Point of Sale (POS): 5 Tips Pakai Sistemnya Secara Optimal - iSeller Blog

Point of Sale (POS): 5 Tips Pakai Sistemnya Secara Optimal

point of sale

Selama ini, kamu pasti pernah melihat semacam alat kasir yang digunakan untuk melakukan pemesanan di mana pegawai toko atau kasir akan menginput pesanan, lalu setelah itu mencetak struk untuk menjadi bukti transaksi. Alat itulah yang disebut dengan Point of Sale (POS).

Point of Sale adalah sebuah sistem yang digunakan oleh berbagai macam bisnis, termasuk retail, restoran, dan lainnya untuk menyelesaikan transaksi jual-beli. Sistem POS ini adalah versi modern dari mesin kasir konvensional yang biasanya telah dilengkapi dengan tempat penyimpanan uang. Biasanya sistem POS ini terdiri dari seperangkat mesin kasir, lengkap dengan tempat penyimpanan uang, serta printer untuk mencetak struk.

Kalau saat ini kamu berencana untuk memulai sebuah usaha kuliner atau ritel yang membutuhkan transaksi jual-beli secara rutin, maka penting sekali untuk memahami fungsi dan manfaat dari sistem POS ini. Pasalnya, sistem POS akan sangat membantu operasional harian usaha atau bisnis kamu.

Apa Saja Fungsi Point of Sale?

Fungsi utama dari sistem Point of Sale adalah untuk mempermudah dan mengoptimalkan proses transaksi penjualan di sebuah bisnis. Dengan menggunakan sistem POS ini, maka bisnis akan dengan mudah menerima pembayaran dari pelanggan dengan menggunakan kartu kredit atau debit, serta mencatat setiap transaksi penjualan secara terperinci.

Selain itu, sistem POS juga akan membantu dalam pengelolaan stok barang, karena bisnis dapat dengan mudah melihat jumlah stok barang yang tersedia, serta menambah atau mengurangi stok barang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Lebih dari itu, sistem POS juga memudahkan bisnis dalam mengelola keuangan secara keseluruhan, karena sistem ini dapat menghitung pajak yang harus dibayarkan, serta menghasilkan laporan penjualan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan yang dapat membantu dalam perencanaan bisnis.

Dengan begitu, sistem POS akan membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melakukan transaksi penjualan, dan memudahkan dalam mengelola keuangan serta stok barang.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Point of Sale?

Sebagai gambaran umum, berikut ini adalah cara kerja sistem POS yang perlu diketahui:

  • Tahap pertama, pembeli datang ke kasir.
  • Kemudian kasir akan memasukkan data barang yang dibeli ke input POS.
  • Setelah itu, sistem POS akan menghitung total pembayaran.
  • Kasir akan memberitahu total harga dan menanyakan metode pembayaran.
  • Sementara itu, pembeli akan membayarkan kepada kasir.
  • Kasir akan memvalidasi ke sistem POS hingga struk dicetak.
  • Kemudian, barang dan struk pembelian akan diserahkan kepada pembeli.

Baca juga: 5 Manfaat Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk Bisnis Kamu

Tips Pakai Sistem POS Secara Optimal

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan sistem POS pada usaha atau bisnis kamu, nih! Apa saja? Cermati ulasannya di bawah ini, ya!

  1. Pastikan sistem POS yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. 
  2. Pelajari bagaimana cara menggunakan sistem POS dengan baik. Termasuk memastikan semua staf memahami cara menggunakan sistem POS dengan benar, supaya proses transaksi penjualan dapat berjalan lancar.
  3. Pastikan koneksi internet stabil untuk menjamin kelancaran proses transaksi yang menggunakan sistem POS.
  4. Perbarui software sistem POS secara berkala supaya sistem dapat bekerja dengan optimal dan tidak terjadi masalah.
  5. Gunakan sistem POS yang dilengkapi dengan fitur keamanan yang terbaik untuk melindungi data bisnis dan pelanggan.

Sekarang sudah tahu kan, kalau Point of Sale adalah tempat di mana konsumen atau pelanggan membayarkan produk. Penggunaan sistem POS dapat membantu bisnis kamu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melakukan transaksi penjualan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka kamu bisa mengoptimalkan penggunaan sistem POS pada bisnis, sehingga proses transaksi dapat berjalan dengan lancar dan bisnis kamu dapat berkembang dengan baik.

Baca juga: Metode Pembayaran Pakai Mesin EDC, Efektif?

Berminat untuk Menggunakan Sistem POS?

Penggunaan Point of Sale memungkinkan para pelanggan untuk membayar dengan menggunakan kartu kredit, debit, maupun scan barcode, memudahkan pelacakan penjualan, pembelian, dan keuangan bisnis secara keseluruhan.

Tidak perlu bingung jika saat ini kamu berminat untuk menggunakan sistem POS, karena iSeller punya solusinya!

Efisiensikan pengelolaan bisnis kamu dengan Sistem Kasir iSeller, maka kamu bisa mengelola bisnis offline dan online secara bersamaan langsung dari POS kamu. Dengan sistem penjualan, produk dan inventori yang tersentralisasi, dijamin pengelolaan bisnis akan jadi lebih mudah dan efisien.

Kenapa Harus Memilih Sistem Kasir iSeller?

Sistem Kasir iSeller adalah sistem kasir nomor 1 di Indonesia yang simple, intuitif, dan modern. Di bawah ini adalah sederet keunggulannya yang patut kamu pertimbangkan:

  • Pengalaman pengguna yang terbaik di kelasnya
  • Sistem yang berbasis cloud
  • Bekerja secara offline dengan SmartSync™
  • Dapat menerima pembayaran dengan kartu
  • Integrasi perangkat keras yang komprehensif
  • Dilengkapi dengan lebih dari 300 fitur canggih.

Sistem ini bisa kamu gunakan dengan sangat mudah, dan setiap transaksi akan lebih cepat. Sekarang waktunya! Nikmati sistem kasir digital yang dirancang khusus untuk bisnis kamu. Coba Gratis sekarang juga, klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading