10 Keuntungan Pemasaran Online yang Bisa Didapatkan

keuntungan pemasaran online

Di era yang serba digital seperti sekarang, keuntungan pemasaran online akan semakin dirasakan oleh banyak pelaku bisnis. Tak heran jika semakin banyak pelaku bisnis berlomba-lomba membuat promosi online semenarik mungkin.

Lantas, apa saja keuntungan pemasaran online yang bisa didapatkan? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Keuntungan Pemasaran Online Untuk Bisnis Kamu?

Era digital membawa dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Berbagai kegiatan dapat dengan mudah dilakukan dengan perkembangan teknologi yang ada, kebutuhan apapun dapat dicari secara digital.

Baca Juga: Konsep Digital Marketing yang Harus Dikuasai Agar Tetap Kompetitif

Perkembangan teknologi ini juga memberikan banyak kemudahan bagi para pelaku bisnis online untuk memasarkan produknya. Walau tidak begitu disadari, ada banyak sekali keuntungan dari pemasaran online yang bisa didapatkan setiap harinya.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan pemasaran secara online:

1. Tidak Ada Batas Waktu

Dengan melakukan pemasaran secara online, produk yang kamu pasarkan tersebut dapat muncul di hadapan orang-orang kapan pun selama orang tersebut terakses dengan internet. Selama iklan produk yang kamu buat dimuat di platform yang tepat, iklan tersebut dapat selalu muncul kapan pun.

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Iklan Elektronik untuk Promosi Usaha

2. Tidak Ada Batas Tempat

Anda bisa menjalankan pemasaran online di mana saja, yang terpenting ada koneksi internet dan perangkat elektronik seperti komputer atau smartphone. Kamu tidak perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, cukup melalui platform yang tersedia di internet saja. Kamu dapat melakukan segala aktivitas pemasaran dan transaksi penjualan dengan mudah.

Baca Juga: 7 Manfaat Pemasaran Online yang Wajib kamu Ketahui

3. Biaya Operasional Lebih Murah

Bayangkan jika kamu ingin melakukan pemasaran dan memiliki target pasar yang sangat luas. Untuk menjangkau seluruh target pasar tersebut tentunya membutuhkan biaya yang jauh lebih besar.

Biaya memasang iklan di berbagai platform yang tersedia di internet (seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Google, Ads, dan lain sebagainya) jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pemasangan iklan konvensional di platform offline (seperti iklan di TV, iklan di koran, dan lain sebagainya).

Baca Juga: Cara Membuat Iklan yang Menarik untuk Promosi Bisnis Kamu

4. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Dengan adanya internet dan teknologi yang canggih seperti sekarang ini, tidak sulit untuk menghubungkan satu orang dengan orang lainnya. Jarak yang jauh pun bukan masalah besar.

Internet dapat diakses kapan saja, pengunjung dapat mengunjungi situs yang kamu gunakan untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan kapan saja dan di mana saja selama konsumen memiliki akses internet. Bahkan bagi mereka yang tinggal di luar negeri sekalipun.

5. Jangkauan Iklan Lebih Luas

Ruang iklan di media online dapat cenderung lebih efektif jika dibandingkan dengan ruang iklan di media konvensional seperti koran, majalah, dan televisi. Sebab, iklan di media konvensional selalu dibatasi oleh slot atau durasi yang terbatas.

Sedangkan untuk iklan digital, kamu dapat menjangkau pelanggan dan calon pelanggan dengan lebih mudah karena adanya akses internet. Dengan platform yang tepat, jangkauan dari iklan kamu akan jauh lebih luas dari media konvensional.

Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

6. Kemudahan Memilih Target Pasar

Para pelaku bisnis dapat menawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum dan media sosial. Kamu bahkan dapat menempatkan iklan baik yang gratis maupun yang berbayar dengan kata kunci tertentu. Hal ini akan membantu kamu dalam menentukan target pasar yang potensial dan tepat sasaran.

7. Mudah Dipantau

Karena pemasaran dilakukan dengan menggunakan metode online, perkembangan bisnis dapat dipantau kapan saja dan di mana saja. Prosesnya juga tidak sulit karena akan ada sebuah alat yang dapat membantu memberikan statistik dari iklan yang dimuat. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana iklan yang kamu pasang berjalan dan mengeceknya secara terusmenerus.

8. Bisnis Menjadi Lebih Mudah dan Sederhana

Anda tidak perlu lagi menampilkan produk atau barang yang dijual secara fisik atau offline, kamu hanya perlu menyediakan katalog atau daftar barang dengan deskripsi singkat dari setiap barangnya secara online.

Para pebisnis juga tidak membutuhkan banyak karyawan untuk menjual produk atau jasa secara online, kamu hanya membutuhkan karyawan yang bertugas menangani pesanan online dan karyawan yang bertugas untuk mengantarkan produk atau jasa yang dipesan.

9. Kemudahan Manajemen dan Organisasi

Menjalankan suatu bisnis berarti juga menjalankan sebuah organisasi. Dengan manajemen dan organisasi yang baik, tingkat efisiensi dan produktivitas sebuah perusahaan akan berada di nilai yang tinggi.

Dengan melakukan bisnis secara online, manajemen dan organisasi yang dibutuhkan sebuah perusahaan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Misalnya, kamu hanya perlu membuat katalog produk untuk menawarkan barang kepada pelanggan secara online. Selain itu, komunikasi untuk melakukan pemasaran yang efektif juga dapat dilakukan lebih mudah dengan adanya internet.

10. Meningkatkan Produktivitas

Internet tidak mengenal waktu dan tempat, kamu bisa berjualan kapan saja dan di mana saja melalui internet. Maka dari itu, jika kamu dapat memanfaatkan kelebihan dari internet yang satu ini dengan baik, tingkat produktivitas pun akan meningkat secara drastis.

Demikian keuntungan pemasaran online yang bisa kamu dapatkan sebagai pelaku bisnis. Jika kamu berminat untuk merambah channel online, kamu bisa mencoba website toko online gratis dari iSeller. Selain gratis, kamu juga bisa mendapatkan laporan penjualan dengan mudah dan lengkap di iSeller, lho! Jika kedepannya kamu ingin memiliki bisnis offline, kamu juga bisa mengelola bisnis online dan offline-mu secara terintegrasi di satu platform iSeller saja. Semoga artikel tentang keuntungan pemasaran online ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk kamu secara online!

multi-channel

Diterbitkan oleh iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: