7 Macam Media Pemasaran Online untuk Mempromosikan Bisnis

media pemasaran online

Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis, ada berbagai media pemasaran online yang ternyata dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis secara efektif dan signifikan. Sudahkah kamu menjalankan berbagai strategi pemasaran online saat ini untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki saat ini?

Melalui artikel ini, iSeller akan memberikan informasi penting seputar berbagai macam media yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pemasaran secara online. Dengan informasi ini, kami mengharapkan bahwa setiap pebisnis dapat memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan usahanya dengan menjangkau lebih banyak calon potensi customer di dunia online.

Apa Saja Macam-macam Media Pemasaran Online?

Berikut ini, setidaknya ada 7 media yang sering digunakan dalam pemasaran online, yaitu:

1. Instagram

Media pemasaran online pertama yang dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis adalah Instagram. Apakah kamu sudah memiliki akun Instagram khusus untuk bisnis?

Instagram terus mengembangkan berbagai fitur yang dapat membantu para pebisnis untuk mengembangkan usaha mereka di dunia online, khususnya social media. Berbagai fitur tersebut seperti professional dashboard yang dapat digunakan untuk melihat perkembangan akun Instagram bisnis hingga Instagram Ads.

Selain itu, Instagram juga menyediakan berbagai macam pilihan tipe konten yang dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk membuat konten-konten yang dapat menarik perhatian calon customer. Jadi, untuk memasarkan bisnis melalui Instagram, kamu dapat membuat berbagai macam konten kreatif yang dapat menarik perhatian pengguna Instagram agar mau mengunjungi akun Instagram bisnis tersebut dan melihat jajaran produk yang ditawarkan di sana.

Baca Juga: Ketahui 6 Cara Promosi Makanan di IG

2. TikTok

TikTok menjadi media yang mulai sering digunakan oleh banyak orang untuk melakukan kegiatan pemasaran online. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna TikTok yang terus berkembang sehingga media sosial ini memiliki potensi yang sangat baik bagi para pebisnis untuk memasarkan usaha mereka.

Baca Juga: Macam-Macam Strategi Pemasaran yang Dapat Dilakukan

Selain karena jumlah penggunanya yang banyak, jenis-jenis konten di dalam TikTok yang berupa video singkat dalam durasi 15 hingga 30 detik dinilai efektif untuk menarik perhatian audiens. Apabila dibandingkan dengan jenis konten berupa sebuah gambar dan caption, audiens akan lebih tertarik untuk melihat konten promosi yang dikemas dalam bentuk video singkat.

TikTok sendiri juga terus mengembangkan fitur-fitur yang dapat membantu kamu dalam mempromosikan bisnis di platform mereka. Salah satu fitur yang dapat kamu manfaatkan adalah TikTok Ads yang berguna untuk menjangkau lebih banyak orang.

3. Facebook

Hampir mirip dengan Instagram, Facebook juga memiliki berbagai fitur yang dapat menunjang kegiatan promosi bisnis kamu di dunia online. Selain fitur-fiturnya, Facebook juga berfokus pada pengembangan komunitas online sehingga kamu dapat mengembangkan bisnis dengan membuat sebuah komunitas.

Komunitas dapat membantu para pebisnis untuk menjaga hubungan baik dengan customer. Adanya komunikasi aktif yang terlibat di dalam sebuah komunitas dapat memudahkan kamu untuk melakukan kegiatan promosi sekaligus mendapatkan customer loyal.

Baca Juga: Pentingnya Mendapatkan Loyalitas Konsumen bagi Bisnis

Perlu kamu ketahui, dalam menjalankan bisnis, komunikasi dengan customer haruslah dijaga dengan baik. Dengan demikian, customer akan selalu membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan bahkan dalam periode waktu yang lama.

4. Twitter

Pernahkah kamu mendengar kalimat seperti ini: “Twitter, please do your magic”? Kalimat tersebut sering terlontar oleh para pengguna Twitter yang membutuhkan bantuan dari sesama pengguna Twitter lainnya.

Bantuan yang dimaksud di sini sangatlah beragam mulai dari bantuan untuk mencari orang atau barang yang hilang, hingga promosi bisnis. Banyak para pebisnis yang menyatakan bahwa kegiatan promosi bisnis di Twitter sangatlah efektif dan hasilnya pun terlihat signifikan.

5. LinkedIn

Biasanya, media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter digunakan untuk mempromosikan bisnis kepada end user atau B2C (Business-to-Consumer). Namun di LinkedIn, kamu dapat memasarkan bisnis secara profesional atau yang ditujukan untuk B2B (Business-to-Business).

LinkedIn merupakan platform media sosial yang didesain khusus untuk kegiatan bisnis dan profesional. Melalui platform ini, kamu dapat menyusun strategi pemasaran online yang ditujukan untuk mencari investor, partner, client, dan lainnya.

6. Email

Email merupakan media yang paling mudah untuk digunakan dalam melakukan pemasaran online. Hampir sebagian besar kegiatan sehari-hari maupun bisnis memanfaatkan email dan hal ini dapat dimanfaatkan oleh kamu untuk melakukan kegiatan pemasaran online dengan menggunakan email marketing.

Email marketing dapat membantu para pebisnis untuk menjaga komunikasi dengan customer. Kamu dapat mengirimkan berbagai informasi terbaru seputar kegiatan promosi, peluncuran produk terbaru, hingga newsletter kepada customer.

7. Google

Media terakhir yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran online adalah Google. Kamu dapat memanfaatkan fitur-fitur Google untuk memasarkan bisnis secara online.

Dalam memasarkan bisnis secara online melalui Google, pertama-tama kamu membutuhkan website. Hadirnya website bisnis dapat membantu para pengguna internet dan customer dalam mencari informasi seputar bisnis yang kamu jalankan.

Setelah memiliki website, kamu dapat mengandalkan fitur-fitur lainnya dari Google seperti Google My Business, Google Snippet, Google Image/Video, dan masih banyak lagi. Google telah menyiapkan seluruh fitur-fitur tersebut bagi setiap orang yang ingin mempromosikan kegiatan bisnis mereka di dunia online, termasuk kamu.

Baca Juga: Konsep Digital Marketing yang Harus Dikuasai Agar Tetap Kompetitif

Jadi, itulah berbagai macam media pemasaran online yang dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan kegiatan bisnis yang dijalankan saat ini. Selain promosi di berbagai media, kamu juga perlu mempertimbangkan sistem bisnis yang mampu membantu bisnismu untuk jadi lebih efisien, seperti sistem omnichannel iSeller.

Silakan hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan sistem yang lebih efisien untuk bisnis kamu.

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: