Cara Membuat Toko Online di Website untuk Pemula

cara membuat toko online
cara membuat toko online

Meraih keuntungan merupakan tujuan dalam berbisnis. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah, kamu perlu menerapkan strategi bisnis yang baik. Salah satu strategi bisnis yang bisa kamu coba adalah membuat toko online atau di website. Untuk mulai menaikkan keuntungan, kamu bisa mulai dengan mempelajari cara membuat toko online berikut ini.

Seiring dengan kebiasaan belanja masyarakat yang berubah dan berkembangnya internet dan teknologi di Indonesia yang kini lebih maju, transaksi jual-beli bisa dilakukan tanpa harus mendatangi toko secara langsung. Semua transaksi jual-beli bisa dilakukan secara online, cukup lewat smartphone atau laptop kamu di rumah!

Cara Membuat Toko Online

Dengan potensi bisnis online yang sangat besar, kamu juga harus mulai memasarkan produkmu secara online. Kamu bisa membuat online shop milikmu sendiri. Kamu juga tidak perlu lagi menyewa web design, web developer, atau perlu mahir coding, karena banyak sekali yang menawarkan pembuatan toko online dengan langkah yang sederhana seperti iSeller. Yuk, pelajari cara membuat toko online di website untuk pemula. Simak langkahnya di artikel ini, ya!

Baca Juga: Pentingnya Website Toko Online Untuk Bisnismu!

1. Memilih Nama Toko Online

Memilih nama mungkin terlihat spele, tapi ini sangat penting untuk online shop kamu. Kamu harus membuat nama toko online yang mudah diingat namun juga relevan dan sesuai dengan bisnismu. Memilih nama yang baik juga akan membantu kamu membangun brand online shop-mu.

Baca Juga: : Cara Branding Produk di Masa Sekarang

2. Menyiapkan Domain dan Hosting

Jika kamu belum tahu, domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server computer kamu, lebih mudahnya, domain adalah alamat suatu website yang kamu ketikkan di kolom URL browser untuk membuka sebuah website. Sementara hosting adalah sebuah tempat yang fungsinya adalah menyimpan data dan file yang ada di website.

Jika diumpamakan, hosting adalah sebuah rumah tempat kamu menyimpan bermacam-macam barang dan domain adalah alamat rumah kamu. Jadi, penting untuk kamu memiliki hosting dan domain untuk membuka toko online-mu sendiri.

3. Tentukan Content Management System (CMS)

Selanjutnya, untuk mempermudah kamu dalam mengelola konten dan juga online shop di website-mu, kamu membutuhkan Content Management System (CMS). CMS sendiri memungkinkan kamu untuk mengubah atau menambahkan isi website kamu nantinya.

Kamu bisa menggunakan CMS dari WordPress untuk online shop kamu. Kelebihan menggunakan CMS dari WordPress adalah gratis, memiliki banyak plugin ataupun tema serta fitur lain, kamu juga bisa menemukan banyak tutorial tentang CMS WordPress ini di internet, jadi kamu akan lebih mudah memahami dan mengelolanya.

4. Instal Plugin Toko Online

Jika kamu telah berhasil memasang WordPress untuk CMS, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menginstal plugin khusus online shop seperti WooCommerce.

Dengan WooCommerce, kamu bisa mendapatkan beragam fitur lengkap untuk mendukung fungsi toko onlinemu. WooCommerce juga tersedia secara gratis.

5. Upload Produk

Setelah menginstal plugin WooCommerce, kamu bisa langsung mengupload produk ke toko onlinemu. Untuk menambahkan produk, kamu bisa memilih menu WordPress Products dan memilih add new. Setelah kamu masuk ke halaman post produk, kamu bisa menambahkan nama produk, deskripsi kategori, dan harga produk, Jangan lupa juga untuk menambahkan foto produk dan image galeri produk,

Baca Juga: Tips Foto Produk Toko Online yang Menarik

6. Website Online Shop Gratis

Membuat website memang tidak mudah, apalagi jika kamu masih pemula. Jika langkah sederhana di atas masih cukup menyulitkan untukmu, kamu bisa coba untuk membuat website toko online gratis di iSeller.  Jika kamu menggunakan website online shop di iSeller, kamu tidak perlu lagi menyiapkan hosting dan domain atau menginstall sendiri segala kebutuhan website kamu. Kamu cukup mendaftarkan diri dengan mengisi nama, email, dan alamat tokomu, setelah itu kamu bisa langsung menggunakan website toko onlinemu.

Itulah cara membuat toko online yang dapat kamu coba. Online shop ini juga sudah terintegrasi dengan POS, jadi sangat cocok untuk kamu yang memiliki toko offline. Kamu juga bisa berjualan di berbagai channel seperti marketplace dan mengelola semua channel penjualanmu lewat satu web-admin saja. Coba website online shop dari iSeller gratis sekarang, yuk! Klik di sini.

multi-channel

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: