Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Usaha dengan Benar?

Mengatur dan mengelola keuangan pada setiap usaha, entah itu usaha besar ataupun kecil,  merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung kesuksesan. Banyak pengusaha yang kurang menyadari pentingnya mengatur keuangan dalam menjalankan usahanya. Kebanyakan dari para pengusaha masih sering mencampur transaksi keuangan usaha mereka dengan keuangan pribadi.

Cara Mengatur Keuangan Usaha dengan Benar

Untuk tau cara mengatur keuangan usaha dengan benar, kamu perlu membaca artikel ini sampai habis untuk tau bagaimana cara mengatur keuangan usaha yang menjadi faktor kesuksesan dengan benar dan tepat.

1. Mempelajari Tentang Keuangan Usaha

Hal pertama yang dapat kamu lakukan sebelum mengelola keuanganmu, kamu harus mempelajari tentang laporan keuangan lebih lanjut. Dengan mempelajari laporan keuangan, kamu dapat mengerti langkah tepat yang harus kamu ambil ketika membaca laporan keuanganmu. Hal yang dapat kamu pelajari diantaranya, seperti:

–          Laporan arus kas

–          Laporan neraca

–          Laporan penghasilan

–          Laporan modal

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Bisnis dengan Lebih Mudah

2. Membuat Perencanaan Pendapatan

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui perkiraan pendapatan untuk usahamu. Dalam memperkirakan pendapatan ini, kamu harus mampu memenuhi kebutuhan modal awal yang sudah direncanakan. Kamu bisa memulai dengan rencana bagaimana usahamu bisa mendatangkan pendapatan.

Kamu perlu menentukan banyaknya produk yang akan kamu jual, berapa target penjualan, serta strategi yang akan kamu gunakan untuk mencapai target penjualan tersebut, sehingga kamu bisa memastikan setiap penjualan yang kamu lakukan bisa menghasilkan keuntungan untuk bisnismu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Omset Bisnis dengan Tepat?

3. Membuat Buku Catatan

Mencatat keuangan merupakan hal yang tidak kalah penting dalam mengelola keuangan usahamu. Dengan mencatat keuangan usahamu, kamu bisa mengawasi segala transaksi keluar, masuk, serta utang piutang.

Catatan ini berguna untuk meminimalisir risiko adanya pengeluaran yang berlebihan atau tidak wajar, karena pengeluaran yang tidak seimbang dengan pemasukan akan berdampak pada keuangan usahamu yang buruk, bahkan bisa mengalami kebangkrutan dengan pengeluaran yang lebih banyak dari pemasukan. Catatan keuangan ini juga harus dibuat secara terperinci, Bahkan jika perlu, kamu harus menambahkan tanggal dan waktu transaksi.

4. Menggunakan Laba Untuk Mengembangkan Usaha

Sebuah usaha bisa dikatakan berhasil jika kamu sudah mendapatkan laba yang besar. Dengan laba besar ini, kamu bisa memutar keuntunganmu untuk mengembangkan usahamu jadi lebih besar. Dari setiap keuntungan yang kamu dapatkan, sisihkan minimal 10% untuk kamu tambahkan ke modal usaha. Ketika kamu menerapkan hal ini, usaha yang kamu jalani dijamin dapat terus berkembang pesat.

5. Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat ini penting untuk bisnis kita ke depannya. Karena kita tidak pernah tahu bagaimana nasib usaha kita di masa depan nanti. Hal-hal terburuk bisa saja terjadi, karena itu kita harus selalu waspada karena bisa saja ada masalah yang terjadi pada bisnis kita nantinya, seperti penjualan yang menurun karena munculnya pesaing atau bencana alam. Hal seperti itu bisa membuat posisi usahamu dalam keadaan tidak aman. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan cadangan dana darurat untuk mengantisipasi bisnismu pada masa-masa sulit.

6. Awasi Arus Kas Keuangan

Saat menjalankan sebuah usaha atau mengatur keuanganmu, kamu perlu mengawasi arus kas keuanganmu secara berkala. Tujuannya mengawasi arus kas keuangan ini adalah mencegah terjadinya kebocoran kas.

Mengawasi arus kas keuangan ini bisa jadi cukup sulit, tapi kamu bisa mengawasi arus kas keuanganmu dengan memakai jasa administrator untuk mengontrol arus kas dan menetapkan prosedur keuangan yang baik.

Untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah usaha, tekad saja tidak cukup, kamu harus bersungguh-sungguh dan terus belajar untuk mengelola usahamu lebih baik lagi, kamu juga harus berusaha untuk membangun bisnis yang baik dengan mempraktikkan tips cara mengatur keuangan dengan benar seperti di atas. Jika kamu ingin memaksimalkan pengelolaan keuangan usahamu, kamu bisa menggunakan software akuntansi yang telah terintegrasi dengan iSeller dan mudah digunakan seperti Accurate online. Coba Accurate sekarang, yuk! Cari tahu lebih lanjut, di sini.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: