Cara Branding Produk di Masa Sekarang

cara branding produk
cara branding produk

Branding produk merupakan salah satu pekerjaan rumah terbesar setiap bisnis. Di tengah pasar yang semakin ramai dan kompetitif, setiap bisnis harus dapat menampilkan produknya sebagai sebuah produk yang unik dan berguna bagi calon pelanggan. Untuk dapat melakukannya, kamu harus tahu terlebih dahulu cara branding produk.

Banyak bisnis yang ternyata tidak mampu lagi bertahan karena kehilangan pasar dan konsumennya. Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis di situasi yang sulit adalah dengan membangun strategi brand untuk bisnis kamu. Brand merupakan segala sesuatu yang terkait dengan bisnis, produk, layanan, dan perusahaan. Inilah yang harus kamu usahakan agar brand kamu dikenal banyak orang. Sehingga semua orang selalu mengingat brand kamu saat mereka sedang membutuhkan sesuatu.

Tetapi, bagaimana caranya melakukan branding dengan tepat? Simak beberapa cara branding produk yang dapat kamu terapkan.

Strategi Branding Produk Yang Bisa Kamu Coba

Sayangnya membangun sebuah brand agar dapat dikenal dan diingat banyak orang tidaklah mudah, pasalnya, agar sebuah brand dapat dikenal masyarakat banyak memerlukan usaha dan waktu yang cukup panjang.

Berikut merupakan cara yang bisa kamu gunakan untuk branding produk agar produk kamu mudah dikenal. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Memberikan Reward yang Menarik

Di kondisi apapun, masyarakat akan tetap menyukai promo, potongan harga, dan hadiah gratis. Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan menjadikan hal yang disukai masyarakat tersebut sebagai bagian dari branding bisnismu.

Misalnya, kamu bisa mengadakan giveaway yang diselipkan nilai-nilai branding bisnis kamu. Hadiah ini tidak perlu berbentuk uang, bisa saja hand sanitizer dengan logo perusahaan kamu. Strategi ini bisa kamu gunakan dan berdampak positif pada bisnis kamu.

2. Event Seru di Dunia Maya

Selama pandemi, event offline yang membuat kerumunan sangat dilarang. Karena itu, untuk menguatkan branding kamu, kamu bisa melakukannya dengan menciptakan event yang seru di dunia maya, seperti di sosial media.

Dengan adanya event ini, kamu bisa memberikan ruang untuk berinteraksi dengan masyarakat banyak. Mereka bisa mendapatkan nilai positif berupa pengalaman virtual yang menyenangkan.

3. Membuat Iklan

Iklan merupakan salah satu cara efektif untuk melakukan branding agar produk kamu dikenal oleh banyak orang. Jika bisnismu tidak terlalu besar dan tidak mau mengeluarkan dana yang banyak untuk pemasaran, kamu dapat memanfaatkan iklan digital.

Baca Juga: Konsep Digital Marketing yang Harus Dikuasai Agar Tetap Kompetitif

Iklan digital juga memiliki target pasar yang potensial karena penggunanya yang sangat banyak, bahkan semakin meningkat setiap harinya. Iklan digital pun bisa dibuat dengan biaya yang sangat terjangkau, bahkan beberapa dari iklan tersebut gratis. Tentu saja hal ini sangat efisien dan efektif untuk meningkatkan branding bisnis kamu agar dikenal oleh banyak orang.

4. Memberikan Nilai Tambah Produk

Ketika membentuk citra sebuah brand, ada baiknya jika konten yang kamu buat bisa bermanfaat bagi calon pelanggan kamu. Kamu harus membuat konten yang bersifat edukatif sehingga dapat meningkatkan citra positif brand kamu.

Bukan hanya konten yang bersifat jual beli, tapi juga bisa memberikan nilai lebih seperti memberikan motivasi dan tips bisnis bagi audiens kamu. Hal tersebut bisa membangun hubungan yang baik dan lama dengan pelanggan dan berujung pada loyalitas pada bisnismu.

Baca Juga: Teknik Jitu Untuk Menarik dan Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Itulah berbagai cara branding produk di masa sekarang yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu. Kamu harus ingat bahwa pesaingmu di luar tidak sedikit, sehingga kamu harus memenangkan hati pelangganmu dengan meningkatkan branding produkmu.

Proses branding ini memang bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan dengan instan, tetapi jika kamu bisa melakukannya secara sungguh-sungguh, brand awareness bisnismu akan meningkat dan produkmu akan lebih dikenal oleh masyarakat dan bisnismu pun bisa menjadi lebih sukses.

Selain itu, kamu juga harus memastikan jika sistem bisnismu sudah tepat dan mampu menunjang operasional bisnismu sehari-hari. Sehingga bisnismu bisa berjalan lebih lancar. Kamu bisa mencoba iSeller untuk membantu mengelola dan memantau bisnis kamu. iSeller merupakan platform omnichannel yang telah terintegrasi dengan sistem POS sehingga setiap transaksi yang terjadi di POS mu akan langsung masuk ke sistem secara real-time. Dapatkan juga kemudahan berjualan di berbagai channel online dan offline dengan menggunakan iSeller. Coba iSeller sekarang, yuk!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: