Aplikasi Kasir Terbaik: 7 Tips Memilih Yang Tepat - iSeller Blog

7 Hal Penting Dalam Memilih Aplikasi Kasir Terbaik

Memilih aplikasi kasir terbaik bukan perkara mudah. Kamu harus melihat beberapa keunggulan dari aplikasi tersebut untuk mendapatkan yang terbaik. Apalagi pada saat ini, banyak sekali perusahaan yang menawarkan layanan aplikasi kasir atau POS (Point of Sales) dengan fitur yang berbeda-beda. 

Penggunaan POS sangat disarankan. Melihat bagaimana kemajuan teknologi semakin pesat, penggunaan POS sangat penting untuk membangun bisnis. Kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan seluruh data terkait penjualan di dalam bisnis, sehingga dapat membantu strategi perusahaan untuk ke depannya. 

Jika kamu sedang membangun bisnis dan memang membutuhkan POS, beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih layanan ini telah dijelaskan di bawah ini. Simak informasi selengkapnya. 

Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik?

Seperti yang dijelaskan di atas, sudah banyak perusahaan teknologi yang membuat layanan aplikasi kasir. Masing-masing layanan tersebut memiliki kelebihan, sekaligus kekurangan berbeda-beda. Baik dari segi fitur, kemudahan dalam penggunaan, hingga harga layanan yang diberikan. 

Baca Juga: 7 Fungsi Kasir yang Perlu Diketahui untuk Bisnis Anda

POS memang tidak boleh dipilih secara sembarangan. Mengingat bagaimana data terkait penjualan dan hal-hal lainnya terdapat di dalam aplikasi ini, maka kamu harus mendapatkan pilihan POS terbaik sejak awal. Bagaimana cara memilihnya?

1. Ketahui Kebutuhan Bisnis Kamu

Setiap bisnis memiliki skalanya masing-masing. Ada bisnis kecil, menengah, hingga besar. Ketika kamu menjalankan bisnis yang masih terhitung skala kecil, maka kamu dapat menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan POS yang akan dipilih. 

Baca Juga: 6 Teknik Jitu Mengembangkan Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

POS dengan fitur secukupnya sudah pasti dapat kamu pilih. Kamu tidak perlu memilih POS yang diperuntukkan bagi perusahaan besar dengan tingkat kompleksitas lebih tinggi. 

Ketika kamu memilih aplikasi kasir semacam itu, maka biaya yang harus dikeluarkan juga pasti sama besarnya. Lebih baik fokus mencari POS yang memang sesuai kebutuhan kamu. Jadi, ketahui kebutuhan bisnis terlebih dahulu sebelum memilih POS.

2. Pilih Aplikasi dengan Fitur-Fitur yang Tepat

Pilihan layanan POS memang sudah sangat banyak. Kamu bisa melihat bagaimana kelebihan dari masing-masing fitur tersebut. Untuk dapat memilih aplikasi kasir yang tepat, perhatikan fitur-fitur yang diberikan. Apakah memang cocok untuk bisnis kamu atau tidak. Hal ini dikarenakan ada aplikasi kasir khusus untuk pengusaha retail atau F&B. 

Baca Juga: Cari Tahu 6 Ide Bisnis Makanan Online yang Bisa Kamu Coba di Sini!

Jangan sampai kamu salah memilih POS yang diperuntukkan khusus untuk suatu bisnis tertentu. Kalau sampai salah langkah, maka kamu bisa rugi pada kemudian hari. Tentu saja kamu tidak mau hal itu terjadi, bukan? Lebih bijak dalam memilih aplikasi kasir untuk bisnis sendiri memang sangat diperlukan.

3. Pilih Aplikasi yang Mudah Digunakan

Berbicara mengenai kemudahan dalam penggunaan, hal ini sangat penting untuk diperhatikan lebih dalam. Aplikasi yang baik dapat memudahkan penggunanya, termasuk gampang untuk dipelajari. Itulah mengapa kamu harus melihat apakah aplikasi tersebut mudah untuk digunakan oleh kasir. 

Dengan lebih mudah untuk digunakan, maka proses pemanfaatan POS menjadi jauh lebih maksimal lagi. Kamu tidak akan merasa rugi untuk mengeluarkan biaya aplikasi kasir.

4. Pilih Aplikasi dengan Teknologi Cloud

Ya, benar sekali. Saat ini penyimpanan data sudah tidak bergantung 100% pada hardware saja. Sudah ada teknologi Cloud yang dapat menyimpan data ke dalam jaringan internet dengan lebih cepat, mudah, dan aman. 

Ketika kamu ingin memilih POS, sebaiknya pilih yang sudah memiliki teknologi Cloud. Data-data transaksi yang dimiliki akan terhubung langsung ke Cloud sehingga lebih mudah untuk diakses tanpa harus menyediakan hardware khusus.

5. Cek Fitur Keamanan

Data-data yang didapatkan dari transaksi bisnis adalah data yang penting untuk dijaga. Jangan sampai ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab dapat mengakses data tersebut. Tentunya hanya boleh dilihat dan diakses orang-orang yang memang kamu izinkan. Jadi, hal penting lainnya yang harus kamu cek dalam proses memilih POS adalah fitur keamanan.

Apakah fitur keamanan aplikasi kasir itu kuat atau tidak dapat dilihat dari fitur yang diberikan. Fitur pengaturan hak akses yang berbeda-beda harus ada di dalam aplikasi kasir tersebut agar mampu memberikan jaminan keamanan data yang maksimal.

6. Reputasi Aplikasi Kasir yang Baik

Setiap perusahaan POS yang tersedia pada saat ini sudah memiliki history terkait penggunaan layanan mereka. Kamu dapat melihat lebih dalam bagaimana reputasi masing-masing aplikasi kasir tersebut. Seharusnya semua ada di internet. 

Cek apakah ada keluhan yang cukup sering dari pengguna sebelumnya atau tidak. Begitu juga lihat apa saja manfaat yang dinyatakan para pengguna POS tersebut. Kamu dapat melihat dari dua sisi sekaligus agar mendapatkan pilihan terbaik.

7. Harga Sesuai Budget

Pilihan POS terbaik untuk kamu gunakan tentu saja harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Dari beberapa poin yang telah diberikan di atas, kamu tetap harus mengambil jalan terbaik dalam melihat POS paling tepat. Pilih fitur dan layanan yang sesuai dengan harga yang diberikan. 

Dari sekian banyak poin yang harus dilihat dalam memilih aplikasi kasir paling tepat, iSeller hadir dengan aplikasi software kasir POS untuk mendukung bisnis kamu. Aplikasi kasir POS iSeller terbukti sederhana, intuitif, dan tetap modern yang dapat dirancang khusus untuk setiap bisnis, termasuk bisnis kamu. Jadi tunggu apalagi? Hubungi iSeller untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

multi-channel

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading