7 Strategi Menjalin Partnership Agar Bisnis Kian Sukses - iSeller Blog

7 Strategi Menjalin Partnership Agar Bisnis Kian Sukses

partnership

Tidak sedikit pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mencoba sistem partnership untuk membantu pembangunan bisnisnya hingga meraup keuntungan yang lebih besar. Sistem kemitraan ini memang memiliki potensi yang tidak bisa dibilang kecil, terlebih jika dieksekusi dengan baik.

Tertarik untuk ikut mencobanya juga? Yuk, simak ulasannya di bawah ini terlebih dahulu agar kamu bisa menjalankan sistem partnership secara tepat!

Apa itu Partnership?

Partnership artinya adalah kemitraan, di mana dalam dunia bisnis kemitraan ini umumnya dibangun dengan menggabungkan dua layanan bisnis yang mungkin berbeda, tapi saling berkaitan. Kemudian menawarkannya kepada pelanggan sebagai layanan baru sehingga dapat meningkatkan nilai jual dari tiap-tiap layanan bisnis yang awalnya diterapkan.

Jika melihat pengertian di atas, lantas apa bedanya dengan merger? Merger dilakukan dengan menggabungkan kedua bisnis itu sendiri dan dilebur menjadi sebuah bisnis baru, sedangkan dalam partnership biasanya yang digabungkan hanya layanan atau produknya saja, bukan bisnisnya secara keseluruhan. Dengan begitu, biasanya tidak akan terjadi peleburan apa pun dalam setiap kemitraan.

Seorang pelaku usaha bisa saja menjalin hubungan kemitraan dengan pelaku usaha lainnya, dan masing-masing tetap bisa menjual produk atau jasa yang ditawarkan secara terpisah di luar dari layanan kemitraan yang dibangun. Contohnya, pelaku usaha yang bergerak di bidang makanan ringan, mungkin bermitra dengan pelaku usaha lain yang bergerak di bidang minuman ringan dalam hubungan kemitraan yang meluncurkan paket produk baru, yaitu paket makanan dan minuman yang ditawarkan oleh kedua bisnis tersebut dalam satu produk.

Meski sedang bermitra dengan pelaku usaha yang menjual minuman ringan, tapi pelaku usaha yang menjual makanan ringan tersebut tetap bisa menjual produknya secara terpisah sambil tetap menjajakan paket produk makanan dan minuman ringan. Dengan model kemitraan semacam ini, tentunya pelanggan dari kedua pelaku usaha tersebut tetap bisa menikmati produk dengan nilai jual tambahan.

Yuk, Kenalan dengan Jenis-Jenis Partnership

partnership
Sumber: Freepik

Bentuk kemitraan ini ada berbagai tipe, ada yang semuanya saling bekerjasama menjalankan bisnis, dan ada juga yang salah satu pihak hanya berinvestasi dan memiliki partisipasi yang terbatas. Di sini, kamu bisa memutuskan tipe kemitraan apa yang kamu inginkan. 

  • Kemitraan umum, yaitu mitra yang berpartisipasi menjalankan bisnis adalah yang punya tanggung jawab sebagai pemilik tuntutan hukum dan hutang.
  • Kemitraan terbatas, terdiri dari satu mitra umum yang menjalankan bisnis, sedangkan mitra lainnya tidak bertanggung jawab dan tidak ikut berpartisipasi.
  • Kemitraan pertanggungan terbatas, hampir mirip dengan kemitraan terbatas, tapi mungkin terdapat beberapa mitra umum.

Apa Keuntungan dari Sistem Partnership?

Partnership memiliki banyak kelebihan dan salah satu cara paling umum untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Kelebihan yang diberikan oleh sistem kemitraan ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Modal aktif bisa terkumpul lebih besar, apalagi jika ditambah harta pribadi yang memungkinkan adanya perluasan bisnis karena adanya tambahan modal.
  • Lebih mudah dalam mendirikan bisnis, bisa dengan cara informal jika bisnis kemitraan belum dianggap perlu untuk dijalankan secara formal dan tercatat.
  • Proses adaptasi dengan dunia bisnis menjadi lebih mudah dan pengambilan keputusan yang lebih cepat.
  • Masing-masing keterampilan yang dimiliki bisa saling melengkapi keterbatasan untuk mengerjakan kegiatan yang ada dalam bisnis.
  • Lebih mudah dalam mencari mitra pasif yang bisa mengakomodasi beberapa pihak yang bersedia menginvestasikan uangnya tanpa perlu terlibat langsung dalam bisnis dan mengambil risiko sebatas modal yang diinvestasikan tersebut.
  • Lebih mudah untuk membagi laba atau keuntungan berdasarkan kesepakatan yang sudah ditentukan pada awal kerja sama. 

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P, Klasik, Efektif, dan Adaptif!

Strategi Menjalin Partnership dalam Bisnis

partnership
Sumber: Freepik

Membangun business partnership harus dilakukan dengan baik dan benar. Jika tidak, maka akan berpotensi terjadi kegagalan yang menimbulkan kerugian. Untuk berhasil menjalin kemitraan dalam berbisnis, kamu sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Langkah dasar untuk memulai bisnis apapun adalah membuat visi dan misi bisnis bersama.
  2. Kemudian, tetapkan tujuan individu dan perusahaan.
  3. Setelah visi misi terbentuk, kamu perlu menentukan peran kerja untuk setiap individu. Peran kerja ini seperti deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab yang harus diemban terhadap bisnis.
  4. Langkah berikutnya, identifikasi dan manfaatkan keahlian yang dimiliki masing-masing dengan sebaik-baiknya. 
  5. Kamu harus segera mengenali kekurangan dari mitra bisnis dan diri kamu sendiri dan temukan solusinya secara bersama-sama. Jika terlalu lama dibiarkan, kekurangan itu bisa menghambat perkembangan bisnis.
  6. Ungkapkan kebutuhan dan harapan dengan jelas, bahkan bisa juga ditulis secara rinci supaya bisa membangun hubungan yang solid dengan rekan bisnis kamu nantinya.
  7. Selesaikan semua perselisihan dengan segera, karena jika dibiarkan bisa berdampak buruk terhadap bisnis. Kunci agar hubungan kamu dan mitra tetap stabil adalah dengan menyelesaikan masalah tersebut sesegera mungkin. 

Baca juga: Bangun Bisnis yang Sehat, Coba Praktikkan 8 Tips Ini!

Manfaatkan iSeller Agar Operasional Bisnis Lebih Optimal

Apa pun jenis kemitraan yang kamu jalin, pastikan memanfaatkan iSeller agar operasional bisnis yang kamu jalankan dapat dikelola secara optimal. iSeller dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang mampu membantu kamu dan mitra bisnis selaku pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis lebih maju secara mudah.

Ingat selalu, bahwa kunci kesuksesan partnership adalah operasional bisnis yang lancar dari setiap pelaku usaha yang terlibat, sehingga penting untuk terlebih dahulu memastikan kelancaran bisnis yang dijalankan sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan pelaku usaha lainnya yang dapat membuat operasional bisnis bisa lebih kompleks lagi. Oleh karena itu, manfaatkan segera fitur-fitur andalan yang ditawarkan oleh iSeller!

Kalau kamu ingin registrasi sekarang atau COBA GRATIS, silakan langsung klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading