Udah di umur segini, harus tetap belajar? Simak pentingnya belajar, yuk! - iSeller Blog

Udah di umur segini, harus tetap belajar? Simak pentingnya belajar, yuk!

Sudah umur segini, masa masih belajar? Banyak orang beranggapan belajar itu hanya untuk anak yang masih sekolah, padahal belajar itu tidak hanya ketika kita sekolah loh.

Belajar sendiri adalah suatu kegiatan dari yang awalnya kita tidak tahu, menjadi tahu. Berdasarkan definisi ini saja, kamu pasti sudah mendapat gambaran tentang belajar yang tidak selalu terpaku pada buku dan tidak membosankan seperti yang kebanyakan orang pikirkan. Yuk, kita bahas bersama tentang pentingnya belajar ini.

Kenapa sih kita harus tetap belajar?

Seperti pisau yang harus terus diasah agar tetap tajam, begitu juga kualitas diri dan otak kita. Kita harus terus belajar untuk bisa meningkatkan kualitas dalam diri kita.  Keuntungan belajar sendiri ada banyak loh, seperti;

Kinerja Otak Meningkat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, otak kita perlu berkembang, caranya dengan belajar. Berdasarkan buku Child Development yang dibuat Santrock, manusia terlahir dengan 100 miliar sel otak, kebayang kan sebanyak apa? Tapi, semua sel otak tersebut akan sia-sia kalau kamu menolak untuk belajar. Tingkatkan kinerja otak kamu dengan belajar tentang hal baru yang bisa menambah wawasan.

Meningkatkan value diri sendiri

Tidak selamanya proses belajar ini selalu betul. Namanya juga belajar, pasti ada salahnya dan semua itu wajar. Kamu pasti akan melewati fase trial and error. Di saat ini lah kekuatan mental kamu juga dilatih untuk bisa bangkit lagi setelah melakukan kesalahan.

Kesalahan bukan berarti gagal, ini artinya kamu ada di dalam proses belajar. Jadi, kalau kamu gagal, jangan langsung menyerah ya! Kamu harus bisa belajar dari kesalahan kamu dan melakukan yang terbaik untuk kedepannya. Dengan belajar dari kesalahan ini, nilai diri kamu juga akan meningkat. 

Menemukan potensi diri

Ketika kamu mempelajari hal baru, kamu bisa saja menemukan potensi diri kamu yang ternyata selama ini kamu tidak ketahui.

Mudah beradaptasi

Dengan belajar, kamu juga membuka wawasan dan memberikan pandangan serta pemikiran yang lebih luas. Memiliki wawasan dan pemikiran yang luas sangat berguna untuk kamu bisa beradaptasi dengan berbagai macam perubahan.

Media Untuk Belajar Selain Buku

Kalau kamu bukan tipe orang yang suka membaca, maka belajar lewat buku akan jadi hal yang sulit untuk kamu. Tapi jangan khawatir, ada beberapa media lain untuk belajar yang bisa kamu manfaatkan selain buku, seperti;

Video Pendek dan Film

Video pendek dan film bisa membantu kamu yang kesulitan untuk membaca buku. Lewat video atau film, kamu juga bisa mendapatkan visualisasi yang jelas tentang hal yang sedang kamu pelajari. Kamu bisa memilih berbagai jenis video dan film yang berkaitan dengan hal yang sedang kamu pelajari. Apalagi di zaman digital seperti ini, kamu bisa langsung buka YouTube untuk mencari tontonan edukasi, salah satunya bisa juga lewat akun YouTube iSeller! Bukan cuma konten edukasi, kamu juga bisa menemukan konten hiburan lewat akun YouTube iSeller loh. Follow sekarang yuk!

Podcast

Alternatif belajar lain yang bisa kamu coba adalah podcast! Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk menonton dan membaca buku, kamu bisa mendengarkan podcast edukasi tentang hal yang kamu suka. Kamu bisa pilih Spotify atau Anchor untuk mulai mendengarkan podcast secara gratis.

Komunitas

Bertemu banyak orang dan saling berdiskusi tentang ide yang kita punya bisa menjadi salah satu cara untuk kamu belajar hal baru juga. Apalagi kalau kamu tipe orang yang suka berbincang dengan orang lain, punya komunitas untuk saling berbagi ide dan berdiskusi pasti asik banget!

Setelah membaca tentang pentingnya belajar dan beragam media yang bisa kamu gunakan, sudah tertarik kah kamu untuk mulai belajar? Kalau iya, blog iSeller menyediakan beragam artikel tentang bisnis, tips, dan lifestyle yang bisa kamu pelajari. Jangan lupa subscribe sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading