Tarik Pelanggan Potensial dengan 5 Tips Riset Pasar Ini! - iSeller Blog

Tarik Pelanggan Potensial dengan 5 Tips Riset Pasar Ini!

riset pasar

Bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah produk atau layanan  bisa diterima oleh konsumen? Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk memahami alasan konsumen membeli produk? Caranya adalah dengan melakukan riset pasar. 

Riset pasar diartikan sebagai suatu proses untuk mengevaluasi kelayakan produk ataupun layanan baru, melalui riset yang dilakukan secara langsung dengan konsumen potensial.

Metode ini memungkinkan bisnis untuk menemukan target pasar, mengumpulkan dan mendokumentasikan opini, hingga membuat keputusan yang tepat. Selain itu, riset pasar juga bisa dilakukan secara langsung oleh bisnis atau perusahaan, atau bisa juga dialihdayakan ke lembaga yang memiliki keahlian dalam proses ini.

Biasanya, proses riset pasar akan dilakukan melalui penyebaran survei, berinteraksi dengan sekelompok orang yang juga dikenal sebagai sampel, melakukan wawancara dan proses serupa lainnya.

Memangnya, apa tujuan dilakukannya riset pasar?

Tujuan utama melakukan riset pasar yaitu untuk memahami ataupun memeriksa pasar yang terkait dengan produk maupun layanan tertentu. Kemudian, memutuskan bagaimana audiens akan bereaksi terhadap suatu produk atau layanan. Nantinya, informasi yang diperoleh dari melakukan riset pasar akan digunakan untuk menyesuaikan aktivitas pemasaran atau periklanan. Selain itu juga digunakan untuk menentukan apa saja prioritas fitur atau persyaratan layanan (jika ada) dari konsumen.

Manfaat Melakukan Riset Pasar

riset pasar
Sumber: Freepik

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukan riset pasar sebelum memulai usaha. Apa sajakah itu?

  • Melakukan riset pasar, artinya kamu akan lebih mudah dalam memahami calon pelanggan dengan lebih baik. Riset pasar yang dilakukan akan menjadi cara yang efektif dalam membangun komunikasi dengan calon pelanggan. Selain itu, kamu pun bisa mengetahui produk seperti apa yang diharapkan oleh target pasar, berapa harga jual yang mampu dikeluarkan, hingga bagaimana cara pembeliannya, dan lain-lain.
  • Riset pasar juga akan membantu kamu dalam mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis. Dan hasil riset pasar yang kamu lakukan juga bisa diimplementasikan dalam menjalankan bisnis.
  • Riset pasar juga bisa membantu kamu dalam mengidentifikasi potensi ancaman dan peluang usaha, lho. Dengan mengidentifikasi potensi ancaman, maka kamu akan lebih bijak dalam membuat keputusan usaha. Selain itu, kamu pun akan termotivasi dalam melakukan perbaikan agar produk atau layanan yang ditawarkan bisa menjadi lebih baik lagi.
  • Manfaat lainnya, kamu bisa meminimalisir risiko bisnis jika melakukan riset pasar. Sebab, riset pasar bisa membantu kamu menciptakan produk atau menghadirkan layanan yang benar-benar dibutuhkan dan diharapkan dari target pasar. Dehingga risiko kerugian pun bisa ditekan menjadi seminimal mungkin.
  • Kamu juga akan lebih mudah dalam melihat tren pasar, dan dari situ kamu bisa menciptakan produk atau menghadirkan layanan jasa yang memang diharapkan oleh sebagian besar pelanggan.

Baca juga: Bingung Cari Modal Usaha? Ini 8 Inspirasinya!

Tips Melakukan Riset Pasar yang Benar

riset pasar
Sumber: Freepik
  1. Sebelum memulai melakukan riset, pikirkan tentang apa yang ingin kamu capai selanjutnya dengan bisnis kamu. Mengetahui apa tujuan kamu melakukan riset akan membantu kamu dalam menyesuaikan sisa penelitian dan materi pemasaran masa depan bisnis. Selain itu, adanya tujuan juga akan menyempurnakan jenis data yang perlu kamu kumpulkan.
  2. Tips selanjutnya adalah pelajari target pelanggan kamu. Ketika kamu meluangkan waktu untuk menentukan target pelanggan, kamu juga dapat menemukan produk dan layanan terbaik untuk dijual kepada mereka.
  3. Sadari bahwa mengetahui siapa yang kamu layani akan membantu kamu dalam menentukan siapa yang tidak kamu layani.
  4. Jangan lupa untuk mengetahui bagaimana berjalannya persaingan di dalam pasar. Dengan begitu, perusahaan kamu bisa menyusun taktik untuk mengimbanginya. Mengetahui tingkat persaingan yang terjadi di pasar akan sangat membantu kamu dalam menyusun strategi agar bisa mengungguli kompetitor.
  5. Nah, sebelum mengeluarkan produk baru kamu harus melakukan uji coba pasar lebih dulu untuk mengetahui minat konsumen. 

Jangan Lupa Analisis Hasil Riset dan Buat Laporan!

Proses analisis data merupakan suatu kegiatan mengolah data yang didapatkan dari pengumpulan data untuk dijadikan informasi yang berguna. Setelah data terkumpul, kamu perlu memahami, mengolah, dan menginterpretasikannya ke dalam kesimpulan yang menjadikan jawaban atas pertanyaan maupun tujuan riset pasar.

Kemudian, kamu juga perlu menyusun laporan hasil riset yang berisikan rangkuman pelaksanaan riset, jabaran metodologi, kesimpulan, dan rekomendasi penelitian lebih lanjut. Biasanya, laporan ini sudah berbentuk informasi matang yang bisa digunakan dalam pengambilan keputusan berkaitan bisnis. 

Baca juga: Jangan di Skip, Ini 4 Manfaat Quality Control di Bisnismu!

Itulah penjelasan terkait apa itu riset pasar hingga bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya supaya bisa berfungsi secara optimal. Pada dasarnya, riset pasar sangat penting dilakukan untuk kebutuhan bisnis kamu. Dengan begitu, perusahaan atau bisnis kamu bisa berumur panjang dan bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat .

Kalau riset pasar sudah berjalan lancar, kamu juga wajib mengoptimalkan proses bisnis yang akan digunakan oleh pelanggan. Penggunaan Aplikasi Kasir iSeller bisa menjadi langkah tepat untuk memberikan pelanggan sebuah pengalaman transaksi yang praktis, cepat, dan efektif.

iSeller siap mendukung apapun jenis bisnis yang kamu punya dengan menyediakan POS System yang solid, efektif, dan terintegrasi. Yuk, segera nikmati kesempatan COBA GRATIS produk iSeller dan maksimalkan berbagai fitur unggulan yang ada di dalamnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading