Kuasai 4 Cara Branding Agar Produkmu Dikenal Banyak Orang - iSeller Blog

Kuasai 4 Cara Branding Agar Produkmu Dikenal Banyak Orang

branding adalah

Branding adalah aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah brand, sehingga brand beserta produk-produknya semakin dikenal luas oleh target pasar. Brand adalah nama, desain, simbol, atau karakteristik dari sebuah produk atau layanan jasa yang membedakannya dari yang lain. Itu artinya, proses menentukan misi, visi, serta brand identity juga bisa dikategorikan sebagai aktivitas branding.

Beberapa unsur yang bisa menggambarkan suatu brand, di antaranya adalah misi dan visi, logo, jargon, serta website. Kemudian, branding sendiri terdiri dari lima jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Personal branding: jenis branding ini ditujukan untuk perorangan. 
  • Corporate branding: aspek untuk jenis branding jenis ini berkaitan dengan produk yang ditawarkan, bagaimana cara komunikasi ke pelanggan, hingga kontribusi perusahaan terhadap masyarakat. 
  • Product branding: identitas yang diberikan kepada sebuah produk guna memengaruhi keputusan konsumen untuk membelinya.
  • Cultural branding: pemberian identitas sesuai budaya, kebiasaan suatu bangsa, lokasi, ataupun orang-orang asalnya. 
  • Destination branding: menggambarkan identitas, negara, kota, daerah, serta wilayah tertentu, yang biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan promosi pariwisata. 

Apa Manfaat Branding untuk Bisnis?

branding adalah
Sumber: Freepik

Branding adalah salah satu cara untuk memulai bisnis dari nol yang harus diterapkan di industri mana pun. Berikut ini adalah beberapa manfaat branding yang perlu kamu ketahui:

  • Branding yang tepat akan membuat merek kamu lebih mudah dikenal oleh banyak orang, karena branding dapat membedakan bisnis kamu dengan kompetitor.
  • Dalam jangka panjang, usaha memperkuat merek juga akan menempatkan bisnis kamu pada posisi yang strategis dalam industrinya.
  • Brand yang dikenal secara positif akan lebih dipercaya dan mudah menarik pelanggan baru. Selain itu, pelanggan lama juga akan tetap betah berbisnis dengan kamu jika kualitas dan citra merek selalu terjaga.
  • Manfaat branding berikutnya adalah dapat mendukung pemasaran merek itu sendiri. Upaya marketing yang kamu lakukan akan lebih mudah jika memiliki merek sudah dipercaya oleh banyak orang. Para pelanggan yang puas dengan produk atau layanan kamu akan cenderung merekomendasikannya ke orang lain.

Baca juga: Ada 9 Manfaat QRIS dalam Transaksi Jual-Beli, Penasaran?

Cara Branding Produk yang Efektif

branding adalah
Sumber: Freepik

Menyusun strategi branding yang efektif sangat penting agar produk kamu bisa dikenal secara luas. Beberapa cara branding di bawah ini bisa kamu praktikkan satu per satu. Yuk, simak!

1. Berikan Kualitas Produk yang Terbaik

Pada umumnya, produk yang dibuat oleh perusahaan ternama akan lebih layak dipilih dibandingkan produk yang dibuat oleh perusahaan kecil. Jadi, penting untuk memastikan kualitas produk yang kamu miliki, minimal sama atau lebih baik dibanding kualitas produk yang dibuat oleh kompetitor.

Kualitas produk terbaik akan menjadi cara branding yang sangat kuat, di mana kualitas produk juga akan menentukan tingkat kepuasan konsumen.

2. Buat Kemasan Produk yang Menarik dan Unik

Selain kualitas produk terbaik, membuat kemasan yang menarik dan unik juga perlu dilakukan untuk mengenalkan produk pada konsumen. Ingat, hal pertama yang selalu menarik minat konsumen adalah desain kemasan yang menarik dan unik. Desain kemasan yang menarik dan mampu melindungi produk dengan baik juga akan meningkatkan minat konsumen.

3. Buat Iklan yang Menarik

Iklan menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk proses branding sehingga produk lebih banyak dikenal dan diminati oleh banyak orang. Bagi perusahaan besar, membuat iklan produk adalah perkara mudah yang tidak menghabiskan banyak biaya. Namun bagaimana dengan perusahaan kecil? Kamu bisa membuat iklan digital dengan memanfaatkan media online, di mana iklan digital ini dibuat dengan biaya yang cukup terjangkau, sehingga beban branding yang harus ditanggung tidak terlalu besar.

Mengingat iklan digital ini dibuat dengan memanfaatkan media online, maka sasaran konsumen juga akan lebih banyak. Hal ini pun akan berdampak pada semakin banyak orang yang mengenal dan berminat pada produk kamu. 

4. Ikut Serta dalam Berbagai Pameran yang Sesuai

Cara lain yang tidak kalah efektif sebagai strategi branding adalah dengan mengikuti berbagai pameran yang sesuai dengan identitas produk kamu. Misalnya produk yang kamu jual adalah makanan, maka kamu bisa mengikuti pameran budaya hingga pameran kuliner nusantara yang memberikan spot khusus untuk stand makanan. Keberadaan stand ini sangat penting untuk memperkenalkan produk kamu selama pameran atau festival. Pastikan stand yang kamu buat menarik, unik, dan mencerminkan produk kamu, ya!

Desain stand hingga cara display produk juga akan membuat banyak pengunjung tertarik dengan produk yang kamu jual, lho. Hal ini akan berdampak pada popularitas, minat, hingga kebutuhan konsumen pada produk yang kamu pasarkan. 

Baca juga: Coba 7 Strategi Penjualan Ini untuk Bisnis Kamu!

Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan sebagai cara branding produk yang efektif, bukan? 

Kalau branding produk sudah mantap, jangan lupakan hal penting lainnya dalam bisnis, termasuk soal transaksi penjualan. Untuk memudahkan kamu mencatat transaksi jualan, yuk manfaatkan layanan terbaik dari Aplikasi Kasir iSeller

Dengan sistem penjualan, produk dan inventori yang tersentralisasi, pengelolaan bisnis akan jadi lebih mudah dan efisien. Pokoknya, semuanya serba bisa dan praktis! Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengembangkan bisnis kamu lebih jauh lagi, dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan iSeller, klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading