adalah kardus yang digunakan untuk melindungi produk di dalamnya serta untuk memudahkan proses pendistribusian barang.

Itulah beberapa tips desain kemasan produk makanan yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu. Jangan lupa juga untuk menghitung harga pokok penjualan sehingga pengelolaan bisnis kamu akan berjalan dengan baik. iSeller punya fitur Cost of Goods Sold (COGS) yang dapat membantu kamu memudahkan perhitungan biaya dan penjualan produk kamu. Coba iSeller GRATIS sekarang, yuk!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: