Belajar Apa itu Bad Publicity dari Masalah konten Viral

bad publicity konten holywings

Bikin konten buat tenar? Banyak banget cara yang dilakukan oleh individu atau tim marketing agar sebuah konten bisa viral. Mulai dari membuat konten yang memang menarik, sampai membuat konten kontroversial untuk menarik perhatian audiens.

Baca juga: Cara GRATIS sukseskan bisnis lewat Free Marketing

Salah satu konten yang sedang viral dan kita lihat berlalu-lalang di media sosial adalah Holywings. Salah satu kelab malam tersohor ini sedang viral akibat promosi yang mereka lakukan. Promosi minuman alkohol gratis untuk mereka yang memiliki nama Muhammad dan Maria ini ramai jadi bahan obrolan warganet karena kontroversial.

Bad Publicity Konten Viral

Konten yang kontroversial dan jadi tenar ini biasanya kita kenal sebagai “Bad Publicity”, meskipun disebut negatif, beberapa orang masih menganggap konten kontroversial tetap akan membuat nama mereka lebih banyak diketahui orang. Dari Masalah konten Holywings yang viral ini, kita bisa belajar apa sih bad publicity dan apakah konten yang termasuk bad publicity bagus untuk image brand kamu? 

Pengertian Bad Publicity

Bad Publicity adalah sebuah publisitas yang biasanya berisi hal kontroversial. Meski terkesan negatif, strategi bad publicity ini masih dijadikan salah satu teknik promosi yang efektif agar banyak orang mengenal brand mereka.

Bagaimana Bad Publicity ini Berdampak pada Brand

Peneliti di Universitas Standford  melakukan analisis tentang bagaimana ulasan buku di The New York Times mempengaruhi penjualan buku. Dalam analisis tersebut, ada tiga kemungkinan dan salah satunya, bad publicity yang berdampak pada meningkatnmya penjualan.

Pada penelitian ini, dilakukan analisis terhadap empat buku dengan konten yang memang bagus dan menarik dengan ulasan yang positif. Buku ini mengalami pengingkatan penjualan antara 32% sampai 52% setelah terbit.

Pada penelitian lain, penulis mengungkapkan jika buku yang sudah terbit dengan ulasan apapun, meskipun itu ulasan negative, menghasilkan peningkatan penjualan sebanyak 45%

Hal ini pasti membingungkan. Jadi, apakah Bad Publicity ini hal yang bagus atau sebaliknya? Realitanya, publisitas yang buruk bagi brand dengan nama yang terkenal akan berdampak pada menurunnya penjualan mereka.

Selain itu, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan ketika melakukan bad publicity. Meskipun tidak sepenuhnya buruk, tapi strategi bad publicity ini tidak menarik konsumen yang loyal, karena bisa saja konsumenmu hanya penasaran dengan produk yang kamu jual. Hal ini pun bisa berdampak buruk pada bisnismu dalam jangka panjang.

Itulah apa yang bisa kita pelajari tentang bad publicity dari masalah konten Holywings. Daripada melakukan bad publicity, akan lebih baik untuk kamu mengambil konten yang memang memiliki wawasan dan membuat para audiensmu penasaran. Dengan begitu, kamu bisa menarik konsumen dengan loyalitas yang tinggi.

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: