Ketahui Produk Terlaris Di Marketplace Untuk Inspirasi Bisnis Kamu

produk terlaris di marketplace
produk terlaris di marketplace

Kita tahu bahwa saat ini semakin banyak orang yang mencoba peruntungan mereka dengan membuka usaha secara online. Berjualan secara online saat ini seolah menjadi tren karena mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal yang banyak. Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang mencoba membuka usaha, kamu tentu perlu mengetahui kategori produk-produk terlaris di marketplace. Coba perhatikan beberapa kategori produk di bawah ini supaya kamu dapat mendapatkan inspirasi mengenai produk yang bisa kamu jual. 

Apa Saja Jenis Produk Terlaris Di Marketplace?

Dalam dua tahun terakhir, kondisi ekonomi di Indonesia tidak cukup stabil karena adanya pandemi yang membatasi pekerjaan masyarakat. Namun pembelian masyarakat terhadap produk-produk tertentu tidak berhenti. Hal ini karena barang-barang yang menjadi kebutuhan pokok tetap harus dipenuhi. Meskipun daya beli masyarakat menurun, tetapi aktivitas jual beli di marketplace tetap berjalan. Berikut ini adalah beberapa kategori produk yang paling banyak dibeli oleh masyarakat. 

1. Produk Kesehatan

Kategori produk yang pertama ialah produk kesehatan. Kamu pasti mengetahui mengapa produk kesehatan menjadi kategori produk pertama, bukan? Benar, kehadiran pandemi di seluruh dunia termasuk Indonesia telah membuat masyarakat lebih lagi memperhatikan kesehatan tubuh mereka. 

Produk seperti masker dan vitamin menjadi urutan pertama dalam pembelian masyarakat, untuk mencegah paparan virus Covid-19. Selain itu, produk seperti disinfektan dan hand sanitizer juga menjadi barang penting yang dibeli oleh masyarakat.

2. Produk Kecantikan

Dari data yang telah dikumpulkan di salah satu marketplace, produk kecantikan telah menjadi produk terlaris yang dibeli oleh masyarakat. Dari produk serum, lip cream, lipstick, mascara, toner, face mask, foundation dan lain sebagainya. 

Jika kamu ingin menjual produk kecantikan, kamu harus memastikan bahwa produk kecantikan yang dijual memiliki kualitas yang sudah terjamin dan aman. Selain itu pilih produk kecantikan yang sudah memiliki izin dari BPOM supaya kamu tidak mengalami kerugian di kemudian hari. 

3. Produk Pakaian

Pakaian memang bukan prioritas utama seperti makanan, namun produk pakaian masih tetap menjadi produk penting yang akan dibeli oleh masyarakat. Laporan penjualan pakaian secara online menunjukkan bahwa produk pakaian telah dibeli oleh masyarakat sebanyak 61%. 

Produk pakaian juga memiliki model yang berbeda-beda, tergantung pada musim yang sedang berjalan. Untuk menjual produk pakaian, kamu bisa menentukan model pakaian seperti apa yang ingin kamu jual. Ada baiknya kamu melihat model yang sedang tren di kalangan masyarakat, sehingga produk pakaian kamu laris terjual. 

4. Produk Olahraga

Produk olahraga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk mencegah paparan virus Covid-19, banyak masyarakat yang mulai mencoba melakukan olahraga dari rumah. Akibatnya banyak produk olahraga yang laris dibeli oleh masyarakat. Produk-produk olahraga yang banyak dibeli misalnya matras, barbel dan alat olahraga lainnya. Tidak sedikit juga dari masyarakat yang akhirnya membeli mesin olahraga seperti treadmill dan sepeda olahraga. 

5. Produk Makanan

Produk makanan tentu saja menjadi produk yang dibeli masyarakat. Makanan adalah produk pokok yang dibutuhkan setiap orang. Untuk saat ini, tren makanan yang sering dibeli adalah makanan penutup atau dessert. Bentuknya yang lucu, unik dan estetik, sering dibeli masyarakat untuk merayakan ulang tahun atau merayakan kelulusan. 

Baca Juga: Tidak Sulit Dilakukan, Ini 8 Cara Foto Produk Makanan yang Estetik

Produk makanan beku, sayur serta buah-buahan segar juga sering dipesan secara online di marketplace. Kemudahan memesan secara online, membuat masyarakat mulai beralih memesan sayur dan buah segar, karena bisa langsung dikirimkan ke rumah. 

6. Produk Kebutuhan Rumah Tangga

Produk-produk kebutuhan rumah tangga juga masuk ke dalam produk terlaris di marketplace. Meskipun bukan barang kebutuhan pokok, tetapi produk-produk kebutuhan rumah tangga tetap diperlukan. Misalnya untuk mengganti peralatan dapur yang sudah mulai rusak. Selain itu teknologi terbaru yang digunakan pada alat rumah tangga juga menjadi sasaran masyarakat. Alat-alat tersebut adalah alat-alat pembersih seperti penyedot debu atau vacuum cleaner. 

7. Produk Elektronik

Produk-produk elektronik tetap memiliki daya tariknya sendiri di mata masyarakat. Namun hal ini dapat kita mengerti, karena seluruh aktivitas yang perlu kita lakukan secara online. Pembelajaran dan pekerjaan yang mulai dilakukan secara daring, membuat kebutuhan akan alat elektronik menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya. Pada salah satu marketplace di tahun 2020 telah mencatat penjualan handphone dan tablet dengan total 91,3 juta. 

8. Produk Perlengkapan Pesta

Produk perlengkapan pesta juga menjadi produk yang banyak dibeli oleh masyarakat. Alasannya masih sama, yakni karena tidak bisa melakukan pesta di luar rumah seperti di restoran dan tempat lainnya. Oleh karena itu, mendekorasi rumah layaknya sedang berpesta menjadi pilihan masyarakat. 

Produk perlengkapan pesta banyak dibeli oleh masyarakat, khususnya anak-anak muda yang ingin merayakan ulang tahun, kelulusan dan acara penting lainnya. Banyak juga jasa-jasa event organizer yang masih membuka bisnisnya dengan melakukan dekorasi di rumah-rumah. Oleh karena itu produk perlengkapan pesta tetap menjadi produk yang laris terjual di marketplace

Baca Juga: 6 Cara Agar Marketplace Dilihat Banyak Orang

Data produk terlaris di marketplace ini penting diketahui bagi kamu yang berencana akan membuka bisnis. Berjualan di marketplace memang menjadi langkah awal yang baik untuk kamu yang baru dalam dunia bisnis. Jangan lupa untuk mengenali cara kerja dari marketplace yang kamu gunakan, agar penjualan kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Semakin banyak marketplace yang kamu gunakan, akan semakin baik penjualan yang bisa kamu dapatkan. 

Namun jangan sampai bisnis kamu jadi berantakan akibat banyak platform yang kamu gunakan. Tahukah kamu bahwa saat ini ada sistem yang bisa kamu gunakan untuk mengintegrasikan semua platform yang kamu gunakan dalam satu tampilan saja. Sistem tersebut adalah sistem omnichannel yang disediakan oleh iSeller untuk bisa membantu penjualanmu lebih baik lagi, Kamu bisa mencoba menggunakan sistem iSeller secara gratis selama 14 hari lho. Klik di sini untuk melakukan pendaftaran.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: