Apa Itu Self Service dan Kelebihannya?

apa itu self service
apa itu self service

Perkembangan zaman menuntut para pelaku usaha agar terus beradaptasi dan berinovasi sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka karena semakinn banyak pelanggan yang menuntut adanya proses yang lebih cepat dan sederhana. Dengan adanya teknologi, inovasi ini bisa lebih mudah diwujudkan.

Salah satu contoh inovasi yang dimaksud adalah inovasi dalam bentuk self-service. Self-service adalah konsep pelayanan tanpa staf atau melayani kebutuhan sendiri. Di tempat yang sepenuhnya sudah menerapkan self-service, tidak aka nada staf yang melayani kamu, kamu akan memilih, memproses pembayaran, hingga mengambil barang belanja dengan mandiri.

Self service biasanya memanfaatkan perangkat teknologi untuk penerapannya. Contohnya, pada sebuah restoran, biasanya pihak restoran akan menyediakan QR Code menu untuk pemesanan mandiri yang bisa dilakukan pelanggan. Ada juga restoran yang menyediakan tablet di meja, sehingga pelanggan cukup memesan melalui tablet dan pembayaran dapat dilakukan secara cashless dengan metode pembayaran digital.

Kelebihan Self Service

Penerapan self service ini tentunya tidak hanya menguntungkan pelanggan namun juga pebisnis. Lantas, apa saja kelebihan self-service yang dimaksud? Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan adanya self-service yang membantu memudahkan pelanggan dalam bertransaksi, hal ini bisa berdampak baik bagi bisnis kamu, salah satunya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena pelanggan tidak perlu lagi bergantung pada pelayan dan semua proses transaksi bisa dilakukan lebih cepat.

Baca Juga Mengenal Pengertian, Manfaat, dan Faktor Kepuasan Pelanggan

2. Mengurangi Jumlah Pegawai

Saat menerapkan self-service, kamu tentu bisa mengurangi jumlah pegawai di tempatmu. Karena pelayanan yang bisa dilakukan secara mandiri, kamu tentu tidak perlu repot lagi untuk menambah pegawai untuk membantu operasional bisnismu.

Namun, ini tidak berarti kamu bisa memberhentikan semua pegawai yang sudah ada, kamu bisa memanfaatkan sistem self-service ini untuk mengembangkan bisnismu lebih besar lagi tanpa harus mengeluarkan dana untuk menggaji pegawai baru. Kamu bisa menekan pengeluaranmu dan memanfaatkan dana tersebut untuk mengelola bisnismu ke level yang lebih jauh.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Bisnis dengan Lebih Mudah

3. Mengatasi Antrian

Antrian yang panjang sangat dihindari oleh banyak pelanggan, biasanya mereka malas untuk mengantri dan menunggu. Hal ini tentu bisa membuat pelanggan kamu merasa kecewa dan mengurungkan niat mereka untuk mengunjungi tempatmu. Dengan adanya self-service, kamu bisa mengatasi antrian ini karena pelangganmu akan bertransaksi secara mandiri dan lebih terorganisir tanpa perlu menunggu pelayan.

4. Mengurangi Kesalahan Manusia

Sistem self-service bisa mengurangi kesalahan manusia yang kerap terjadi, seperti keliru mencatat dan membuat menu. Hal seperti ini tentu pernah terjadi dan cukup mengecewakan pelanggan. Karena itu, kamu bisa menerapkan self-service untuk meminimalisir kesalahan manusia.

5. Menghindari Kontak Langsung

Di masa pandemi, sangat disarankan untuk kamu menghindari kontak langsung. Karena adanya kontak langsung juga akan membahayakan pegawai serta pelangganmu. Sistem Self-service bisa membantu pelanggan maupun pegawaimu menghindari kontak langsung, sehingga pelangganmu akan merasa nyaman dan aman ketika bertransaksi.

Itulah definisi dan beberapa keuntungan self-service yang perlu kamu ketahui. Penerapan sistem self-service sangat baik dan berorientasi pada kenyamanan pelanggan dan pengusaha. Kamu bisa mencoba menggunakan sistem self-service untuk meningkatkan efisiensi bisnismu.

iSeller juga punya, lho, self-service Kiosk yang bernama iSeller Digital KiosK. Kamu bisa coba terapkan untuk memberikan pengalaman berbeda kepada pelangganmu dalam memesan makanan. Tidak hanya itu, iSeller Digital KiosK juga sudah terintegrasi penuh dengan kitchen display dan printer POS, sehingga pesanan yang masuka akan lebih cepat untuk diproses. Kenalan lebih lanjut dengan iSeller Digital KiosK, yuk!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: