Berjemurlah Dengan Benar dengan Tips-Tips Ini! - iSeller Blog

Berjemurlah Dengan Benar dengan Tips-Tips Ini!

Tahukah Anda kalau berjemur di pagi hari itu punya banyak banget manfaat buat kesehatan? Salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta memperkuat tulang. Selain itu, sinar matahari bisa membantu menghilangkan stress loh. Namun, Anda tidak bisa sembarangan berjemur, karena jika dilakukan sembarangan malah bisa merusak kulit. Simak tips-tips cara berjemur yang baik berikut ini!

Baca juga: Mau Olahraga di Tempat Umum Saat New Normal? Perhatikan Tipsnya!

Berjemurlah di Bawah Jam 10 Pagi

Menurut World Health Organization (WHO), index UV paling rendah ada pada jam 9-10 pagi. Sementara di atas jam 10 pagi, sinar matahari memiliki index UV yang lebih tinggi. Maka dari itu, disarankan untuk berjemur di bawah jam 10 pagi dengan index UV yang rendah sehingga Anda tidak akan terpapar risiko bahaya sinar UV terlalu banyak.

Gunakan Sunblock

Untuk mengurangi bahaya paparan sinar UV bagi kulit saat berjemur, gunakanlah sunblock atau produk pelindung sinar matahari. Sebelum menggunakannya, perhatikan Sun Protection Factor atau SPF yang terkandung dalam produk tersebut. Gunakan minimal SPF 24 yang memiliki perlindungan terhadap sinar matahari sampai 97%. Batas waktu efek dari SPF tersebut juga ada hitungannya loh, namun tergantung keadaan kulit masing-masing.

Sederhananya seperti ini. Jika kulit Anda dalam keadaan tanpa sunblock terpapar sinar matahari selama 5 menit dan sudah memerah, berarti kemampuan kulit kita menahan sinar matahari adalah 5 menit. Nah 5 menit ini dikalikan SPF-nya. Misalnya, SPF 30. Berarti 5 x 30 = 150 menit adalah berapa lama produk tersebut mampu menahan sinar matahari terhadap kulit Anda.

Berjemur Tidak Perlu Lama-Lama

Memang tidak ada batasan waktu untuk berjemur, Anda bisa berjemur selama yang Anda mau. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu berjemur lama-lama karena menurut dokter, berjemur selama 30 menit saja sudah cukup memberikan paparan sinar matahari yang baik.

Perhatikan Bagian Tubuh yang Terpapar

Yang namanya berjemur, tidak akan ada gunanya jika tubuh tidak terpapar sinar matahari. Pastikan bagian 60% bagian tubuh Anda terpapar sinar matahari. Dengan kata lain, hindari menggunakan topi, baju lengan panjang atau celana panjang. Menggunakan baju lengan pendek dan celana pendek disarankan agar tubuh terpapar sinar matahari dengan baik.

Gunakan Kacamata Hitam

Saat berjemur, ada baiknya juga untuk menggunakan kacamata hitam yang bisa melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar matahari sampai 99%. Mata adalah salah satu bagian tubuh yang rentan, jadi lindungilah mata Anda.

Alangkah baiknya jika Anda bisa menjadikan kegiatan berjemur ini menjadi kebiasaan sehari-hari. Tidak hanya saat sedang di tengah wabah Covid-19 saja, namun juga untuk seterusnya. Setidaknya saat Anda punya waktu untuk melakukannya, misalnya weekend saat tidak bekerja. Mulailah bangun pola hidup sehat untuk kehidupan yang jauh lebih baik bersama #iSellerCare. Kunjungi juga website kami untuk cari tahu bagaimana kami bisa membantu Anda tetap produktif saat di rumah saja. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading