Apa Saja Manfaat Bisnis Online di Era Digital Saat Ini?

manfaat bisnis online
manfaat bisnis online

Era digital seperti saat ini membuat banyak sekali penjual yang merasakan manfaat bisnis online. Benar sekali, kamu sebagai pihak penjual bisa lebih mudah menjual barang ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan ke luar negeri dengan bisnis online.

Segala sesuatu menjadi lebih praktis ketika teknologi digital sudah masuk ke dalam kehidupan masyarakat luas, termasuk transaksi jual beli. Pada masanya, transaksi harus dilakukan dengan tatap muka. Namun sekarang sudah bisa dilakukan secara online, di dalam website, marketplace, e-commerce, hingga media sosial sekalipun.

Kemudahan dalam transaksi jual beli online juga terasa dari sisi masyarakat. Mereka tidak perlu bingung lagi dalam membeli barang secara online. Melihat antusiasme masyarakat, sudah pasti kamu sebagai penjual harus memanfaatkannya dalam memenuhi kebutuhan dan sebagai kegiatan ekonomi sendiri.

Lantas, apa saja manfaat bisnis online di era digital seperti sekarang ini, khususnya bagi penjual atau pemilik usaha? Yuk, cek informasi selengkapnya bersama iSeller di bawah ini.

Manfaat Bisnis Online bagi Pemilik Usaha

Bisnis online bukan lagi menjadi satu hal yang sulit untuk dilakukan. Orang awam sekalipun bisa membuka bisnis online untuk merasakan berbagai manfaat di dalamnya. Manfaat-manfaat dari bisnis online yang berikut ini dapat kamu rasakan secara keseluruhan. 

1. Modal yang Relatif Rendah

Banyak orang yang tidak yakin untuk membangun bisnis sendiri karena memerlukan modal besar. Namun berbanding terbalik dengan bisnis online, modalnya relatih lebih rendah. Saat ini kamu tidak perlu membuka toko fisik, menyiapkan dana untuk promosi, hingga berbagai hal lainnya. Semuanya bisa kamu lakukan secara online.

Sekarang, modal yang harus kamu keluarkan untuk memulai bisnis online hanya komputer atau laptop, koneksi internet, dan beberapa perangkat lunak sebagai pendukung transaksi saja. Cukup buka toko online dan gunakan social media sebagai tempat promosi, kamu sudah bisa mulai berbisnis online.

Sudah pasti biayanya jauh lebih rendah dan lebih mudah untuk didapatkan dibandingkan berbisnis offline. Prosesnya pun lebih cepat juga untuk membuka bisnis online ini.

2. Informasi Lebih Cepat Diterima Konsumen

Ketika ada produk baru atau promosi harga diskon, pemilik usaha membutuhkan waktu lebih lama untuk dibagikan kepada konsumen. Selain itu biaya pemberian informasi itu juga lebih besar. Namun ketika berbisnis online, semuanya serba cepat. Informasi produk baru dan promosi diskon menjadi lebih cepat diterima konsumen.

Kamu bisa langsung membagikan dan memperbarui informasi itu dalam hitungan menit saja. Semuanya berkat memanfaatkan website, marketplace, e-commerce, dan media sosial. Jangkauan pun menjadi lebih cepat dan luas.

Baca Juga: 6 Teknik Efektif Berjualan di Media Sosial

3. Jangkauan Bisnis Lebih Luas Tanpa Batas

Seperti yang sudah disinggung di atas, informasi yang lebih cepat diterima konsumen membuat jangkauan menjadi lebih cepat. Hal itu benar sekali. Jangkauan bisnis kamu menjadi lebih luas tanpa batas juga. 

Bisnis konvensional memiliki keterbatasan ruang dan waktu. Tidak semua konsumen dari berbagai daerah bisa dengan mudah menuju ke toko fisik kamu secara langsung. Selain itu ada jam buka-tutup toko.

Namun bisnis online membuat transaksi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Transaksi jual beli dapat terus dilakukan asalkan pihak penjual dan pembeli memiliki akses internet. 

Jadi kamu bisa menjual produk ke berbagai daerah yang jauh dari domisili hingga ke luar negeri. Semuanya berkat kemajuan teknologi di era digital ini yang sangat membantu aktivitas bisnis online.

Baca Juga: 4 Tips Membuat Toko Online untuk Pasar Internasional

4. Citra Bisnis Menjadi Lebih Baik

Terdapat bisnis yang sudah nyaman dengan gaya konvensional. Mereka tetap memiliki toko fisik, dan merasa tidak membutuhkan bisnis secara online. Namun, sebenarnya keputusan itu terbukti salah. Banyak konsumen yang merasa bisnis dengan gaya konvensional tidak mampu menjawab kebutuh mereka. Citra bisnis malah menjadi buruk.

Sebaliknya, ketika bisnis kamu sudah merambah dunia online lebih dulu, malah citranya menjadi lebih baik dan naik terus. Bisnis kamu dinilai mampu memenuhi kebutuhan para konsumen. 

Kemudian, transaksi online juga berguna sekali untuk membangun kredibilitas serta profesionalitas bisnis. Ketika semua itu bisa terpenuhi, konsumen semakin percaya terhadap bisnis kamu sehingga mereka menjadi pelanggan. Menarik, bukan?

5. Sistem Pembayaran Lebih Praktis

Sistem pembayaran dalam transaksi jual beli online pasti menjauh jauh lebih praktis. Dari sisi pemilik usaha, kamu tidak perlu lagi menyiapkan meja kasir, nota, dan invoice fisik. Pembukuan manual yang perlu dilakukan setiap transaksi dilakukan juga sama sekali tidak perlu dilakukan.

Sistem pembayaran bisnis online sudah jauh lebih praktis karena semuanya dibantu dengan transfer antar bank. Selain itu jika kamu menggunakan jasa marketplace yang sudah bertebaran pada saat ini, mereka dapat membantu transaksi menjadi lebih mudah karena tersedia berbagai opsi, dari transfer bank hingga e-wallet dengan sistem terintegrasi.

Baca Juga: QRIS: Pembayaran Kekinian untuk New Normal

Jadi itulah manfaat bisnis online yang dapat kamu rasakan sebagai pemilik usaha di era digital saat ini. Apakah kamu mulai tertarik untuk membuka bisnis online sendiri namun bingung caranya? Sekarang kamu sudah tidak perlu kebingungan lagi.

iSeller telah hadir untuk kamu melalui layanan jasa pembuatan website e-commerce dengan harga terjangkau. Majukan bisnis kamu dengan design website yang trendy, keranjang belanja dan pengiriman terintegrasi. Kunjungi iSeller untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan free trial sekarang juga!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: