8 Cara Memasarkan Produk Secara Online dengan Mudah

cara memasarkan produk secara online
cara memasarkan produk secara online

Strategi pemasaran online semakin marak digunakan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Pemasaran online dapat dilakukan siapapun dan tidak jarang bebas biaya. Tetapi, kamu harus tahu cara memasarkan produk secara online dengan baik agar usaha kamu tidak sia-sia nantinya.

Kemajuan teknologi membuat siapapun dapat memasarkan produk mereka secara online. Kamu hanya membutuhkan perangkat, seperti laptop atau telepon genggam, dan koneksi internet untuk mulai pemasaran produk secara online.

Dalam pemasaran online, kamu akan menemukan berbagai metode yang memiliki kompleksitas dan biaya yang berbeda-beda. Untuk membantu kamu memahami cara memasarkan produk secara online, berikut adalah penjelasan berbagai strategi pemasaran online yang dapat kamu jadikan panduan.

Apa Saja Strategi Pemasaran Online Yang Efektif?

Memiliki ide, tim, produk yang unik, dan dana tidak cukup untuk mengembangkan sebuah bisnis. Apalagi membuatnya stabil dan menguntungkan. Kamu perlu mendapatkan lebih banyak pelanggan, penjualan, dan keuntungan dalam upara mengembankan bisnis.

Hal ini akan bisa kamu capai melalui pemasaran yang tepat dan juga efektif. Beberapa bentuk atau cara pemasaran dengan memanfaatkan sarana online yang akan bisa membantu kamu adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Pemasaran Online yang Wajib kamu Ketahui

1. SEM/Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu strategi pemasaran digital yang bisa memberikan hasil dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Melalui iklan di mesin pencari, eksposur akan dengan cepat didapatkan. Bisa berbuah dengan peningkatan penjualan. Manfaat utama menggunakan SEM adalah:

  • Mendapatkan hasil dalam jangka waktu yang cepat.
  • Mudah menjangkau audiens.
  • ROI tinggi.
  • Bisa dimulai dengan anggaran kecil dan dapat berhenti kapan saja.
  • Kamu akan memiliki data dan wawasan yang lengkap untuk meningkatkan kampanye SEM kamu dan strategi pemasaran lainnya.

Kampanye iklan ini akan bisa menghabiskan anggaran dengan cepat. Jadi, diperlukan keahlian tertentu untuk merancang kampanye sukses yang menghasilkan lebih banyak konversi daripada klik.

2. SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi yang paling hemat biaya. Namun bisa memberikan ROI yang memuaskan. Setiap bisnis harus fokus pada SEO jika ingin memasarkan secara online. Ini adalah proses yang dapat mendatangkan traffic organik ke website atau toko onlinemu dari mesin pencari tanpa biaya tambahan.

Baca Juga: Pentingnya Website Toko Online Untuk Bisnismu!

Melalui optimasi SEO, kamu akan dapat terus mendatangkan calon pelanggan baru, tanpa biaya yang besar. Bisa dengan memulai membuat konten, mengoptimalkan halaman-halaman, beranda, dan blog lainnya untuk mendapatkan traffic organik yang berharga. Berbagai hal baik yang akan bisa kamu rasakan dari strategi pemasaran secara online satu ini adalah:

  • Bisa hemat biaya dengan ROI yang memuaskan.
  • Hasil tahan lama dan akan bisa diperbarui.
  • Tingkatkan jangkauan dari bisnis secara organik.
  • Dapatkan kepercayaan dan otoritas secara otomatis.

3. Email Marketing 

Email marketing adalah salah satu teknik yang paling penting dalam pemasaran online. Pemasaran melalui email ini akan bisa memberikan ROI (Return-On-Investment) tertinggi yaitu sekitar 40x, berdasarkan sebuah penelitian.

Namun, banyak bisnis yang masih ragu untuk memanfaatkan cara yang satu ini. Padahal strategi ini sangat cocok dalam membangun hubungan dan juga sarana menyampaikan informasi kepada para pelanggan. 

4. Viral/Tik Tok Marketing

Untuk menghasilkan traffic besar, penjualan, dan membuat buzz sebagai cara pemasaran online kamu, maka tidak ada yang lebih baik daripada pemasaran viral melalui platform yang terkenal dan digunakan banyak orang. Salah satunya mempromosikan produk dan bisnis menggunakan sosial media yang sedang populer seperti Tik Tok. Kamu akan bisa mendapatkan kesuksesan dengan cepat menggunakan viral marketing. 

Dengan membuat konten yang bisa menjadi viral kamu bisa sukses dengan cara ini. Buat konten dari sudut yang unik dan harus memiliki rencana pemasaran yang kuat untuk mempromosikannya.

5. Content Marketing 

Content marketing adalah strategi yang sangat efektif untuk mengembangkan bisnis. Pemasaran melalui konten ini akan bisa menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada pencarian berbayar. Ini adalah strategi yang lebih murah dan efektif untuk bisnis kamu. Dapat juga membantu untuk SEM dan SEO. Content marketing memberikan hasil yang tahan lama tetapi perlu beberapa waktu untuk melihat hasilnya

6. Social Media Marketing

Media sosial telah menjadi alat untuk pemasaran yang cukup kuat akhir-akhir ini. Ini menjadi bagian yang penting untuk pemasaran di dunia online. Strategi ini juga bisa diintegrasikan dengan berbagai strategi lainnya untuk memberikan hasil yang lebih maksimal. Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  • Facebook
  • Instagram
  • Pinterest
  • LinkedIn

Baca Juga: 6 Teknik Efektif Berjualan di Media Sosial

7. Influencer Marketing 

Ini adalah salah satu teknik pemasaran paling dicari saat ini. Sangat efektif dan murah untuk mengembangkan bisnis kamu. Keuntungan yang akan bisa didapatkan melalui strategi ini bisa berupa strategi pemasaran berbiaya rendah, mudah diterapkan, dan kamu juga dapat menyewa influencer populer atau beberapa mikro-influencer untuk mempromosikan merek atau bisnis.

Baca Juga: 5 Strategi Bisnis Online yang Wajib Dicoba

8. CRM (Customer Relationship Management)

Dengan semakin meningkatnya persaingan, pemasaran online kini memiliki banyak bentuk. CRM atau customer relationship manager sejatinya bukanlah sebuah bentuk pemasaran.

CRM adalah sebuah metode untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Namun, dengan semakin banyaknya produk dengan fitur yang sama, menjalin hubungan baik dapat menjadi sebuah bentuk pemasaran sendiri.

Jika bisnis kamu dapat menawarkan hal lebih dari segi pelayanan pada konsumen, maka bisa saja konsumen kamu menganggap produk kamu lebih bagus dari kompetitor walaupun produk kamu dan kompetitor serupa.

Kesan yang baik ini kemudian dapat diteruskan oleh pelanggan kamu dan menarik calon konsumen lainnya untuk mencoba produk kamu.

Bagaimana Cara Memulai Memasarkan Produk Secara Online?

Sejatinya, pemasaran online tetaplah sebuah bentuk pemasaran. Maka dari itu, memilih media atau strategi pemasaran online hanyalah satu dari sekian langkah cara memasarkan produk secara online.

Maka dari itu, masih ada langkah-langkah lainnya yang harus kamu lakukan untuk memastikan kalau usaha pemasaran produk secara online kamu berhasil nantinya. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu jadikan panduan.

1. Tentukan Target Pasar

Langkah awal sebelum memulai pemasaran online secara efektif adalah menentukan dan mengenali target pasar. Berusaha menjual barang kepada semua orang bukanlah sebuah langkah yang efektif.

Daripada kamu mencoba membuat semua orang tertarik dengan barangmu, ada baiknya kamu membuat sebagian kecil orang benar-benar tertarik pada barangmu. Target audiens yang spesifik akan membantu kamu menemukan pesan dan memilih strategi pemasaran online yang tepat nantinya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pelanggan Yang Akan Ditemui dan Sifat-Sifatnya

2. Tentukan Biaya

Strategi pemasaran online memang relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Tetapi, tidak dapat dipungkiri kalau beberapa strategi marketing online memiliki harga yang tidak kalah mahal dengan marketing konvensional.

Oleh karena itu, kamu harus terlebih dahulu menentukan seberapa besar biaya yang ingin kamu keluarkan untuk pemasaran onlinemu. Menentukan biaya dapat membantu kamu mengeliminasi strategi pemasaran online yang dapat kamu pilih sehingga kamu dapat fokus pada hal-hal yang bisa kamu lakukan.

3. Ikuti Pelanggan Anda

Dalam memilih strategi pemasaran online, pastikan kamu memilih strategi yang dapat membidik calon konsumen kamu dengan baik.

Apa maksudnya?

Misalnya, kamu memiliki produk makanan dan menargetkan anak-anak muda. Dengan target pasar seperti itu, memilih strategi sosial media dan TikTok dapat menjadi strategi yang efektif.

Beda misalnya jika kamu memiliki produk berkebun dan menargetkan orang-orang tua. Strategi sosial media dan Tiktok bisa jadi tidak efektif karena orang-orang tua jarang menggunakan keduanya. Dalam hal ini, strategi SEM atau SEO dapat lebih efektif karena walaupun jarang menggunakan sosmed, orang-orang tua tetap menggunakan mesin pencari.

4. Jalin Hubungan Dengan Pelanggan

Setelah kamu memilih strategi yang dapat membidik calon pembeli dengan baik, sekarang saatnya kamu menjaga hubungan dengan mereka. Pastikan pelayanan yang kamu berikan dari strategi pemasaran online yang kamu berikan selalu optimal.

Teruslah belajar dan mengenal lebih dekat tentang calon pelangganmu. Ketika tren berubah dan calon pelanggan kamu berpindah tempat, kaji ulang strategi marketing online bisnis kamu.

Apa Saja Trik Menjalankan Strategi Pemasaran Online Yang Efektif?

Menerapkan strategi pemasaran online merupakan hal yang cukup kompleks. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan untuk memastikan strategi pemasaran online kamu berjalan dengan baik. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menjalankan strategi marketing kamu dengan baik.

1. Gunakan Media Sosial

Media sosial merupakan alat pemasaran yang paling kuat. Saat akan memanfaatkan sosial media, pastikan juga kamu memilih sosial media yang memang digunakan oleh banyak target pasar kamu.

Selain memilih platform sosial media yang tepat, kamu juga harus membuat rencana untuk membuat konten. Tidak perlu setiap hari, namun yang terpenting adalah konsistensi. Pastikan membuat jadwal dan brief detil agar tidak ada konten yang bersifat duplikat atau mirip nantinya.

2. Buatlah Website

Serupa dengan sosial media, website adalah sebuah alat pemasaran online yang sangat kuat. Website merupakan alat yang efektif untuk membangun reputasi dan keberadaan online bisnis kamu.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Website Jualan yang Mudah Diikuti

Selain itu, website juga dapat kamu jadikan toko online di mana kamu dapat menjual produk secara langsung. Dengan berjualan di website kamu sendiri, kamu tidak akan terkena potongan yang umumnya dikenakan oleh platform platform lain sebagai keuntungan.

3. Manfaatkan Email Marketing

Email mungkin bukanlah media pemasaran produk secara online yang besar seperti sosial media atau website. Tetapi, email yang ditargetkan dengan baik akan memberikan hasil yang luar biasa.

Email dapat menjadi media pemasaran produk yang personal; Anda dapat mengirimkan pesan yang berbeda-beda sesuai dengan target pasar Anda. Dengan demikian, kamu dapat membangun hubungan baik dengan konsumen serta calon konsumen yang dapat berujung pada mereka membeli produk kamu.

4. Gunakan Review dan Testimoni Tentang Produk Anda

Review dan testimoni merupakan alat yang sangat kuat untuk mempengaruhi keputusan pembelian seseorang. Melalui review dan testiomoni juga kamu dapat menunjukkan bahwa barang atau jasa yang kamu tawarkan sangat berkualitas. Dengan demikian, pelanggan dapat dengan cepat menilai produk atau jasa yang kamu tawarkan dan semakin yakin untuk membelinya.

Itulah dia beberapa cara memasarkan produk secara online dengan mudah. Ada baiknya jika kamu menggabungkan berbagai macam cara di atas untuk bisa menghasilkan pemasaran yang efektif, asal sesuai dengan budget. Sebelum menerapkan berbagai cara ini, pastikan jika kamu sudah memiliki website toko online yang mumpuni.

Jika belum, maka kamu akan membutuhkan jasa pembuatan website toko online dari  iSeller. Segera daftar dan coba secara gratis selama 14 hari di sini sekarang juga. 

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: